Determining Customer Satisfaction Level to Determine Batik Business Development Using Naive Bayes Algorithm
Abstract
Full Text:
PDFReferences
H. E. Atmaja dan D. M. Verawati, "Meningkatkan Minat Kewirausahaan Di Era Global Melalui E-Commerce," 2021.
A. D. Amanda, A. P. Windarto, dan H. Qurniawan, "Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Toko Ms Glow Menggunakan Metode Naïve Bayes," Hello World Jurnal Ilmu Komputer, vol. 1, no. 3, hlm. 130-144, Okt 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i3.139.
V. R. Prasetyo, H. Lazuardi, A. A. Mulyono, dan C. Lauw, "Penerapan Aplikasi Rapid Miner Untuk Prediksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Amerika Serikat Dengan Metode Linear Regression," Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 1, hlm. 8-17, Mei 2021, doi: 10.25077/teknosi.v7i1.2021.8-17.
E. M. Lena, B. Mursito, dan S. Hartono, "Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kualitas Produk, Citra Merek Dan Pelayanan Pada Outlet 3 Second Surakarta (Minat Beli Konsumen Ditinjau Dari Suasana Toko, Lokasi, Dan Word Of Mouth Studi Kasus Pada Butik Solo)," 2021.
A. Wijaya, "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Asosiasi Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan," Jurnal Bisnis Terapan, vol. 2, no. 01, hlm. 1-16, Juni 2018, doi: 10.24123/jbt.v2i01.1082.
K. Mukhlisin, "Penerapan Algoritma Naïve Bayes Pada Produk Brownies Tape Dalam Menentukan Tingkat Penjualan Laris dan Kurang Laris," KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 5, no. 2, hlm. 51-56, Okt 2021, doi: 10.32485/kopertip.v5i2.168.
N. M. A. Sulistyawati, & N. K. Seminari, 12882-1-27881-1-10-20150814 (1). 4(8), 2318–2332, 2019.
J. Saputra dan A. Zein, "Perancangan Sistem Informasi Point Of Sale Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kedai Kyushu Japanese Street Food)," 48 Jurnal Ilmu Komputer JIK, vol. VI, no. 01, 2023.
M. Latif, N. Rohman, dan U. Suji'ah, "Kepuasan Konsumen atas Kualitas Pelayanan Rumah Makan Griya Dahar Mbok Sum (Studi kasus pada konsumen Daerah Istimewa Yogyakarta) 1".
M. H. Rifqo dan A. Wijaya, "Implementasi Algoritma Naive Bayes Dalam Penentuan Pemberian Kredit," 2017. [Online]. Tersedia pada: www.ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode
S. Helia, L. R. Lismawati, D. Darwin, and A. Prastika, “The influence of personality and creativity on the performance of employees in Padang Panjang Regional Public Hospital with innovation as intervening variables ”, Mantik, vol. 8, no. 1, pp. 565-577, May 2024.
H. F. Putro, R. T. Vulandari, dan W. L. Y. Saptomo, "Penerapan Metode Naive Bayes untuk Klasifikasi Pelanggan," Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN), vol. 8, no. 2, Oktober 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i2.500.
R. Bangun, S. Informasi & P., R. Jasa, M. Pada, & S. B. Surabaya. Jurnal Sistem Informasi. 3(1). 2019.
S. Maulana dan M. Muhajirin, "Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Aisy Cabang Bima," Jurnal Disrupsi Bisnis, vol. 4, no. 4, hlm. 372, Jul 2021, doi: 10.32493/drb.v4i4.11678.
M. F. Fadillah, "Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Kuliner Selebgram Arief Muhammad Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Tugas Akhir". [Online]. Tersedia pada: http://digilib.mercubuana.ac.id/
A. S. Stone dan F. Fathoni, "Analisis Sentimen Pelanggan Terhadap Penilaian Produk Pada Toko Online Shop Amreta Menggunakan Metode Naïve Bayes Classification," Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, no. 3, hlm. 1590, Jul 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4436.
N. Chatrina Siregar, R. Ruli, A. Siregar, ; M Yoga, dan D. Sudirman, "Implementasi Metode Naive Bayes Classifier (NBC) Pada Komentar Warga Sekolah Mengenai Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)," 2020.
H. Susana dan N. Suarna, "Penerapan Model Klasifikasi Metode Naive Bayes Terhadap Penggunaan Akses Internet Program Studi Teknik Informatika STMIK IKMI Cirebon Jl Perjuangan No 10B Kesambi Kota Cirebon 3) Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak STMIK IKMI Cirebon Jl Perjuangan No 10B Kesambi Kota Cirebon 4) Program Studi Komputerisasi Akuntansi STMIK IKMI Cirebon Jl Perjuangan No 10B Kesambi Kota Cirebon," Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 1, hlm. 1-8, 2022.
H. E. Pratama and H. Sulistani, “Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan CustomerSatisfaction Index Pada Penjualan Parfume(Study Kasus: Parfume Corner Bdl),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 29–36, 2021.
A. D. Amanda, A. P. Windarto, and H. Qurniawan, “Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Store Ms Glow Menggunakan Metode Naïve Bayes,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 3, pp. 130–144, 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i3.139.
T. A. Q. Putri, A. Triayudi, and R. T. Aldisa, “Implementasi Algoritma Decision Tree dan Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Sentimen Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 641–649, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2949.
N. Saurina, “Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan Batik Ecoprint Menggunakan Naïve Bayes dan KNN Classifier,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 1532–1542, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i2.1483.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i4.4283
Article Metrics
Abstract view : 134 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.