Using a Partition System to Improve the Performance of the Apriori Algorithm in Speeding Up Itemset Frequency Search Process
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i1.1644.
I. A. Darmawan, M. F. Randy, I. Yunianto, M. M. Mutoffar, and M. T. P. Salis, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Golongan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial,” Sebatik, vol. 26, no. 1, 2022, doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1622.
Q. Wei and B. Qi, “Neutrosophic Fuzzy Association Rule Generation-Based Big Data Mining Analysis Algorithm,” Int. Trans. Electr. Energy Syst., vol. 2022, 2022, doi: 10.1155/2022/1446405.
A. D. Gunawan and Y. Nataliani, “Implementasi Algoritma Apriori pada Penjualan Alat Teknik Pertanian,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, 2021, doi: 10.51519/journalisi.v3i3.162.
E. D. Yang, P. E. Pakpahan, C. A. Pamungkas, and W. Zakiyah, “Analisis Perilaku Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Pertumbuhan FP Untuk Meningkatkan Penjualan di Orchid Mart Manokwari,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i1.1930.
M. Syahrir and F. Fatimatuzzahra, “Association Rule Integrasi Pendekatan Metode Custom Hashing dan Data Partitioning untuk Mempercepat Proses Pencarian Frekuensi Item-set pada Algoritma Apriori,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 1, pp. 149–158, 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.833.
R. Agrawal, T. Imieliński, and A. Swami, “Mining Association Rules Between Sets of Items in Large Databases,” ACM SIGMOD Rec., vol. 22, no. 2, pp. 207–216, 1993, doi: 10.1145/170036.170072.
S. M. A. Ade Irma Amanda, Debi Setiawan, and Liza Trisnawati, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Minat Beli Konsumen Di Coffee Shop,” JEKIN - J. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.58794/jekin.v3i1.483.
R. Fadillah, L. Qadriah, and M. Rizal, “Market Basket Analisis Data Mining Untuk Mengetahui Pola Penjualan Pada Cerry Mart Beureunueun Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Real Ris., vol. 5, no. 1, 2023, doi: 10.47647/jrr.v5i1.1152.
D. Rizaldi and A. Adnan, “Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori: Kasus Transaksi 212 Mart Soebrantas Pekanbaru,” J. Stat. dan Apl., vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.21009/jsa.05103.
D. Nurhidayanti and I. Kurniawati, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menemukan Association Rules Pada Persediaan Sparepart Motor,” Innov. Res. Informatics, vol. 4, no. 2, 2022, doi: 10.37058/innovatics.v4i2.5300.
I. Rosmayati, W. Wahyuningsih, E. F. Harahap, and H. S. Hanifah, “Implementasi Data Mining pada Penjualan Kopi Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Algoritm., vol. 20, no. 1, 2023, doi: 10.33364/algoritma/v.20-1.1259.
R. Hanifan, T. D. Putra, and D. Hartanti, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Pengelompokkan Produk Terbaik Pada Pangkalan SudiawatI,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 11, no. 2, 2022, doi: 10.34010/komputa.v11i2.7363.
M. Salman, A. Faridzi, and D. R. Prehanto, “Implementasi Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan dan Pembelian di Toko Bangunan Berbasis Website,” JEISBI (Journal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 04, 2022.
I. W. Pratama, A. Hafiz, J. M. Informatika, and J. M. Informatika, “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Trend Penjualan Cetakan Sablon Pada Fatih Clothing Di Bandar,” Cendekia, vol. XVIII, no. 1, pp. 326–330, 2019.
E. Haerani and C. Juliane, “Finding Customer Patterns Using FP-Growth Algorithm for Product Design Layout Decision Support,” SISTEMASI, vol. 11, no. 2, 2022, doi: 10.32520/stmsi.v11i2.1762.
B. Suma and G. Shobha, “Privacy preserving association rule hiding using border based approach,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 23, no. 2, 2021, doi: 10.11591/ijeecs.v23.i2.pp1137-1145.
E. T. Naldy and A. Andri, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Daftar Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Toko Bangunan MDN,” J. Nas. Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.47747/jurnalnik.v2i2.525.
F. Lv, “Data Preprocessing and Apriori Algorithm Improvement in Medical Data Mining,” 2021. doi: 10.1109/ICCES51350.2021.9489242.
I. Pratama and P. T. Prasetyaningrum, “Pemetaan Profil Mahasiswa Untuk Peningkatan Strategi Promosi Perguruan Tinggi Menggunakan Predictive Apriori,” J. Eksplora Inform., vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.30864/eksplora.v10i2.505.
A. F. Lestari and M. Hafiz, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.35314/isi.v5i1.1317.
S. Nurajizah, “Analisa Transaksi Penjualan Obat menggunakan Algoritma Apriori,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 4, no. 1, 2019, doi: 10.35314/isi.v4i1.938.
Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Kendaraan Roda Dua (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1459.
S. Styawati, A. Nurkholis, and K. N. Anjumi, “Analisis Pola Transaksi Pelanggan Menggunakan Algoritme Apriori,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, 2021.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i1.3610
Article Metrics
Abstract view : 105 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.