METODE WATERFALL DALAM IMPLEMENTASI APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS DEKSTOP

Mely Mailasari, Erma Delima Sikumbang

Abstract


Untuk meningkatkan minat baca siswa, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) mengeluarkan program literasi yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, yang mengatur mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran sekitar 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Dengan adanya program ini, diharapkan agar perpustakaan yang berada dilingkungan sekolah menjadi lebih hidup. Kegiatan menghidupkan perpustakaan ini, tentunya akan mendorong pengadaan pustaka yang lebih banyak guna memperkaya koleksi perpustakaan, dan meningkatkan aktivitas peminjaman dan pengembalian pustaka. Sistem pendataan yang saat ini digunakan oleh SMP Negeri 12 Bekasi masih menggunakan media buku dan Microsoft Excel sebagai aplikasi (software) pembuat serta pencetak laporan bulanan dan tahunan. Hal ini, mengakibatkan berkurangnya efektivitas dan efisiensi terhadap layanan perpustakaan. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang terkomputerisasi dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak model waterfall. Menggunakan software XAMPP (paket PHP dan MySQL berbasis open source) sebagai database dan iReport 5.6.0 untuk mencetak kartu dan laporan yang diperlukan. Kemudian, mengimplementasikannya kedalam program desktop menggunakan bahasa pemrograman Java dengan software NetBeans IDE 8.1. Dengan adanya program yang terkomputerisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada perpustakaan SMP Negeri 12 Bekasi

Full Text:

PDF

References


F. Nugraha, “Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan,” J. Simetris, vol. 5, no. 1, pp. 27–32, 2014.

A. M. Saiful Nur Arif, Ayu Putri Wanda, “Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web Smk Swasta Brigjend Katamso Medan,” J. SAINTIKOM, vol. 12, no. 1, pp. 25–36, 2013.

A. B. Tjandrarini and J. Lemantara, “Pembuatan Prototipe Tempat dan Aplikasi Pengembalian Koleksi Perpustakaan Secara Mandiri,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, 2016.

R. Cahyaningtyas and I. Siska, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupatean Pacitan,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 2, pp. 15–20, 2015.

A. R. Putera and M. Ibrahim, “Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Perpustakaan SMP Negeri 1 Madiun,” DOUBLECLICK J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 57, 2018.

K. Wijaya, “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Java (Netbeans 7.3),” Sisfokom, vol. 08, no. 1, pp. 53–60, 2019.

A. Afriansyah, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Perpustakaan pada Politeknik Sekayu Menggunakan Pemrograman Java,” J. Tek. Inform. Politek. Sekayu, vol. III, no. 2, pp. 53–61, 2015.

A. Suwondo, “Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan di SMK Takhassus Kalibeber Wonosobo,” J. PPKM UNSIQ, pp. 31–39, 2014.

A. Kadir, Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

A. Satyaputra and E. M. Aritonang, Java for Beginners with eclipse 4.2 Juno. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.

R. Ariani, Sukamto, and M. Shalahuddin, Summary for Policymakers, vol. 53, no. 1. 2011.

M. Ichwan, Pemrograman Basis Data Delphi7 & MySQL. Bandung: Informatika, 2011.

W. Komputer, Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta: Mediakita, 2010.

Riyanto, Membuat Sendiri Aplikasi E-Commerce dengan PHP dan MySQL Menggunakan Codelgniter dan JQuery. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Supriyatno, Pemrograman Database Menggunakan Java & MySQL Untuk Pemula. Jakarta: Mediakita, 2010.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.466

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.