Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile

Inggrit Larasati, Azizah Nurfauziah Yusril, Pajri Al Zukri

Abstract


 

ABSTRAK

Aplikasi secara umum dibagi menjadi 3 platform yaitu desktop, web, dan mobile. Aplikasi mobile adalah teknologi yang paling banyak digunakan, hal ini didukung dengan perkembangan smartphone yang semakin canggih. Pengembangan aplikasi berbasis mobile memiliki banyak metode yang bisa digunakan, salah satunya adalah metode agile. Metode ini merupakan salah satu metode yang terkenal karena dianggap aktual dan mudah digunakan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review yang menampilkan analisis metode agile dalam pengembangan aplikasi berbasis mobile yang mencakup total X makalah yang diterbitkan dari tahun 2015 hingga 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian yaitu: 1) Mengetahui tren model apa saja yang digunakan dalam metode agile, 2) Mengetahui bidang apa saja yang mengimplementasikan metode agile dalam pengembangan aplikasi berbasis mobile. Berdasarkan hasil review dari 44 literatur, dengan manjawab research question yang ada, model metode agile yang paling sering digunakan dengan presentase 41% adalah XP (Extreme Programming), selanjutnya fokus bidang yang paling banyak dijadikan tema penelitian dengan persentase 23% adalah pada bidang produktivitas.

 

Kata Kunci:  Aplikasi Mobile, Literatur Review, Metode Agile.

 

ABSTRACT

Applications are generally divided into 3 platforms, namely desktop, web and mobile. Mobile applications are the most widely used technology, supported by increasingly sophisticated smartphone developments. Mobile-based application development has many methods that can be used, one of which is the agile method. This method is one of the well-known methods because it is considered up-to-date and easy to use. This study uses a systematic literature review method which displays agile method analysis in mobile-based application development which includes a total of X papers published from 2015 to 2020. This study aims to answer several research questions, namely: 1) Knowing the trends of the models used in the research. agile methods, 2) Knowing what fields implement agile methods in developing mobile-based applications. Based on the results of a review of 44 literatures, by answering existing research questions, the agile method models most often used with a percentage of 41% is XP (Extreme Programming), then the focus of the field that is most used as a research theme with a percentage of 23% is in the field of productivity.

 

Keywords: Mobile Application, Literature Review, Agile Methodology.


Full Text:

PDF

References


Referensi

B. Kitchenham, “Procedures for Performing Systematic Reviews,” P. 33.

W. Ten Ham-Baloyi and P. Jordan, “Systematic Review as A Research Method in Post-Graduate Nursing Education,” Health Sa Gesondheid, Vol. 21, Pp. 120–128, Dec. 2016, Doi: 10.1016/J.Hsag.2015.08.002.

D. A. Puspa Putri, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android,” Technol. J. Ilm., Vol. 10, No. 3, P. 156, Jul. 2019, Doi: 10.31602/Tji.V10i3.2230.

Malik. R. F, Fachrurrozi. M, Prabowo, R. "Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Menggunakan Metode Agile Dengan Konsep Model-View-Controller Data Access Object" P. 65-69.

A. Kaur, “Review On Agile Approach to Mobile Application Development,” Vol. 3, No. 4, P. 4, 2016.

K. W. Tracy, “Mobile Application Development Experiences On Apple’s Ios and Android Os,” Ieee Potentials, Vol. 31, No. 4, Pp. 30–34, Jul. 2012, Doi: 10.1109/Mpot.2011.2182571.

R. Vallon, B. J. Da Silva Estácio, R. Prikladnicki, And T. Grechenig, “Systematic Literature Review On Agile Practices in Global Software Development,” Inf. Softw. Technol., Vol. 96, Pp. 161–180, Apr. 2018, Doi: 10.1016/J.Infsof.2017.12.004.

C. Wu and D. Barnes, “A Literature Review of Decision-Making Models and Approaches for Partner Selection in Agile Supply Chains,” J. Purch. Supply Manag., Vol. 17, No. 4, Pp. 256–274, Dec. 2011, Doi: 10.1016/J.Pursup.2011.09.002.

