PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN TAMAN DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR BERBASIS WEB

Hamdi Hamdi, Usman Usman, Samsudin Samsudin

Abstract


Pada era perkembangan teknologi informasi seperti saat ini, masyarakat diberi kemudahan dalam mencari lokasi atau tempat-tempat yang ingin di kunjungi menggunakan sistem informasi geografis. Saat ini belum ada sistem informasi geografis yang memuat letak tempat dimana saja titik akurat taman rekreasi yang ada di Indragiri Hilir, sehingga  perancangan sistem informasi geografis pemetaan taman di kabupaten Indragiri Hilir Berbasis Web ini bertujuan untuk menjadi media promosi tempat rekreasi yang telah di rancang dan dibangun oleh pemerintah serta dapat mempermudah masyarakat dalam mencari taman dan ruang terbuka hijau dengan pencarian letak koordinat yang tepat dan akurat serta informasi yang lengkap. Pada perancangan GIS pemetaan taman ini, SDLC (System Development Life Cycle) menjadi metode pengembangan sistem yang berfungsi sebagai sebuah mekanisme untuk mengidentifikasikan perangkat lunak, serta UML (Unified Modeling Language) sebagai permodelan yang menggunakan konsep Object Oriented Programming (OOP) untuk memudahkan peneliti dalam membangun sistem. Dengan terimplementasinya sistem informasi geografis pemetaan taman ini, memberikan wadah kepada pemerintah untuk mempromosikan tempat rekreasi dan wisata, serta mempermudah masyarakat dalam mencari letak akurat serta informasi penunjang mengenai taman yang ada dan yang akan dibangun oleh pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, R., Khairil, & Kanedi, I. (2015). Pemanfaatan Google Maps API pada Sistem Informasi Geografis Direktori Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu. Jurnal Media Informatika, Volume 11, Nomor 2, September 2015 ISSN: 2858-2680, 121.

Dwinata, R. A., Efendi, R., & Yudha, S. P. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Tabel Periodik Unsur dan Perumusan Senyawa Kimia Dari Unsur Kimia Dasar Berbasis Andorid. Jurnal Rekursif, Volume 4, Nomor 2, ISSN: 2303-0755.

Hermawan, R., Hidayat, A., & Utomo, V. G. (2016). Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang). Indonesian Journal on Software Engineering, Volume 2, Nomor 1, 2016, ISSN: 2461-0690, 33.

Ilmiajayanti, F., & Dewi, D. I. (2015). Persepsi Pengguna Taman Tematik Kota Bandung Terhadap Aksesibilitas Dan Pemanfaatannya. RUANG, Volume 1, Nomor 1, 2015 ISSN: 2356-0088, 23.

Kusrini, & Kristanto, A. (2009). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kadir, A. (2013). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tohari, H. (2014). Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Oktarian, S., & Usman, U. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN FASILITAS KOTA TEMBILAHAN. SISTEMASI, 5(1), 1–9. Retrieved from http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id/index.php/stmsi/article/view/207/pdf

Usman, U., & Masdi, M. (2018). APLIKASI PENCARIAN LOKASI KOS DI KOTA TEMBILAHAN BERBASIS WEB MOBILE Usman. SISTEMASI, 7(1), 38–47. Retrieved from http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id/index.php/stmsi/article/view/249


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.