Analysis of Changes in Learning Patterns Before and During the Covid-19 Pandemic using Descriptive Statistical Methods
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Kemenkes, “Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-2019). Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan,” Parallax, pp. 9–19, 2020, doi: 10.4324/9781003060918-2.
W. Musu, W. Simpen, and I. Samsie, “Identifikasi Pola Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 menggunakan Teknik Data Mining,” Jurnal_Pekommas, vol. 11, pp. 11–20, 2021, doi: 10.30818/jpkm.2021.2060302.
Kemendikbud, “Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 : Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat COVID-19,” p. 35, 2020, [Online]. Available: www.kemendikbud.go.id
B. P. Sutejo, D. Setiawan, and S. Masfuah, “Pola Belajar Anak Usia 10-11 Tahun Pada Pembelajaran Daring,” Ilm. Civ., vol. X, no. 1, pp. 45–53, 2021, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/8164
J. Julianto, S. Suprayitno, S. Supriyono, F. Hidayati, E. Rahmawati, and K. Kurniasari, “Studi Deskriptif Pola Belajar Sebelum Dan Selama Pandemic Covid-19 Pada Mahasiswa Jurusan PGSD FIP Unesa,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 7, no. 1, pp. 14–22, 2021, doi: 10.26740/jrpd.v7n1.p14-22.
M. R. S. A. Arif Pratama, “Pengaruh Pola Belajar Pada Terhadap Prestasi Siswa Di Sma Negeri 1 Tellu Limpoe,” Sos. Pendidik. Sosiologi-FIS UNM, vol. 6, pp. 31–35, 2019, [Online]. Available: https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1678930
T. Aprilianto, “Dampak Game Online terhadap Pola Belajar Anak: Studi di Desa Ujung Tanjung III Kabupaten Lebong,” J. Hawa Stud. Pengarus Utamaan Gend. dan Anak, vol. 2, no. 1, p. 75, 2020, doi: 10.29300/hawapsga.v2i1.3286.
F. Kurnia, D. Angelica, H. Uzma, and I. Rahmatissa, “Analisis pola belajar dan minat belajar siswa sdn 5 mendo barat di masa pandemi,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 3, pp. 148–151, 2021, [Online]. Available: http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2785
C. M. Sari, N. Fajrie, and K. Khamdun, “Pola Belajar Anak Pekerja Pabrik Garment Dalam Pembimbingan Orang Tua,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 3, pp. 1135–1146, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i3.2980.
H. Tullah, K. Kosim, M. Zuhdi, and M. Makhrus, “Analisis Pola Belajar Luring dan Daring pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Mataram,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 259–269, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i2.400.
N. Y. Ufairoh, I. Purnamasari, and J. Sulianto, “Pola Belajar Peserta Didik Dalam Program Belajar Dari Rumah,” Tunjuk Ajar J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, p. 110, 2022, doi: 10.31258/jta.v5i1.110-122.
D. D. Wibawa Restu, “Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part-time: Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” Tarbawi, vol. 8, no. 2, pp. 119–136, 2020, doi: 10.36781/tarbawi.v8i2.3068.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan),” Alfabeta, pp. 1–908, 2021.
D. Budiastuti and A. Bandur, “Validitas dan Reliabilitas Penelitian,” Binus, pp. 1–232, 2018, [Online]. Available: www.mitrawacanamedia.com
E. Saptutyningsih and E. Setyaningrum, “Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis,” Yogyakarta Gosyen Publ., 2019.
S. K. Dewi and A. Sudaryanto, “Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah,” Semin. Nas. Keperawatan Univ. Muhammadiyah Surakarta 2020, pp. 73–79, 2020.
I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariete Program IBM SPSS 25 Updated PLS Regresi.” Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v12i3.2938
Article Metrics
Abstract view : 255 timesPDF - 83 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.