G. Ramesh and S. R. Devadasan, “Literature Review On the Agile Manufacturing Criteria,” J. Manuf. Technol. Manag., Vol. 18, No. 2, Pp. 182–201, Feb. 2007, Doi: 10.1108/17410380710722890.

A. S. Campanelli And F. S. Parreiras, “Agile Methods Tailoring – A Systematic Literature Review,” J. Syst. Softw., Vol. 110, Pp. 85–100, Dec. 2015, Doi: 10.1016/J.Jss.2015.08.035.

I. Inayat, S. S. Salim, S. Marczak, M. Daneva, And S. Shamshirband, “A Systematic Literature Review On Agile Requirements Engineering Practices and Challenges,” Comput. Hum. Behav., Vol. 51, Pp. 915–929, Oct. 2015, Doi: 10.1016/J.Chb.2014.10.046.

N. Ibrahim, “An Overview of Agile Software Development Methodology and Its Relevance To Software Engineering,” Vol. 2, No. 1, P. 18, 2007.

I. Carolina, A. M. H. Pardede, And A. Supriyatna, “Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen,” Ina-Rxiv, Preprint, Feb. 2019. Doi: 10.31227/Osf.Io/Se6f9.

J. Arka, A. H. Brata, And K. C. Brata, “Pengembangan Aplikasi Mobile Manajemen Keuangan Dengan Metode Scrum (Studi Kasus Mahasiswa Filkom Ub),” P. 9.

Boehm. B.W, "A Spiral Model of Software Development and Enhancement", p.61-72, 1988.

R. Ilyas and Y. H. Chisnanto, “Pengembangan Sistem Informasi Penelitian Lppm Universitas Jenderal Achmad Yani Dengan Agile Sdlc,” P. 6, 2018.

A. Y. Ranius and A. Muzakir, “Implementasi Metode Mobile-D Untuk Pembuatan Ensiklopedia Kebudayaan Kota Palembang Berbasis Android,” P. 12.

Google, “Choose A Category and Tags for Your App or Game,” Apr. 04, 2021. Https://Support.Google.Com/Googleplay/Android-Developer/Answer/9859673?Hl=Id#Zippy=%2capps%2cgames%2caplikasi%2cgame.

K. Ba and S. Charters, “Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews In Software Engineering,” Vol. 2, Jan. 2007.

Simamora. R. T. W. P, Kurniawati. A, Puspitasari. W, "Membangun Mobile Game Sebagai Assistive Technology Untuk Membantu Mengembangkan Social Interaction Skill Pada Penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Menggunakan Metode Agile Development", P. 44-51, 2017.

R. Anjuliani and L. W. Astuti, “Aplikasi Isc (Informatics Student Center) Menggunakan Metode Personal Extreme Programming Berbasis Android,” Vol. 6, P. 6, 2015.

P. Utomo and F. W. Prayitno, “Perancangan Dashboard Sistem Informasi Untuk Agile Manajemen Proyek Dengan Menggunakan Jira – Studi Kasus Di Pt. Flashiz Indonesia,” Vol. 5, No. 2, P. 8.

C. Ammar and H. Suprapto, “Penerapan Algoritma Floyd Warshall Dalam Pencarian Rute Terpendek Dan Tercepat Pada Studi Kasus Di Singapura Hingga Thailand Selatan Berbasis Android,” Vol. 20, No. 2, P. 16, 2015.

F. Adikara, “Pemanfaatan Mac Address Hostspot Dalam Pengembangan Sistem Absensi Gps Dalam Rangka Meningkatkan Keakuratan Posisi Pengguna,” Sisfo, Vol. 05, No. 04, Sep. 2015, Doi: 10.24089/J.Sisfo.2015.09.007.

Ardiansyah, Fendina. G. P. Putri, "Pengembangan Sistem Manajemen Presensi Rapat Berbasis Qr Code Pada Android", p. 51-56.

