PENGAMANAN PESAN SINGKAT (SMS) MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI

Dwi Yuli Prasetyo

Abstract


Masalah keamanan (security) pada komputer menjadi isu penting pada era teknologi informasi saat ini. Banyak kejahatan cyber yang ditulis dalam media massa (terutama yang ditulis dalam portal berita di internet). Pelaku kejahatan memanfaatkan celah keamanan yang ada untuk dimasuki dan melakukan manipulasi. Oleh karena itu diperlukan pengembangan keamanan sistem informasi yang aman dan handal.

 Salah satu aspek penting dalam keamanan komunikasi transaksi adalah kriptografi (cryptography) yang biasa digunakan untuk menyamarkan isi pesan atau data. ElGamal Kriptografi adalah salah satu dari public key criptosystem yang sangat sering digunakan untuk memberikan privasi terhadap keaslian suatu data digital. Keamanan algoritma ini ditentukan oleh sulitnya menghitung logaritma diskrit. Algoritma pertukaran kunci ElGamal berguna untuk mempertukarkan kunci sesi (kunci rahasia untuk komunikasi dengan kriptografi simetri) antara dua orang atau lebih.

Dalam penelitian ini, akan dibuat program untuk enkripsi dan dekripsi dengan inputan berupa teks yang akan disandikan dengan menggunakan algoritma Kriptografi ElGamal. Hasil dari proses enkripsi adalah ciphertext dan hasil proses dekripsi dari ciphertext ini akan berupa plaintext yang sama dengan teks sebelum dilakukan enkripsi.

 

Kata Kunci : Kriptografi, ElGamal Kriptografi, ElGamal, Privat Key, Public Key.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v3i2.179

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 95 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.32520/stmsi.v3i2.179.g78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.