SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MATA KULIAH YANG DIMINATI MAHASISWA (STUDI KASUS: PRODI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU

Loneli Costaner

Abstract


Dunia pendidikan merupakan pendukung dari perkembangan jaman saat ini, dimana dengan adanya lembaga pendidikan, semua bidang dapat dipelajari. Ada dua jenis pendidikan yaitu formal dan non formal, yang antara keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan atau menyampaikan ilmu pengetahuan untuk bekal anak-anak bangsa. Proses pendidikan diperguruan tinggi akan terjadi jika terdapat interaksi dari 2 komponen utamanya yaitu dosen dan mahasiswa. Antara dosen dan mahasiswa akan terjadi korelasi dan kolaborasi dalam mencapai visi dan misi perguruan tinggi tersebut. Dari sekian banyak mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahaan di Prodi Sistem Informasi, pasti memiliki minat belajar yang berbeda terhadap mata kuliahnya, karena setiap dari mata kuliah memiliki kriteria tersendiri dari mata kuliah yang lainnya, dan merupakan salah satu bahan pertimbangan bagi mahasiswa saat akan mengambil mata kuliah yang bersangkutan.. Maka dari itu penulis sangat mengambil perhatian untuk menyelesaikan kasus ini dengan mengimplementasikan sistem pengambilan keputusan dengan metode Analitical Hierarcy Proses (AHP) untuk mengetahui minat matakuliah yang di senangi oleh mahasiswa angkatan 2012. Hal ini dilakukan untuk membantu Prodi Sistem Informasi UNISI dalam mengevaluasi mahasiswa maupun Dosen pengampu.

 

Kata Kunci; Minat, Matakuliah, SPK, AHP, Sistem Informasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v4i3.151

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 22 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.32520/stmsi.v4i3.151.g58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.