A. Herdiana, “Pengembangan Game ‘Super Sonic Shoot’ Dengan Pendekatan Game-Scrum,” P. 6.

N. E. Christian, Y. D. Y. Rindengan, And P. D. K. Manembu, “Rancang Bangun Aplikasi Fasilitas Umum Berbasis,” Vol. 8, No. 1, P. 5, 2016.

H. Koyuko, A. A. E. Sinsuw, And X. B. N. Najoan, “Perancangan Aplikasi Monitoring Pemadaman Listrik Berbasis Android Studi Kasus PT. PLN Area Manado,” Vol. 8, No. 1, P. 11.

F. Adikara and Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul, “Pengembangan Fungsi Pengajuan Cuti Karyawan Pada Sistem Absensi Mobile,” Sisfo, Vol. 06, No. 01, Pp. 77–88, Sep. 2016, Doi: 10.24089/J.Sisfo.2016.09.006.

C. R. Pasalli, V. C. Poekoel, And X. Najoan, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anak Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Mobile,” P. 6, 2016.

Sugara. E. P. A, Perdana.A, Subrata. A, "Aplikasi Pembelajaran Sejarah Filsafat Berbasis Android Menggunakan Metode Pengembangan Agile", Seminar Nasional Teknologi Informasi, p. 51-56.

U. Ependi, “Mobile Application Monitoring Pengisian Uang Anjungan Tunai Mandiri Pt Bank Mandiri Cabang Palembang,” J. Edukasi Dan Penelit. Inform. Jepin, Vol. 3, No. 1, P. 33, May 2017, Doi: 10.26418/Jp.V3i1.20115.

Y. B. Wijaya and W. Utomo, “Rancang Bangun Game Edukasi Anak Usia Dini Menggunakan Metode Extreme Programming Berbasis Android,” Vol. 1, P. 11, 2017.

G. Syarifudin and I. D. A. E. Yuliani, “Pemanfaatan Jquery Mobile Untuk Merancang Aplikasi Kinerja Salesman,” Sisfotenika, Vol. 7, No. 1, Jan. 2017, Doi: 10.30700/Jst.V7i1.136.

F. T. S. Butarbutar, T. H. Kusmanto, And A. Irawan, “Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Android Sebagai Media Informasi Akademik Siswa Smk Pkp 2 Jakarta,” No. 3, P. 7, 2017.

Y. I. Chandra, “Perancangan Aplikasi Navigasi Peta Dengan Pengenalan Suara Menggunakan Pendekatan Agile Process Dengan Model Extreme Programming Berbasis Android,” Vol. 1, No. 2, P. 10, 2017.

T. Astuti, G. Kusumastuti, And R. Fitriyanto, “Pemanfaatan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada E-Voting Pemilihan Ketua Osis,” P. 10.

M. T. Pallangan, V. C. Poekoel, And A. Sambul, “Sistem Pakar Diagnosa Autisme Pada Balita Berbasis Android,” J. Tek. Inform., Vol. 10, No. 1, Apr. 2017, Doi: 10.35793/Jti.10.1.2017.15804.

L. G. Lamonge, X. N. B. Najoan, And B. A. Sugiarso, “Rancang Bangun Aplikasi Game Augmented Reality Permainan Tradisional Sulawesi Utara Dodorobe,” Vol. 12, P. 7, 2017.

R. Bahana, R. Kosala, And Y. Heryadi, “Aplikasi Informasi Kesehatan Dan Diagnosa Penyakit Jantung Berbasis Android,” P. 7, 2018.

B. A. Nugroho and F. S. Efendi, “Pengembangan Aplikasi Android Berbasis Teknologi Cloud Computing Dan Qr Code Untuk Pendataan Bus Dan Penumpang Di Terminal Tipe-A Tamanan Kota Kediri,” P. 10, 2018.

