PENGEMBANGAN BRAND SEGA NYANGKU MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX

Achmad Zaki Yamani

Abstract


Perkembangan dunia kuliner memang semakin menarik. Selaras dengan semakin cepatnya globalisasi informasi. Sega Nyangku salah satu dari sekian banyak kuliner khas desa winduaji paguyangan Brebes Jawa Tengah. Sega nyangku begitu istimewa karena merupakan produk kuliner yang mampu memanfaatkan sumberdaya dan kearifan lokal setempat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepentingan setiap atribut dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan diagram kartesius, atribut yang masuk pada kuadran I yaitu kesesuaian potongan harga dan kenyamanan warung. Atribut yang masuk kuadran II yaitu kebersihan tempat jualan sega nyangku, kesesuaian penyajian sega nyangku, penampilan/kebersihan pramusaji, kebersihan warung, media promosi, inovasi bungkus sega nyangku, cita rasa sega nyangku. Atribut kuadran III yaitu promosi melalui digital marketing, kesesuaian sega nyangku dengan harga, keramahan dan kesopanan penyaji, variasi menu pelengkap sega nyangku, kemudahan dalam menjangkau lokasi, sarana kursi meja memadai, dan fasilitas warung. Atribut kuadran IV yaitu inovasi makanan sega nyangku, pemilihan nama nyangku, kemudahan dalam pembayaran dan keamanan warung. Pada penelitian ini juga diketahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh sesuai dengan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 0,66 yang menunjukkan justifikasi kriteria cukup puas.

 

Kata Kunci : Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), sega nyangku, dan kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v7i2.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.