PERANCANGAN APLIKASI MONITORING KESEHATAN IBU HAMIL BERBASIS MOBILE ANDROID

Lili Rusdiana, Heri Setiawan

Abstract


Perancangan aplikasi berbasis mobile android untuk memudahkan pembangunan aplikasi melalui gambaran dalam bentuk diagram dan sketsa digital untuk monitoring kesehatan Ibu hamil pada Bidan praktik mandiri. Perancangan ini sebagai salah satu tahapan dalam membangun aplikasi dengan permasalahan dari pengolahan data saat ini hanya menggunakan buku besar yang dimiliki Bidan sebagai media pencatatan riwayat kesehatan Ibu hamil untuk monitoring yang dilakukan oleh Bidan. Perancangan aplikasi ini dikhususkan untuk Bidan sebagai penggunanya. Aplikasi dirancang untuk sistem yang berjalan dan sistem yang akan dibangun dalam bentuk diagram konteks. Penggambaran rancangan interface dalam bentuk sketsa digital menggunakan tools Balsamiq Mockups 3 dengan akses yang memudahkan Bidan disertai fitur seperti hak akses login, input data, dan penyimpanan data yang digunakan untuk monitoring kesehatan Ibu hamil.


References


Hendrata, T. W., Arifin, A., & Hikmah, N. F. (2016). Sistem Monitoring Elektrokardiografi Berbasis Aplikasi Android. JURNAL TEKNIK ITS, 99-105.

Kasman, A. D. (2015). Trik Kolaborasi Android dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Lokomedia.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1464 Tahun 2010. (2010). Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan. Jakarta.

Pratama, A., Sulistiowati, & Maulana, Y. M. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemantauan Dan Evaluasi Pelayanan Kesehatan Dasar Pada Ibu Berdasarkan SPM. Jurnal Sistem informasi dan Komputer Akuntansi (JSIKA), 1-10.

Pratiwi, I. G., & Restanty, D. A. (2018). Penerapan Aplikasi Berbasis Android “Status Gizi Balita Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Pemantauan Status Gizi Anak Usia 12-24 Bulan”. JKAKJ, 8-14.

Purwoastuti, E., & Walyani, E. S. (2014). Panduan Materi Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Rusdiana, L., Sediyono, E., & Surarso, B. (2015). Studi Implementasi Adaptive Neuro Fuzzy Inference System Untuk Menentukan Normalitas Kehamilan. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JSINBIS), 98-108.

Tawakal, H. A., Imaduddin, Z., & Prasetyo, I. (2015). Sistem Informasi dan Monitoring Perkembangan Janin Berbasis Android. Jurnal Teknologi Terpadu, 31-37.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v7i3.393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.