Implementation of the K-Means Algorithm in Sales Clustering at a Company using the KDD Methodology
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. Bahtiar, “Implementasi Data Mining Untuk Mengklasifikasikan Data Penjualan Pada Supermarket Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” vol. 1, no. 1, 2023.
N. F. Adani, A. F. Boy, S. Kom, M. Kom, and R. Syahputra, “Implementasi Data Mining Untuk Pengelompokan Data Penjualan Berdasarkan Pola Pembelian Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Pada Toko Syihan,” Jurnal CyberTech, vol. x. No.x, 2019, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id
S. Handoko, F. Fauziah, and E. T. E. Handayani, “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Paket Data Telkomsel Menggunakan Metode K-Means Clustering,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 25, no. 1, pp. 76–88, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i1.2677.
R. Muliono and Z. Sembiring, “Data Mining Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Tingkat Tridarma Pengajaran Dosen,” 2019.
I. A. Nikmatun and I. Waspada, “Implementasi Data Mining Untuk Klasifikasi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor,” Jurnal SIMETRIS, vol. 10, no. 2, 2019.
S. Sitohang, D. Saripurna, W. Ristamaya, and K. Pinjaman Usaha, “Data Mining Untuk Pengelompokan Data Penjualan Cake Dengan Menggunakan Algoritma K-means Clustering Pada Jofie Bakery,” 2020.
H. Samosir, M. Amin, and I. R. Harahap, “Penerapan Data Mining untuk Klasifikasi Produk Merk Bata Menggunakan Algoritma K-Means,” JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 1, no. 2, pp. 161–166, Jun. 2021, doi: 10.33330/jutsi.v2i1.1163.
P. S. Hasugian, “Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Produk Menggunakan Algortima K-Means (Studi Kasus : Toko Usaha Maju Barabai),” Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 191–198, 2019.
Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara, and K. Bengkulu, “Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk,” 2019.
H. Syahputra, “Clustering Tingkat Penjualan Menu (Food and Beverage) Menggunakan Algoritma K-Means,” Jurnal KomtekInfo, pp. 29–33, Mar. 2022, doi: 10.35134/komtekinfo.v9i1.274.
Mulyawan, A. Bahtiar, and I. Ali, “Transformasi Strategi Penjualan Batik Cirebon Dengan Pendekatan Analisis Pengelompokan K-Means,” KOPERTIP Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 1–7, Apr. 2023, doi: 10.32485/kopertip.v7i1.309.
R. D. Chaerunisa, N. Rahaningsih, M. F. Basysyar, I. A. Purnamasiri, and N. Suarna, “Pengelompokan Penjualan Madu Menggunakan Algoritma K-Means,” KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 5, no. 1, pp. 23–28, Feb. 2021, doi: 10.32485/kopertip.v5i1.144.
D. Ramdhan, G. Dwilestari, R. Danar Dana, and A. Ajiz, “Clustering Data Persediaan Barang dengan Menggunakan Metode K-Means. Clustering Data Persediaan Barang dengan Menggunakan Metode K-Means,” vol. 7, no. 1, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/
M. H. Siregar, “Klasterisasi Penjualan Alat-Alat Bangunan Menggunakan Metode K-Means (Studi Kasus Di Toko Adi Bangunan),” 2019.
E. S. Ningrum, N. Heryana, A. Voutama, and J. H. Ronggo Waluyo -Karawang, “Mengoptimalkan Klasifikasi Tema Tugas Akhir Mahasiswa Menggunakan Support Vector Machine (Svm) Dengan Metode K-Means (Studi Kasus Prodi Informatika Unsika),” 2022.
M. Fahmi Julianto, S. Wira Hadi, W. Gata, and R. Pebrianto, “Clustering Pencapaian Target Penjualan Rumah Para Karyawan Marketing Menggunakan Rapidminer Dan Algoritma K-Means,” vol. 8, no. 2, p. 2020, 2020.
A. Yani, Z. Azmi, D. Suherdi, S. Informasi, and S. Triguna Dharma, “Implementasi Data Mining Menganalisa Data Penjualan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,” Maret, vol. 2, no. 2, pp. 315–323, 2023, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsi
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i1.3074
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 51 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.