TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1 PADA PT.DUNIA SAFTINDO

Hendry - Himayadi, Johanes Fernandes Andry

Abstract


PT.Dunia Saftindo adalah perusahaan yang bergerak di bisnis ritel yang berlokasi di Superblock Mega Kemayoran Jakarta Pusat. Perusahaan ini menjual berbagai alat kesehatan dan keselamatan seperti masker, tandu dan alat gas pemadam kebakaran. Masalah yang terjadi dalam organisasi adalah seringnya laporan gangguan kecil dari user ketika waktu kerja dan ada beberapa masalah yang tidak terlalu penting membuat departemen TI datang ke tempat untuk menyelesaikannya, dan sering kali serangan virus di seperti Denial Of Service (DOS) atau malware yang sering dikirim ke email perusahaan yang dapat mengganggu kinerja perusahaan. Sistem informasi audit dilakukan untuk mengetahui bagaimana perusahaan mengkoordinasikan kegiatan operasional dan mengelola masalah yang ada dengan mengevaluasi efektivitas sistem informasi. Penelitian ini menggunakan model  kerangka kerja COBIT 4.1 dengan sub-domain PO9, AI3, AI4, DS5. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa rata-rata sub-domain memiliki level kematangan Defined Process, artinya PT Dunia Saftindo memiliki tingkat kemampuan yang baik. Namun perlunya perhatian khusus pada bagian securitas untuk meingkatkan mutu dari sistem keamanan karena banyak serangan yang dilakukan dari pihak luar yang dapat mengganggu sistem operasional perusahaan dan untuk pengembangan bisnis diharapkan perusahaan dapat mengembangkan dengan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk meningkatkan mutu perusahaan serta mencegah terjadinya error untuk segala aktivitas operasional perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Istiatin., and Sudarwati. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Retail di Lottemart Surakarta. Jurnal Paradigma.

Soliha, E. (2008). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Fenny., and Andry, J, F. (2017). Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada PT. Aneka Solusi Teknologi. Seminar Nasional Sains dan Teknologi.

Anderson, R., Kevin., and Andry, J, F. (2018). Audit Aplikasi Inventori Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Store Nonna. IT Journal Research and Development.

Fauzan, R., and Latifah, R. (2015). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Untuk Mengontrol Manajemen Kualitas Menggunakan Cobit 4.1 Studi Kasus : PT Nikkatsu Electric Works. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Krisanthi, G, A, T., Sukarsa, I, M., and Bayupati, I, P, A. (2014). Governance Audit of Application Procurement Using Cobit Framework. Journal of Theoretical and Applied Information Technology.

Winalia., Renaldi, F., and Hadiana, A, I. (2017). Pengukuran Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Menggunakan Cobit 4.1 Pada Universitas Jenderal Achmad Yani. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Lesmono, I, D., and Erica, D. (2018 ). Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Metode Cobit 4.1 Studi Kasus: PT.IMI,” Jurnal Kajian Ilmiah.

Mohammadi, M, M., Ravasan, A, Z., and Hamidi, H. (2015). Investigating Critical Success Factors in Implementing ITIL Framework:The Case of a Developing Country. International Journal of Standardization Research.

Khther, R, A., and Othman, M. (2013 ). Cobit Frame Work as a Guideline of Effective IT Governance in Higher Education: a Review. International Journal of Information Technology Convergence and Services.

Zafarina, A, Y, M., and Mulyana, R. (2016). Analis dan Perancangan Tata Kelola TI Menggunakan Cobit 4.1 Domain Plan and Organise (PO) dan Acquire and Implement (AI): Studi Kasus PT XYZ. Jurnal Sistem Informasi.

Andry, J, F., Geasela, Y, M., Wailan, A., Matjik, B, A., Kurniawan, A., and Junior, J. (2018). Penggunaan Cobit 4.1 dengan Domain ME Pada Sistem Informasi Absensi Studi Kasus: Universitas XYZ. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer.

Arumanan, A., Rochim, A, F., and Windasari, I, P. (2014). Analis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Pada Fakultas Teknik UNDIP. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer.

Darwis, D., and Yuniarwati. (2016). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Sebagai Upaya Peningkatan Keamanan Data Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika.

Wisda. (2016). Pengukuran Tingkat Kematangan IT Governance Pada Layanan Akademik STMIK AKBA Dengan Framework Cobit 4.1 Studi Kasus : STMIK AKBA Makassar. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi.

Mesa, B, H., and Andry, J, F. (2018). Evaluasi Tingkat Efektivitas Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 5. Cogito Smart Journal.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.464

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.