IKLAN MEDIA PROMOSI UNISI BERBASIS ANIMASI 2 DIMENSI

Dwi Yuli Prasetyo

Abstract


Abstrak.Semakin berkembangnya teknologi informasi sekarang ini sering dikaitkan dengan pentingnya ilmu teknologi didalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya dibidang pendidikan. Pentingnya pendidikan tentu sudah menjadi sesuatu yang harus ditempuh agar terciptanya SDM yang berkualitas dan berilmu pengetahuan. Universitas Islam Indragiri didirikan untuk memberikan kesempatan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan setelah lulus dari sekolah menengah atas. Sekarang tugas dari UNISI adalah mengajak masyarakat untuk bergabung ke-Univeristas ini, berbagai kegiatan dilakukan dimulai dengan pemasangan Pamflet dan Baleho, serta kegiatan PMB serta HUMAS, agar dapat meyakinkan Masyarakat betapa pentingnya pendidikan, serta di-Indragiri Hilir sekarang ada sebuah Universitas yang dapat dijadikan tempat untuk melanjutkan keperguruan tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem multimedia untuk kegiatan promosi. Untuk  mendukung kegiatan tersebut dengan membuat sistem yang baru dengan membuat sebuah iklan promosi berbasis animasi 2 dimensi dengan motion grapich yang dapat membuat masyarakat lebih mengenal UNISI dalam bentuk Audio Visual dan memahami apa saja keunggulan serta kualitas dan kuantitas dari UNISI tersebut.Adapun Methode yang digunakan adalah pembuatan Karakter animasi yangdirancang secara manual dan di-scan untuk dijadikan gambar digital atau disebut 2D hybrid Animation, serta pembuatan motion grapich yang menarik.Sehingga masyarakat dapat mencerna dan memahami Apa saja Fakultas dan Jurusan yang ada di-Unisi serta mengetahui bahwa Universitas ini sudah di-Akui dan Terakreditas, agar tidak adalagi keraguan dan masyarakat dapat kesempatan untuk melanjutkan Pendidikan keperguruan Tinggi.

Kata Kunci:Animasi, Multimedia, dan periklanan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aditiya. (2009). Trik Dahsyat Menjadi Animator. Yogyakarta: Andi.

Dewi. I. (2014). Media Iklan Profil Sma-It Alia Tangerang Berbasis Animasi 3d. Yogyakarta.

Isbat. N. (2012). Perancangan Film Kartun 2D “DICK” dengan Teknik Tradisional Animasi (CEL) dan Animasi Terbatas. Yogyakarta

Kardono. R. (2013) Perancangan Film Kartun “Narkoba, Jangan Dicoba” (Studi: Pewarnaan Dan Pencahayaan).Yogyakarta.

Mufid. A. (2013). Perancangan dan Pembuatan Video Klip Lagu Berjudul “ Merapi” dengan Teknik Stop Motion. Yogyakarta.

Saputro. F. (2012). Perancangan Karakter Dan Animasi Bertarung Pada Film Animasi 3d "Khamp". Yogyakarta.

Setiawan. I. (2012). Pembuatan Iklan 3D “DAGADU” sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. Yogyakarta.

Prawiardi. S. (2010)Pembuatan Film Animasi 2d ”Bill N Bull The Monster Kid’s” Dengan Teknik Pewarnaan Menggunakan Adobe Photoshop Cs3 Dan Adobe Flash Cs3 Professional. Yogyakarta.

Putra. W. (2011). Perancangan Animasi Promosi Iklan SMP Negeri 1 Curup Utara. Yogyakarta.

Purnasiwi R.G. (2013)Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2d “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking . Yogyakarta.

Suyanto. M. (2006). Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Yogyakarta: Andi.

Suyanto. M. (2005). Multimedia Alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing.Yogyakarta: Andi.

Syarifudin. C. (2013). Pembuatan Film Animasi Pendek “ Dahsyatnya sedekah” Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik 2D Hybrid Animation dengan Pemanfaatan Grapihc. Yogyakarta.

Toil. M. (2015). Pembuatan Iklan Animasi 2d Produk Gula Semut Untuk Koperasi Serba Usaha Jatirogo, Kulon Progo. Yogyakarta.

Wahana. K. (2007). Desain Kartun dan Karikatur dengan Adobe Illustrator CS3.Jakarta.

Zufri. S. F. (2010). Perancangan Film Animasi “ Keluhan Ku “ Menggunakan Macromedia Flash. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v6i3.189

Article Metrics

Abstract view : 724 times
PDF - 170 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.32520/stmsi.v6i3.189.g66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.