PENERAPAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SEKOLAH DASAR

Arie Yandi Saputra, Yogi Primadasa

Abstract


Pendidikan dasar merupakan pendidikan formal yang mempunyai nilai strategis dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, dikarenakan pendidikan dasar merupakan tahapan awal bagi anak untuk melanjutkan ke jenjang selanjunya. Oleh karena itu, pemilihan sekolah yang tepat menjadi sesuatu yang banting bagi setiap orang tua, karena hal ini akan mempengaruhi kreatifitas serta masa depan anak dikemudian hari. Terkait dengan persoalan tersebut banyak sekali orangtua  dibingungkan oleh banyaknya pilihan jenis sekolah untuk anak mereka. Untuk itu, penelitian ini dimaksudkan untuk membantu orang tua dalam memilih Sekolah Dasar yang tepat berdasarkan pada 6 kriteria yaitu Reputasi Sekolah, Kualitas Tenaga Pengajar, Rasio Guru dan siswa, Lokasi / jarak sekolah ke rumah, Fasilitas sekolah, dan rekomendasi dari keluarga. Dari kriteria tersebut kemudian akan di lakukan perhitungan dengan menggunakan metode Moora. Pemilihan Metode moora dikarenakan metode ini dapat menyaring alternatif terbaik dikarenakan moora mampu menentukan tujuan berdasarkan kriteria yang bertentangan, sehingga penggunaan metode ini tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini. Akhir dari penelitian ini akan menghasilkan rekomendasi Sekolah Dasar yang merupakan alternatif yang paling baik untuk untuk orang tua dalam menyekolahkan anaknya berdasarkan pada kriteria tersebut.


Full Text:

PDF

References


I. Bafadhol, “Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia,” J. Pendidik. Islam, vol. 06, no. 11, pp. 59–71, 2017.

Munirah, “SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita,” Auladuna, vol. 2, no. 2, pp. 233–245, 2015.

H. Tanis, “PENTINGNYA PENDIDIKAN CHARACTER BUILDING DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MAHASISWA,” Humaniora, vol. 4, no. 45, pp. 1212–1219, 2013.

R. Verdiyani, “Analisis Animo Masyarakat dalam Memilih Sekolah Anak di SD Wuluhadeg dan SD IT Assalaam,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 23, pp. 262–269, 2016.

Depdiknas. (2003), Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Republik Indonesia, 2003.

I. Purnamasari, “Homeschooling dalam Potret Politik Pendidikan: Studi Etnografi pada Pelaku Homeschooling di Yogyakarta,” J. Nonform. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 28–39, 2017.

Gusrianty, D. Oktarina, and W. J. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Promethee Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Penjualan Sepeda Motor Bekas,” Sistemasi, vol. 8, no. 1, pp. 62–69, 2019.

R. Yuniardi, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Pemberian Pembiayaan Nasabah Baitul Maalwat-Tamwil ( BMT ) Mujahidin Pontianak Dengan Menggunakan Fuzzy Inference System Metode Tsukamoto,” J. Penelit. Tek. Inform., vol. 2, 2013.

Y. Primadasa and V. Amalia, “Penerapan Metode Multi Factor Evaluation Process untuk Pemilihan Tanaman Pangan di Kabupaten Musi Rawas,” J. Sisfo, vol. 07, no. 01, pp. 47–58, 2017.

H. Rohayani, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy,” JSI, vol. 5, no. 1, pp. 530–539, 2013.

Y. Sa’adati, S. Fadli, and K. Imtihan, “Analisis Penggunaan Metode AHP dan MOORA untuk Menentukan Guru Berprestasi sebagai Ajang Promosi Jabatan,” Sinkron, vol. 3, no. 1, pp. 82–90, 2018.

A. Görener, H. Dinçer, Ü. Hacıoğlu, B. Branch, and L. Selection, “Application of Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( MOORA ) Method for Bank Branch Location Selection,” IJFBS, vol. 2, no. 2, pp. 41–52, 2013.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,” J. SIMETRIS, vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.

S. Dedi, A. Pardede, A. Harahap, A. Putera, and U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat ( Jamkesmas ) Menerapkan Metode MOORA,” Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2018.

M. Ashari, Arini, and F. Mintarsih, “Aplikasi Pemilihan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar dengan Metode MOORA – Entropy,” Query, vol. 1, no. 2, pp. 63–72, 2017.


Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 72 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.