IMPLEMENTASI RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM MEMBANGUN APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM (STUDI KASUS KOPERASI SUBUR JAYA MANDIRI KABUPATEN SUBANG)

Muhamad Tabrani, Ishak Kholil, Ahmad Sinnun

Abstract


Koperasi merupakan badan usaha yang didirikan oleh perseorangan atau badan hukum koperasi. Koperasi saat ini banyak diminati oleh masyarakat umum karena banyak manfaatnya yang dapat membantu perekonomian dari para anggotanya. Koperasi Subur Jaya Mandiri Ciasem Subang dalam melaksanakan pendataannya masih dicatat menggunakan buku besar sehingga masih terdapat data-data yang belum dimasukkan maupun hilang dan koperasi ini tidak memiliki kartu anggota sehingga ketika anggota koperasi ini hendak menyimpan dan meminjam, pengurus koperasi harus mengecek terlebih dahulu data anggota di buku pendaftaran anggota. Mengatasi masalah tersebut diperlukannya aplikasi penunjang koperasi, supaya memudahkkan dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pendataan anggota, transaksi simpan pinjam, dan pelaporan. Aplikasi simpan pinjam mempunyai fasilitas pengolahan data meliputi anggota, user pegawai, transaksi pengembalian, transaksi pinjaman, transaksi angsuran, dan laporan kegiatan transaksi. Aplikasi simpan pinjam ini digunakan dalam kegiatan operasional koperasi sehingga lebih efektif dan optimal dalam pengelolaan koperasi Subur Jaya Mandiri.


Full Text:

PDF

References


Ardiyah, V., & Palasara, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada PT. MINTRA INTI BERSAMA Jakarta. JOURNAL INFORMATICS, SCIENCE & TECHNOLOGY, 8(1).

Fadallah, M. F., & Rosyida, S. (2018). Program Pemesanan Percetakan Berorientasi Objek dengan Pemodelan Unified Modeling Language. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, VII(1), 61–70.

Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2010). Systems analysis and design. Prentice Hall Press.

Martin, J. (1991). Rapid application development. Macmillan Publishing Co., Inc.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung. Penerbit Abdi Sistematika.

Tabrani, M. (2013). Implementasi Sistem Informasi Reservasi Penginapan Pada Argowisata Gunung Mas Cisarua Bogor. Bianglala Informatika, 1(1).

Tohari, H. (2014). Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yulia, E. R. (2017). Perancangan Program Penjualan Perhiasan Emas Pada Toko Mas Dan Permata Renny Medan. Evolusi, 5(2), 27–34.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.439

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 77 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.439.g169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.