Penerapan Algoritma C4.5 pada Pengaruh Iklan Tanpa Label Harga di Instagram

Ratnawati Ratnawati, Fransisca Natalia

Abstract


Abstrak

Saat ini banyak strategi promosi yang beralih ke media online, salah satunya instagram. Hal ini dimanfaatkan oleh para perodusen untuk menjadikan instagram sebagai media promosi yang potensial. Ada satu jenis iklan yang menarik di instagram, yakni jenis iklan yang menampilkan keunggulan produknya namun tidak menampilkan label harga. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti apakah jenis iklan ini dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk yang diiklankan. Metode yang peneliti gunakan adalah data mining dengan algoritma C4.5 dimana data yang diperoleh adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden pengguna instagram aktif berdasarkan jenis kelamin. Kuesioner dirancang berdasarkan terori AISAS yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas iklan di media online dengan atribut penelitian yaitu jenis kelamin, Attention, Interest, Search dan Action. Hasil penelitian dengan algoritma C4.5 ini diketahui bahwa tingkat akurasi dari model yang dibentuk mencapai 88.5% dan nilai AUC sebesar 0.82 dimana nilai ini termasuk kedalam rentang Good Classification. Sedangkan atribut yang paling mempengaruhi adalah atribut Search yang memiliki nilai gain tertinggi diantara atribut lainnya.

Kata Kunci: Teori AISAS, pengaruh iklan, data mining, algoritma c4.5, iklan instagram

Abstract

Currently, many promotional strategies are turning to online media, one of them is Instagram. This is used by producers to make Instagram a potential promotional media. There is one type of ad that is interesting on Instagram, which is a type of ad that displays the advantages of its product but does not display a price tag. Therefore, researchers are interested in examining whether this type of advertisement can influence consumers in purchasing the advertised product. The method that researchers use is data mining with the C4.5 algorithm where the data obtained is by distributing questionnaires to 200 respondents who are active Instagram users based on gender. The questionnaire was designed based on the AISAS theory which is commonly used to measure the level of effectiveness of advertisements in online media with research attributes, namely gender, attention, interest, search and action. The results of the research with the C4.5 algorithm show that the accuracy rate of the model formed reaches 88.5% and the AUC value is 0.82 where this value is included in the Good Classification range. While the most influencing attribute is the Search attribute which has the highest gain value among other attributes.

Keywords: AISAS theory, effect of advertising, data mining, c4.5 algorithm, instagram ads

Full Text:

PDF

References


Napoleoncat.com, “Instagram users in Indonesia,” napoleoncat.com, 2020. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/05 (accessed Nov. 16, 2020).

A. M. Dewi, “Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal,” Ekonika J. Ekon. Univ. kadiri, vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.30737/ekonika.v3i1.78.

N. Amira and I. K. Nurhayati, “Efektivitas Fitur Instagram Sponsored sebagai Media Iklan/Promosi (Studi pada Iklan Tiket.com dengan Metode EPIC Model),” J. Media Commun. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 116–126, 2019.

N. S. Apriliana and E. P. Utomo, “Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri,” J. Komun., vol. 13, no. 2, pp. 179–190, 2019, doi: 10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art5.

Luthfiyatillah, A. N. Millatina, S. H. Mujahidah, and S. Herianingrum, “Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom ( Electronic Word Of Mouth ) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian,” J. Penelit. Ipteks, vol. 5, no. 1, pp. 101–115, 2020.

R. Haryanto and A. Rahmi, “Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Guna Menarik Generasi Milenial untuk Memilih Produk Tabungan pada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan Cabang Paringin,” Inovbiz J. Inov. Bisnis, vol. 7, no. 2, p. 213, 2019, doi: 10.35314/inovbiz.v7i2.1109.

W. Sastika, “Epic Model: Pengukuran Efektivitas Iklan Kuliner Melalui Sosial Media Instagram @Kulinerbandung Sebagai Media Promosi,” JTIM - J. Teknol. Inf. Manaj., vol. 1, no. 01, p. 21, 2018, doi: 10.25124/jtim.v1i01.1531.

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, Data mining: Data mining concepts and techniques, Third. United States of America: Elsevier, 2014.

I. H. Witten, E. Frank, and M. a Hall, Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques. United States of America: Diane Cerra, 2011.

J. Suntoro, Data Mining: Algoritma dan Implementasi Dengan Pemrograman PHP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

M. A. Sobarnas And Iskandar, “Komparasi Akurasi Metode K-Nearest Neighbor Dan C4.5 untuk Customer Relationship Management pada Perusahaan Pembiayaan,” Infotech J. Inform. Teknol., Vol. 1, Pp. 1–14, 2020.

Y. I. Kurniawan, “Perbandingan Algoritma Naive Bayes Dan C.45 Dalam Klasifikasi Data Mining,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 5, No. 4, Pp. 455–464, 2018, Doi: 10.25126/Jtiik.

Y. Mardi, “Data Mining: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,” J. Edik Inform., Vol. 2, No. 2, Pp. 213–219, 2017.

Y. Suhanda, I. Kurniati, and S. Norma, “Penerapan Metode Crisp-DM dengan Algoritma K-Means Clustering Untuk Segmentasi Mahasiswa Berdasarkan Kualitas Akademik,” J. Teknol. Inform. dan Komput. MH Thamrin, vol. 6, no. 2, pp. 12–20, 2020.

E. Fitriani, “Perbandingan Algoritma C4.5 dan Naive Bayes Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan,” SISTEMASi, vol. 9, no. 1, pp. 103–115, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.1131

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.