Y. A. Susetyo, P. O. N. Saian, And R. Somya, “Pembangunan Sistem Informasi Zona Potensi Sumber Daya Kelautan Kabupaten Gunungkidul Berbasis Hmvc Menggunakan Google Maps Api Dan Json,” P. 7, 2018.

“Pembangunan Sistem Aplikasi Hanasu: Pembelajaran Bahasa Jepang Android Mobile Memanfaatkan Google Speech Recognition Library,” P. 8.

K. C. Brata and A. H. Brata, “Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 5, No. 3, P. 347, Aug. 2018, Doi: 10.25126/Jtiik.201853798.

A. N. Lomboan, D. J. Mamahit, And Y. D. Y. Rindengan, “Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Rumah Ibadah Di Kotamobagu Berbasis Android,” J. Tek. Inform., Vol. 13, No. 2, Aug. 2018, Doi: 10.35793/Jti.13.2.2018.22552.

C. E. Prastio and N. Ani, “Aplikasi Self Service Menu Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android (Case Study: Warkobar Café Cikarang),” Vol. 11, No. 2, P. 18, 2018.

T. W. Widyaningsih, “Membangun Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Belitung,” P. 12.

J. Sanjaya, E. Renata, V. E. Budiman, F. Anderson, And M. Ayub, “Integrasi Micro-Apps Individual Menjadi One-Stop Services Maranatha Application Suite,” J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., Vol. 5, No. 3, Jan. 2020, Doi: 10.28932/Jutisi.V5i3.1993.

M. A. Pratama, A. P. Kharisma, And A. H. Brata, “Pengembangan Aplikasi Sportyway: Aplikasi Pencari Teman Untuk Berolahraga Bersama Berbasis Lokasi,” P. 7.

Z. Imaduddin, H. Saptono, S. T. Fauziah, H. A. Tawakal, And D. Hamzah, “Aplikasi Monitoring Perkembangan Janin (Antenatal Care) Dengan Metode Scrum Berbasis Perangkat Mobile,” Vol. 5, No. 1, P. 8, 2019.

S. Utomo and K. P. Hilmadewi, “Perancangan Aplikasi Edukasi Resep Masakan Modern Berbasis Android Dengan Metode Extreme Programming,” No. 2, P. 21, 2019.

A. B. Aji, M. Hidayah, And N. Haski, “Rancang Bangun Sistem Integrasi Angkutan Kota (Siangkot) Guna Mendukung Program Jaklingko,” P. 9, 2019.

A. Chusyairi and P. R. N. Saputra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Kesehatan Bayi Dan Balita Berbasis Android,” P. 6, 2019.

R. W. Setiawan, S. A. Wicaksono, And A. D. Herlambang, “Pembangunan Sistem Informasi Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Berbasis Android (Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya),” P. 10.

A. Febriandirza, “Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin,” P. 11, 2020.

M. F. Azima and S. N. Laila, “Rancang Bangun Aplikasi Kamus Bahasa Dan Aksara Lampung Dialek A Dan Dialek O Berbasis Android,” Vol. 14, No. 01, P. 9.

E. Julianto and Y. Harjoseputro, “Revamp Aplikasi Teman Bumil Lebih Interaktif Dengan Pendekatan Agile,” Vol. 4, No. 5, P. 7, 2020.

R. Andri, N. A. O. Saputri, And M. Akbar, “Sistem Notifikasi Tugas Akhir Universitas Bina Darma Berbasis Mobile,” J. Sist. Inf., Vol. 9, No. 1, P. 11, 2020.

W. Bismi and T. Asra, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Mahfudzot Untuk Pondok Pesantren Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming,” P. 7, 2020.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi, And G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (Xp) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” Vol. 5, No. 2, P. 11, 2020.

L. Listiyoko, A. Fahrudin, And A. A. Saputra, “Sistem Pendeteksi Ketinggian Air Menggunakan Internet of Things Berbasis Android Untuk Memberikan Informasi Data Ketinggian Air Melalui Notifikasi Email,” Vol. 15, No. 1, P. 14.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1237

Article Metrics

Abstract view : 371 times
PDF - 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.