IMPLEMENTASI GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) PENENTUAN TAMPAT IBADAH MASJID DI KECAMATAN KEMPAS KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Dwi Yuli Prasetyo

Abstract


Sistem informasi geografis adalah alat dengan sistem computer maupun android yang digunakan untuk memetakan kondisi dan peristiwa yang terjadi di muka bumi. Teknologi SIG ini mampu mengintregasikan sistem operasi database dengan berbagai keuntungan analisis geografis yang ditawarkan dalam bentuk peta. Dengan kemampuan pada sistem informasi pemetaan, maka SIG banyak digunakan oleh masyarakat, instansi untuk menjelaskan berbagai peristiwa, memprediksi hasil, perencanaan pembangunan dan konservasi secara stategis. Wilayah didaerah kecamatan kempas merupakan wilayah perdesaan yang belum begitu meluas, salah satunya dikarekan berbagai macam pembangunan yang berkelanjutan apalagi dalam menentukan tempat-tempat ibadah sangatlah sulit bagi masyarakat dan terutama bagi orang pendatang dari luar daerah-daerah. Maka Pengelolaan wilayah dalam mentukan titik-titik tempat beribadatan harus di lakukan untuk mengetahui keberadaan beribadatan. Maka dari itu mengambil inisiatif untuk mempermudah dalam mengetahui tempat-tempat ibadah, dibuatlah aplikasi geografis untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Pengambilan aplikasi GIS dilakukan dengan pendekatan permasalahan melalui proses pengumpulan data menjadi informasi serta ditambah dengan faktor – faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya sistem informasi geografis kita bisa mentekukan titik atau tempat yang diinginkan dengan mudah tidak harus bertanya ke pada masyarakat sekitar. Ini lah dengan mudahnya menggunaakan aplikasi geografis.


Full Text:

PDF

References


Kadir,A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sholihin, U. (2014). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Perusahaan Kain Dan Sarung Tenun Ikat Cap Sinar Barokah Kediri.

Anisya. (2013). Aplikasi Sistem DataBase Rumah Sakit Terpusat Pada Rumah Sakit Umum(RSU) 'Aisyiyah Padang dengan Menerapkan Open Source (php-MySql).

Asnawati, & Kusuma, P.G. (2011). Sistem Informasi Geografis (SIG) - Fasilitas Yang Ada Dikota Bengkulu Berbasis Web.

Marlena, D, & Aspriyono, H. (2014). Sistem Informasi Geografis Letak Lokasi Rumah Sakit Dan Apotek Kota Bengkulu Berbasis Android.

Novita,R, & Sari, N. (2015). Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis E-Commerce.

Mahdiana, D. (2011). Analisa Dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Objek: Studi Kasus Pt. Liga Indonesia.

Tohari, H. (2014). Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML Yogyakarta :ANDI.

Ladjamudin, Bin Al-Bahra. (2005). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung:Informatika.

Jogiyanto, HM. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta:ANDI.

Mustaqbal,M.S, & Firdaus, F.R, & Rahmadi,H. (2011). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analisys.

Risdianto, H. (2014). Penentuan Kordinat Geodetik Titik BM Pusat Jawa Dari Data Pengamatan GPS.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.403

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 45 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.403.g176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.