SISTEM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA PALEMBANG

Rahayu Amalia, Imam Solikin

Abstract


Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Palembang beralamat di Jalan Kapten A. Rivai No. 99 Palembang, BPN merupakan salah satu instansi pemerintah yang menangani pemohonan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Permasalah yang dihadapi karyawan BPN dalam Pemohon sertifikat PTSL yaitu pada bagian pendataan yang masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft excel bahkan ada data yang masih ditulis di kertas untuk rekap data hal tersebut menjadikan pekerjaan menjadi kurang efektif dan efesien karena kesuliatan dalam pendataan, pencarian data sampai kersulitan dalam pembuatan laporan. Solusi dari permasalah tersebut dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung kinerja karyawan, dengan membangun sistem PTSL berbasis teknologi informasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah linier sequensial model dengan beberapa tahap yang dilakukan antara lain formulasi, perencanaan, analisis, rakayasa, implementasi dan pengujian, dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem pendataan pemohon sertifikat PTSL pada BPN yang dapat memudahkan karyawan pekerja tidak tetap (PTT) dalam melakukan penginputan dan pencarian data sehingga dapat meningkatkan kinerja kerja karyawan PTT di BPN Kota Palembang.


Full Text:

PDF

References


W. Hidayat, “Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,” 2017.

M. P. Rakyat and R. I. MPR, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sekretariat tsb., 2006.

B. P. H. Nasional, “Hak Menguasai Negara di Bidang Pertanahan.” Jakarta, 2015.

D. Anastasia and L. Setiawati, “Sistem Informasi Akuntansi: Perancangan, Proses dan Penerapan,” CV. ANDI OFFSET. Yogyakarta, 2011.

M. A. Dita and I. W. Putra, “Pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja karyawan dengan integritas karyawan sebagai variabel pemoderasi,” E-Jurnal Akunt., pp. 614–640, 2016.

M. B. Romney and P. J. Steinbart, “Sistem informasi akuntansi,” Terjem. Dewi Fitriasari, dan Deny Aros Kewary, Ed. Sembilan, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta, 2004.

H. Sofyan, Y. Fauziah, and I. G. Y. Negara, “Pengembangan Aplikasi Layanan Pertanahan Berbasis Web pada Kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Badung,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015, vol. 1, no. 5.

B. Bahram, T. Taufiq, and R. Rahmi, “Aplikasi Permohonan Surat Izin Tempat Usaha Berbasis Web Di Kantor Kelurahan,” JUTISI, vol. 4, no. 1, 2015.

B. Waspodo, A. N. Fajar, and N. H. Prayitno, “Sistem informasi pelayanan izin mendirikan bangunan dan peruntukan penggunaan tanah pada badan penanaman modal dan pelayanan perizinan kabupaten sumedang,” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 8, no. 2, 2015.

F. E. Puspitasari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Sertipikasi Tanah Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen.” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2015.

I. Solikin, “DESAIN APLIKASI PEDATAAN PASIEN PADA PUSKESMAS TUGU JAYA KABUPATEN OKI,” J. Betrik, vol. 12, no. 3, pp. 166–174, 2017.

R. S. Pressman and R. P. Lunak, “pendekatan Buku 1.” Yoyakarta: Andi, 2015.

S. Tarsito, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,” Alf. Bandung, 2014.

D. F. Murad and N. Kusniawati, “Aplikasi Intelligence Website untuk Penunjang Laporan PAUD pada Himpaudi Kota Tangerang,” CCIT J., vol. 7, no. 1, pp. 44–58, 2013.

N. E. Cagiltay, G. Tokdemir, O. Kilic, and D. Topalli, “Performing and analyzing non-formal inspections of entity relationship diagram (ERD),” J. Syst. Softw., vol. 86, no. 8, pp. 2184–2195, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.471

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.