Pengembangan dan Testing Marker 3D Printed Model pada Augmented Reality Planet Tata Surya

Ika Asti Astuti, Angga Gusti Mahardika

Abstract


Abstrak

Teknologi Augmented Reality memungkinkan digunakan untuk menampilkan bentuk 3D objek serta informasi dari sebuah planet dalam tata surya. Pembelajaran tata surya seringkali menggunakan sebuah alat peraga berupa planet-planet berbentuk bulat yang ditempel pada sebuah tiang. Penggunaan marker 3D printed model dimaksudkan untuk memberikan kesan nyata pada marker seperti yang ada pada alat peraga pembelajaran tata surya. Masalah yang mungkin timbul adalah apakah aplikasi dapat mengenali bentuk planet yang memiliki bentuk dasar yang sama (bulat) dan bagaimana efektifitas pengujian marker 3D printed model ini terhadap jarak dan sudut. Maka dari itu, penelitian ini melakukan eksperimen terhadap planet yang memiliki bentuk dasar sama (bulat) untuk melihat apakah aplikasi Augmented Reality yang dibuat dapat mengenali bentuk planet yang diminta, serta eksperimen marker 3D printed model ini terhadap jarak dan sudut deteksi marker. Berdasarkan perolehan point-point yang didapat dari pengujian menunjukkan bahwa persentase marker yang telah diuji berdasarkan sudut dan jarak mempunyai nilai ke akuratan ≥50%. Dari segi sudut, semua marker memiliki nilai persentase keakuratan sebesar 100% sedangkan dari segi jarak, persentase akurasi yang dimiliki mars dan saturnus sama yaitu 50%, yang terakhir bumi memiliki persentase 75% pada pengujian jarak.

Kata kunci: 3d printed model, augmented reality, eksperimen jarak, eksperimen sudut

 

Abstract

Augmented reality technology can be used to display 3D shapes of objects and information from a planet in the solar system. Learning the solar system usually uses educational props. The use of 3D printed model markers is intended to give a real impression on markers such as those on solar system learning props. The problem that may arise is whether the application can recognize the shape of the planet that has the same basic shape (spherical) and how effective is the testing of the 3D printed marker model on distances and angles. Therefore, this study conducted experiments on planets that have the same basic shape (spherical) to see if the Augmented Reality application made can recognize the shape of the requested planet, as well as experiments with 3D printed marker models on the distance and angle of marker detection. The results of this study prove that the application can recognize several kinds of planets and each marker has a good marker detection at a certain distance and angle.

Keywords: 3d printed model, augmented reality, distance experiment, angle experiment

Full Text:

PDF

References


S. D. Y. Kusuma, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya dengan Menggunakan Marker Based Tracking,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.32493/informatika.v3i1.1428.

H. F. Santi and I. A. Astuti, “Pembuatan Prototype Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 6–10, 2020, doi: 10.24076/joism.2020v1i2.25.

L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.

S. Wardani, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality ( Ar ),” J. Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 104–111, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119.

I. N. Q. Aini, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 178, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1875.

A. Syahrin, M. E. Apriyani, and S. Prasetyaningsih, “Analisis Dan Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Augmented Reality Pembelajaran Buah-Buahan,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 11–17, 2016, doi: 10.34010/komputa.v5i1.2433.

A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” J. Transform., vol. 14, no. 2, p. 86, 2017, doi: 10.26623/transformatika.v14i2.442.

R. A. Setyawan and A. Dzikri, “Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 1, p. 295, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i1.517.

S. Mueller, S. Im, S. Gurevich, A. Teibrich, F. Guimbretière, and P. Baudisch, “WirePrint: Fast 3D Printed Previews,” Proced. UIST 2014, no. Figure 2, pp. 273–280, 2014.

E. Ardhianto, “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender,” Din. Teknol. …, vol. 17, no. 2, pp. 107–117, 2012, [Online]. Available: http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1658.

I. Bagus and M. Mahendra, “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk,” J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2016.

E. George, P. Liacouras, F. J. Rybicki, and D. Mitsouras, “Measuring and establishing the accuracy and reproducibility of 3D printed medical models,” Radiographics, vol. 37, no. 5, pp. 1424–1450, 2017, doi: 10.1148/rg.2017160165.

R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Buana Inform., vol. 6, no. 2, pp. 153–162, 2015, doi: 10.24002/jbi.v6i2.404.

G. I. Saputram, Kadek Surya Adi, Gede Aris Gunadi, “Analisis Pengaruh Jenis Marker Pada Kualitas Augmented Reality Batuan Beku Dengan Metode Marker-Based Tracking,” vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2021.

C. A. Sugianto, “Aplikasi Edukasi Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile,” 2018, doi: 10.31227/osf.io/swun9.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i3.1465

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.