Pengaruh Kemampuan Numerik dan Algoritma terhadap Kemampuan Pemrograman dalam Pilihan Tema Skripsi

Muhammad Haviz Irfani

Abstract


Abstrak

Keberhasilan mahasiswa dalam lingkungan program studi Sistem Informasi UIN Raden Fatah Palembang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi sangat ditentukan oleh tema skripsi yang dipilih. Mahasiswa cenderung untuk menghindari penelitian dalam konteks  pengembangan sistem (membuat aplikasi/ coding) sehingga mempengaruhi mahasiswa lainnya untuk melakukan hal yang sama setiap semesternya. Kenyataannya kemampuan membuat kode bahasa pemrograman atau melakukan penelitian analisis (tidak membuat aplikasi) keduanya berkontribusi dalam membuat keputusan menentukan tema skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan numerik dan logika, dan algoritma terhadap kemampuan membuat kode bahasa pemrograman untuk hasil pilihan tema skripsi mahasiswa program studi Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Penting diteliti faktor kemampuan numerik dan logika, kemampuan analisis data, kemampuan algoritma dan pemrograman mempengaruhi kemampuan mahasiswa membuat kode bahasa pemrograman, serta secara simultan pengaruhnya terhadap hasil pilihan tema skripsi. Data hasil studi mahasiswa diolah menggunakan Lisrel 8.80, selain itu uji prasyarat analisis SEM yang digunakan dalam penelitian (berupa uji asumsi kecukupan sampel, uji klasik, dan evaluasi outlier, dan Uji fit model. Mahasiswa Sistem Informasi dalam memilih tema skripsi (membuat kode program) tidak terlalu besar dipengaruhi secara bersama-sama oleh kemampuan numerik dan logika, kemampuan analisis data, kemampuan algoritma dan pemrograman, dan juga kemampuan membuat program.

Kata Kunci: algoritma, logika, numerik, statistik, structural equation modeling

 

Abstract

The successful of students in the Information System study program of Islamic State University of Raden Fatah Palembang in completing their final project or thesis is largely determined by their thesis theme. Students tend to avoid research in the context of system development (making applications / coding) so as to influence other students to do the same thing every semester. In fact, the ability to code a programming language or conduct analytical research (not to create applications) both contributes to the decision to determine the thesis theme. This study aims to determine how is the influence numerical and logical, data analysis, programming and algorithmic abilities on the ability to code programming languages for the thesis theme choices of students of the Information Systems study program of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. It is important to examine the factors of numerical ability, data analysis skills, logical and algorithmic abilities affecting students' ability to code programming languages, and simultaneously these effects on the results of the thesis theme choice. Students final results were processed using Lisrel 8.80, besides the prerequisite tests for SEM (Structural Equation Model) analysis used in this study was in the form of assumptions on sample adequacy test, classic test, and evaluation of outliers, and model fit test. Information Systems students in choosing a thesis theme (making program code) were not highly influenced by numerical and logical abilities, data analysis skills, algorithmic and programming abilities , and also the ability to create programs.

Keywords: algorithm, logic, numeric, statistics, structural equation modeling

Full Text:

PDF

References


V. Panggayuh, “Pengaruh Kemampuan Metakognitif Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar,” Jipi, Vol. 02, Hal. 20–25, 2017.

B. H. A. Pratama and B. Sujatmiko, “Analisis Pengaruh Nilai Tes Potensi Akademik Pada Evaluasi Pemrograman Dasar Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemrograman,” It-Edu, Vol. 03 No 01, pp.218–226, 2018, [Daring]. Tersedia pada:

https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/It-Edu/Article/View/26431/24205.

R. F. Suwarman, “Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer,” Prisma, Vol. 7, No. 2, Hal. 227, 2018, Doi: 10.35194/Jp.V7i2.529.

F. N. Hasanah dan R. S. Untari, “Analisis Kemampuan Mendeteksi Eror Kode Program Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek Pada Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,” J. Teknol. Dan Kejuru., Vol. 41, No. 2, Hal. 139–146, 2018, Doi: 10.17977/Um031v41i22018p139.

I. Mardiyati, “Tingkat Kemampuan Analisa Dan Sintesa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Ftik Iain Pontianak Ta. 2016/2017,” Khatulistiwa, Vol. 07 No. 2, 2017, Doi: 10.24260/Khatulistiwa.V7i2.952.

Bidang KKNI, “Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Rumpun Ilmu Informatika dan Komputer,” In Naskah, T. B. KKNI, Ed. Aptikom, 2015, Hal. 1–186.

F. Indrawati, “Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, Vol. 3, No. 3, Hal. 215–223, 2015, Doi: 10.30998/Formatif.V3i3.126.

Pressman, R.S., “Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I,” In 1, Yogyakarta: Andi, 2015.

A. Syamsudin, “Analisis Kesalahan Coding Pemrograman Java Pada Matakuliah Algoritma Pemrograman Mahasiswa Tadris Matematika Iain Kediri,” Focus Action Res. Math., Vol. 2, Number, Hal. 102–114, Doi: 10.30762/F.

N. Pohan, Pelaksanaan Proses Belajar Melalui Bimbingan Aspek Afektif, Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. 2017.

P. Ghozali Imam, Structural Equation Modeling Teori, Konsep, Dan Aplikasi Dengan Program Lisrel 9.10. Semarang : Undip, 2014.

P. Haryono, S., Metode Sem Untuk Penelitian Manajemen Amos, Lisrel, Pls. Luxima Metro Media, 2017.

Akmam dan H. Amir, “Pengaruh Pembelajaran Generatif Berbasis Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Algoritma dan Pemograman Komputer,” In Semirata, Vol. Buku 2, Jambi: Wilayah Barat, 2017, Hal. 1285–1294.

Singgih Santoso, Menguasai SPSS Versi 25. Elex Media Komputindo, 2019.

R. F. Suwarman Et Al., “Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep,” vol. VII, no. 2, hal. 227–237, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.1088

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.