APLIKASI E-LIBRARY BERBASIS WEB DENGAN BARCODE PADA POLTEKKES RIAU

Usman Usman

Abstract


Poltekkes Kemenkes Riau Adalah salah satu Perguruan Tinggi Milik Pemerintah dibawah naungan Kementrian Kesehatan, E-Library di Poltekkes Riau memiliki fungsi sebagai Alat Bantu bagi pihak Perpustakaan Poltekkes dalam mendata buku dan transaksi peminjaman buku di dalam perpustakaan,E Libary yang sedang berjalan masih terdapat kekurangan kekurangan seperti mendata buku yang ada, mencari data-data buku, system transaksi peminjaman pengembalian dan laporan data perpustakaan yang belum menggunakan sistem terkomputerisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk Merancang dan membangun Sebuah Aplikasi E Libary berbasis Web pada Poltekkees Riau

Metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi perpustakaan berbasis Web ini adalah metodologi Prototype yang meliputi identifikasi kebutuhan pemakai, pembuatan prototype, pengujian prototype, perbaikan prototype dan pengembangan versi produksi yang diharapkan dapat membantu dalam perancangan sistem ini. Untuk metode desain penelitian dengan menggunakan metode deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa diagram aliran data (Flow Map), diagram konteks, dan Data Flow Diagram (DFD), serta dalam perancangan basis data Entity Relationship Diagram.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa perancangan E Libary berbasis Web pada Poltekkes Riau dapat membantu mahasiswa dalam mengakses informasi mengenai buku-buku yang ada diperpustakaan Poltekkes Riau. ditunjang pula dengan alat bantu mesin Barcode Scanner untuk mempercepat pendataan Buku dan peminjaman serta pengembalian buku. Tahap akhir adalah mengimplementasikan E Libary yang meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data serta antarmuka dari aplikasi.

Kata kunci : E Libary,Perpustakaan,Poltekkes,Barcode.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v3i2.175

Article Metrics

Abstract view : 502 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.