Pengembangan Media Interaktif Gerakan Yoga Berbasis Mobile Android Menggunakan Metode User Centered Design

Melinne Maldini Rosady, Banu Santoso

Abstract


Abstrak

Perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia sebagian sudah mengarah ke pola kehidupan modern. Peningkatan ilmu dan teknologi yang sangat berkembang pada masa kini secara tidak langsung cenderung membuat tubuh jadi kurang bergerak (low body movement). Pada zaman milenial ini olahraga sangatlah diperlukan, selain untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, olahraga juga dapat membuat badan menjadi lebih ideal. Kini kian banyak orang yang memperlakukan yoga sebagai kebutuhan utama, bukan semata gaya hidup. Yoga ini diyakini banyak orang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis. Yoga merupakan seni olah tubuh, pernafasan, dan pikiran dalam bentuk gerakan-gerakan yang bersifat flowing, continue dinamis, ataupun gerakan yang ditahan dalam beberapa kali hitungan dan dibantu dengan olah pernafasan dan meditasi ringan. Oleh karena itu dalam penelitian ini diajukan suatu aplikasi membuat Media Interaktif berbasis mobile android gerakan yoga sebagai media pembelajaran tentang Gerakan yoga yang memiliki kemampuan dalam membantu user dan sesuai dengan kebutuhan user. Pada penelitian ini pengalaman pengguna aplikasi gerakan yoga di evaluasi dengan 2 metode yaitu User-Centered Design (UCD) dan System Usability Scale (SUS). Pada pengujian UCD dilakukan saat mulainya perancangan sebuah aplikasi, sedangkan selanjutnya aplikasi di uji kelayakan dengan menggunakan metode SUS. Hasil penelitian pembuatan Media Interaktif Gerakan Yoga berbasis mobile android memperoleh skor kelayakan sebesar 75,3% atau masuk dalam kategori B (Baik).

Kata Kunci: media interaktif, yoga, aplikasi android, user centered design, system usability scale

 

Abstract

Part of the change in the lifestyle of the Indonesian people has led to modern life patterns. Increasing science and technology, which is significantly developed today, indirectly tends to make the body less mobile (low body movement). In this millennial era, exercise is essential. Apart from keeping the body healthy, exercise can also make the body more ideal. Now more and more people treat yoga as a primary need, not just a lifestyle. Many people believe yoga to be beneficial for physical and psychological health. Yoga is the art of exercising the body, breathing, mind in flowing, continuous dynamic movements, or movements held for several counts and assisted by breathing exercises and light meditation. Therefore, in this study, an application is proposed to create interactive media based on mobile android yoga movements as a learning medium about yoga movements that can help users according to user needs. In this study, the user experience of the yoga movement application was evaluated by two methods, namely the User-Centered Design (UCD) and the System Usability Scale (SUS). The UCD test is carried out at the start of designing an application, while then the application is tested for feasibility using the SUS method. The research results on mobile Android-based Yoga Movement Interactive Media obtained a feasibility score of 75.3% or included in category B (Good).

Keywords: interactive media, yoga, android application, user centered design, system usability scale

 


Full Text:

PDF

References


M. Jalaludin, “Perkembangan Teknologi Multimedia,” www.medium.com, 2019. https://medium.com/multimedia-tech/perkembangan-teknologi-multimedia-496fdd7db3b0.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA press, 2015.

dr. A. B. I. Noya, “Yoga untuk Pemula,” www.alodokter.com, 2017. https://www.alodokter.com/tidak-perlu-bertubuh-lentur-untuk-ikut-yoga.

N. Hidayah, M. Zain, A. Jaafar, F. Hanis, and A. Razak, “a User-Centered Design: Methodological Tools To Design and Develop Computer Games for Motor-Impaired Users,” 5th Int. Conf. Comput. Informatics ICOCI 2015, no. 130, pp. 223–228, 2015, [Online]. Available: http://www.uum.edu.my.

S. Wibowo, “PERANCANGAN APLIKASI LATIHAN FITNESS UNTUK PEMULA BERBASIS MULTIMEDIA,” Tek. Inform. Univ. PGRI YOGYAKRTA, no. August, 2016.

I. G. M. D. I Gst Putu Bagus Naramas Wahyu Prayoga, I Ketut Resika Arthana, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Markerless Pengenalan Dan Teknik Dasar Prenatal Yoga,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 3, p. 247, 2017, doi: 10.23887/karmapati.v6i3.12058.

K. Ardiago, M. Yusman, and W. Rumite, “© 2019 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserve Jurnal Komputasi APLIKASI PEMBELAJARAN YOGA HINDU BERBASIS ANDROID Pendahuluan © 2019 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserve Jurnal Komputasi Metodologi Penelitian,” vol. 7, no. 1, pp. 62–69, 2019.

A. P. I Putu Caesar, M. Rusli, and I. K. P. Suniantara, “Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Olahraga Aeromodelling,” Sensitif, pp. 957–963, 2019.

P. A. Nanda, “Simulasi Visualisasi Teknik Gerakan Yoga Dengan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Berbasis Mobile,” vol. 7, no. 2, pp. 207–213, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i2.1944.

H. Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan, no. April. 2017.

S. N. A. S. Juhriyansyah Dalle, Ariffin Abdul Mutalib, Nassiriah Shaari, Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer. PT RajaGrafindo Persada, Depok, 2019.

Supriyanta, Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta:Deepublish, 2015.

V. R. Mendapara, Y. R. Ghodasara, G. S. Poriya, and K. C. Kamani, “User-Centered Design ( UCD ) Approach for Designing of Platform Independent Applications in Smartphone,” Int. J. Adv. Res. Comput. Commun. Eng., vol. 4, no. 12, pp. 268–272, 2015, doi: 10.17148/IJARCCE.2015.41262.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, pp. 26–31, 2018.

B. Pudjoatmodjo and R. Wijaya, “Tes Kegunaan (Usability Testing) Pada Aplikasi Kepegawaian Dengan Menggunakan System Usability Scale,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 37–42, 2016.

“The Google Geocoding API,” Google Developer. https://developers.google.com/maps/docume ntation/geocoding/.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i3.1345

Article Metrics

Abstract view : 673 times
PDF - 434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://journals.zetech.ac.ke/scatter-hitam/https://silasa.sarolangunkab.go.id/swal/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/sthai/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/stoto/https://alwasilahlilhasanah.ac.id/starlight-princess-1000/https://www.remap.ugto.mx/pages/slot-luar-negeri-winrate-tertinggi/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/sgacor/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/images/qrcode/slot-dana/https://siipbang.katingankab.go.id/storage_old/maxwin/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/img/cover/10k/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/app/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/idn/