Implementation of the User Centered Design Method in the Android-Based Digital Financial Literacy Media Interactive Education Application (Case Study: Medan City MSMEs)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
N. Anisah and H. F. Crisnata, “Analisis Tingkat Literasi Keuangan Pengguna Fintech Payment OVO,” JAD J. Ris. Akunt. Keuang. Dewantara, vol. 4, no. 1, pp. 46–58, 2021, doi: 10.26533/jad.v4i1.752.
P. Literasi, K. Digital, D. A. N. Sosial, and E. Terhadap, “Pengaruh Literasi Keuangan Digital Dan Sosial Ekonomi Terhadap Pemanfaatan Digital Payment Dengan Budaya Sebagai Variabel Moderating,” J. Bisnis Akunt. Unsurya, vol. 8, no. 1, pp. 30–43, 2023, doi: 10.35968/jbau.v8i1.1017.
A. P. Y. K. Wardani and N. A. S. Darmawan, “Peran Financial Technology pada UMKM: Peningkatan Literasi Keuangan Berbasis Payment Gateway,” J. Ilm. Akunt. dan Humanika, vol. 10, no. 2, p. 170, 2020, doi: 10.23887/jiah.v10i2.25947.
A. Ikhwan, S. Hartati, U. Hasanah, M. Lestari, and H. Pasaribu, “Pemanfaatan teh bunga telang (Clitoria ternatea) sebagai minuman kesehatan dan meningaktkan UMKM di masa pandemi covid 19 kepada masyarakat di Desa Simonis Kecamatan Aek Natas,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2022.
R. Suarantalla, J. Aliyah, and A. L. Tryana, “Melangkah ke Era Digital: Sosialisasi Literasi Keuangan untuk Transaksi Non Tunai,” Parta J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 82–89, 2023, doi: 10.38043/parta.v4i1.4417.
Baiq Fitri Arianti and Khoirunnisa Azzahra, “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan : Studi Kasus UMKM Kota Tangerang Selatan,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 9, no. 2, pp. 156–171, 2020, doi: 10.33059/jmk.v9i2.2635.
D. A. Nani, L. Ahluwalia, and D. Novita, “PENGENALAN LITERASI KEUANGAN DAN PERSONAL BRANDING DI ERA DIGITAL BAGI GENERASI Z DI SMK PGRI 1 KEDONDONG,” J. Technol. Soc. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 43–47, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
S. Suprananto and E. Hikamudin, “Pengembangan Bahan Ajar Literasi Finansial untuk Siswa Sekolah Dasar,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 9, no. 3, p. 897, Aug. 2023, doi: 10.32884/ideas.v9i3.1369.
C. K. Nelwan, “Rancang bangun aplikasi pembelajaran interaktif untuk anak sekolah dasar kelas 1,” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 1, pp. 45–54, 2020.
M. Rifai and M. Akbar, “Implementasi Metode User Centered Design (Ucd) Pada Pembangunan Sistem Penyediaan Obat Berbasis Android,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 4, pp. 197–208, 2021, doi: 10.47747/jpsii.v1i4.552.
E. Hutabri and A. D. Putri, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar,” J. Sustain. J. Has. Penelit. dan Ind. Terap., vol. 8, no. 2, pp. 57–64, 2019, doi: 10.31629/sustainable.v8i2.1575.
H. Hodiyanto, Y. Darma, and S. R. S. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 2, pp. 323–334, 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i2.652.
D. A. Yuniarti, G. W. Intyanto, and A. S. Pawening, “DGMATH: Media Digital Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar Materi Operasi Bilangan Menggunakan Metode RnD,” Edumatica J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 01, pp. 41–51, 2022, doi: 10.22437/edumatica.v12i01.17241.
Supardianto and A. B. Tampubolon, “Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2020.
A. A. Mahfudh and W. R. Saputra, “Perancangan User Interface User Experience Aplikasi E-Ngaji Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada TPQ,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 4, no. 02, pp. 255–262, 2022.
E. Noviyanti, A. Christian, and K. Wijaya, “Implementasi Metode UCD (User Centered Design) Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan: Studi Kasus : SMK Negeri 1 Gelumbang,” 2021.
R. Hartono, T. I. Ramadhan, J. P. No, K. Tawang, K. Tasikmalaya, and J. Barat, “Implementasi Metode User Centered Design ( UCD ) dengan Framework Kanban dalam Membangun Desain Interaksi,” pp. 823–831.
M. Badri, A. Ikhwan, ) Raissa, and A. Putri, “Some rights reserved BY-NC-SA 4.0 International License IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PENGENALAN PRODI SISTEM INFORMASI FST UINSU MEDAN 1),” vol. 7, no. 2, pp. 109–121, 2022, doi: 10.36341/rabit.vxix.xxx.
A. P. Sitorus, N. F. Saragih, and M. Yohanna, “Perancangan Aplikasi Pengelolaan Dana Desa Di Kabupaten Toba Samosir Dengan Metode User Centered Design (UCD) Berbasis Android,” 2022. [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/METHOTIKA
R. Mubarokan and S. Aslamiyah, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ‘MARI BELAJAR’ BERBASIS PLATFORMERUNTUK SISWA SEKOLAH DASARMENGGUNAKAN METODE UCD (User Centered Design) PLATFORM-BASED ‘LET’S LEARN’ INTERACTIVE LEARNING MEDIA DESIGN FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS USING UCD (User Centered Design) METHODS.”
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i4.4403
Article Metrics
Abstract view : 141 timesPDF - 53 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.