KOMPRESI DATA TEKS DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUITUR

Yulia Darnita, Khairunnisyah Khairunnisyah, Husni Mubarak

Abstract


Data merupakan salah satu hal utama yang dikaji dalam masalah teknik ilmu komputer (TIK),  data bisa berhujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya fakta yang sering terjadi tentang data adalah kebutuhan akan kapasitas penyimpanan dan kebutuhan waktu transfer data, yang menjadi kasus yang harus di amati dalam kebutuhan ini disebabkan oleh data yang harus disimpan kedalam memori RAM semakin lama bertambah banyak, oleh karena itu di butuhkan media penyimpanan yang besar. Algoritma sequitur merupakan sebuah algoritma waktu linier yang menyimpulkan tata bahasa bebas konteks (context-free gramntar) ke dalam suatu pemampatan untuk mengurangi masukan yang berulang atau dengan kata lain melakukan pengelompokkan karakter yang sama pada isi file dan  mengatasi permasalahan dalam pemampatan sebuah data, bersifat Lossy compression. Berdasarkan Hasil Pengujian Yang dilakukan :File hasil kompresi oleh algoritmasequitur memudahkan dalam  menggunakan internet sehingga waktu yang diperlukan akan menjadi lebih pendek dan kemungkinan pekerjaan Download dan Upload gagal akan menjadi lebih kecil. Kemudian teransfer file melalui jaringan akan lebih cepat , waktu pengiriman  tergantung dari provider yangcepat atau tidak serta ukuran file yang akan dikirim dan membantu dalam mengurangi ukuran dari file sehingga dapat mengurangi kapasitas penyimpanan suatu memori / RAM.


Full Text:

PDF

References


Abraham Lempel & jacob Zib,1977, Lempel –Ziv-Welch Algorithm (LZW )

Aji Yoga Yudistira, Darwiyanto Eko, ST.,MT, Septia Gia, S.Si., M.Sc 2016,Analisis Perbandingan Kompresi dan Dekompresi Menggunakan Algoritma ShannonFano 2 Gram Dan Lempel Ziv Welch Pada Terjemahan Hadits Shahih Muslim, e-Proceeding of Engineering, Vol.3, No.3, ISSN : 2355-9365

David Huffman. 1952 . The Huffman Algorithm .

Ervin E. 2011. Kompresi Data Teks Menggunakan Pendekatan Grammar Compression Dengan Algoritma Sequitur,ti.ukdw.ac.id/ojs/index.php/ informatika/article/view/41.

Gozali Ferrianto & Mervyn 2004, Analisis Perbandingan Kompresi Data Dengan Teknik Arithmetic Coding Dan Run Length Encoding, JETri, Universitas Trisakti, Vol. 4, No. 1, ISSN 1412-0372.

Halverson. M. 2000. Microsoft Visual Basic 6.0 Profesional, Cetakan I, Penerbit PT. Elex Media Komputindo : Jakarta.

Jogiyanto H.M. 2002. Pengenalan Komputer, Penerbit Andi Offset :Yogyakarta.

Naraprtaama. 2006 .Teknik Kompresi File, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Niklaus Wirth. 2007. Algoritma + Struktur Data = Program

Rimincha Amnu. 2006 .Context Free Grammar. http:// www.laynetworks.com//Context%2oFree%20Gtammar.htm

Salomon . 2007. The Compression Algorithm ,Data Compression reference Center.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.429

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.