Analisis Strength - Weakness Dalam Implementasi Pengembangan IT Masterplan Menggunakan Metode Value chain

Citra Wiguna, Yudha Saintika

Abstract


Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) merupakan  institusi pendidikan  tinggi  yang  memiliki  fokus  pada  pengembangan  teknologi  ICT. Dalam perananannya Institusi dituntut untuk menjawab segala tantangan serta kebutuhan pasar dengan kemajuan teknologi. Salah satu upaya dalam pengembangan teknologi ICT yaitu dengan membuat IT masterplan yang berfungsi untuk mengelola institusi sesuai dengan rencana strategis. Dalam penyunan IT masterplan tersebut, tahapan awal yang harus dilakukan yaitu mengidentifikasi kondisi terkini dari proses bisnis yang ada di masing-masing unit untuk kemudian dianalisis kekuatan serta kelemahannya. Analisis kekuatan-kelemahan tersebut dapat dijadikan dasar dalam merancang kebutuhan terkait sistem informasi maupun teknologi informasi yang akan diimplementasikan. Penelitian ini berperan dalam langkah awal pengembangan IT masterplan tersebut dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan setiap proses bisnis yang ada menggunakan metode value chain. Metode ini dipilih karena analisis value chain menjadi dasar dalam investasi dan implementasi TI, serta mampu melihat kelemahan maupun kekuatan dari bisnis proses sebelum melakukan perancangan IT Masterplan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan dan kekuatan yang harus menjadi perhatian bagi unit-unit terkait yang ada di IT Telkom Purwokerto sehingga dalam menentukan kebutuhan SI/TI pada tahap selanjutnya masing-masing unit tersebut memiliki dasar yang jelas. Keywords – IT masterplan, value chain, ICT, proses bisnis.


Full Text:

PDF

References


Azhary, V. (2013). Perancangan It Master Plan Untuk Telkom University Menggunakan Metode Ward And Peppard. Karya Ilmiah - Skripsi (S1).

Bakari, J. K., Tarimo, C. N., Yngstrom, L., Magnusson, C., & Kowalski, S. (2007). Bridging The Gap Between General Management And Technicians – A Case Study On Ict Security In A Developing Country. Computers & Security 26 (2007) 44–55.

Chen, Y., Wen, Y., & Zhigang, L. (2016). From Blueprint To Action: The Transformation Of The Planning Paradigm For Desakota In China. Cities.

Dess, G. G., Lumpkin, G. T., & Taylor, M. L. (2004 ). Strategic Management: Creating Competitive Advantages. Mcgraw-Hill Education.

Hariandja, M. T. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Pt Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2009). Strategis Management Concepts. Canada: Nelson Education, Ltd.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto. (2017). Rencana Strategis Institut Teknologi Telkom 2018-2020. Purwokerto.

Ittp. (2017). Rencana Strategis. Purwokerto: Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Janssen, E., & Swinnen, J. (2017). Technology Adoption And Value chains In Developing Countries: Evidence From Dairy In India. Food Policy .

Rifai, G. (2012). Prinsip - Prinsip Pengelolaan Strategi Bisnis. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Rodriguez, Y. P., Torssonen, P., Suominen, S. R., & Pitkänen, S. (2017). Fuelwood Value chain Analysis In Cassou And Ouagadougou,Burkina Faso: From Production To Consumption. Energy For Sustainable Development 41 (2017) 14–23.

Wisdaningrum, O. (2013). Analisis Rantai Nilai (Value chain) Dalam. Analisa, Vol. 1, No. 1, April 2013: 40 – 48.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v7i3.319

Article Metrics

Abstract view : 856 times
PDF - 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://journals.zetech.ac.ke/scatter-hitam/https://silasa.sarolangunkab.go.id/swal/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/sthai/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/stoto/https://alwasilahlilhasanah.ac.id/starlight-princess-1000/https://www.remap.ugto.mx/pages/slot-luar-negeri-winrate-tertinggi/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/sgacor/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/images/qrcode/slot-dana/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/img/cover/10k/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/app/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/idn/