Implementasi Unified Modeling Language (UML) pada Perancangan Aplikasi WiFiTalkie Berbasis TCP/IP

Afrig Aminuddin

Abstract


Di dunia komunikasi analog kita mengenal perangkat yang bernama HT (Handy Talkie). Perangkat ini bekerja dengan menggunakan sinyal elektromagnetik pada frekuensi radio tertentu. Perangkat ini berfungsi sebagai pengirim dan penerima sinyal radio.Sinyal yang dikirimkan adalah sinyal suara yang telah diubah menjadi sinyal elektromagnetik. Untuk dapat berkomunikasi satu sama lain, maka harus ada kesepakatan antar pengguna untuk menyetel perangkatnya pada frekuensi yang sama. Salah satu kelemahan dari perangkat ini adalah kualitas suara yang cenderung noisy dan sangat bergantung pada kondisi cuaca. Dengan seiring teknologi semikonduktor yang berkembang pesat, terciptalah perangkat digital yang semakin bervariasi kegunaannya. Saat ini sudah banyak diciptakan perangkat digital yang dapat menggantikan perangkat analog secara keseluruhan. Sebagai contohnya adalah pesawat televisi. Pesawat televisi digital memberikan kualitas yang jauh lebih baik daripada perangkat televisi analog dengan ukuran yang jauh lebih ramping. Contoh yang lain saat ini tersedia smartphone yang memiliki fitur yang sangat lengkapyang tertanam pada perangkat yang berukuran relatif kecil. Salah satu fiturnya adalah wifi. Dengan fitur ini sebuah smartphone dapat terhubung satu sama lain, bahkan dapat terhubung dengan internet dengan mudahnya. Dalam rangka digitalisasi perangkat analog dan tersedianya fiturwifidi dalam smartphone ini, maka diciptakan sebuah aplikasi WiFiTalkie. Cara kerjanya yaitu smartphone akan mengirimkan sinyal suara dengan memanfaatkan teknologi TCP/IP melalui jaringan wifi, kemudian smartphone yang lain di dalam network yang sama menerima sinyal ini dan memprosesnya kembali menjadi sinyal suara. Aplikasi ini dibangun dengan mengimplementasikan metode perancangan Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas suara yang dihasilkan oleh WiFiTalkie jauh lebih baik daripada HT yang berbasis pada sinyal analog.


Full Text:

PDF

References


A. Aminuddin, W. Widyawan, and R. Ferdiana, “Analisis Performa Audio Codecpada Implementasi Voice Over IP (VOIP),” Semnasteknomedia Online, vol. 4, no. 1, pp. 19–23, 2016.

J.-M. Valin, K. Vos, and T. Terriberry, “Definition of the Opus audio codec,” 2012.

A. Rämö and H. Toukomaa, “Voice quality characterization of IETF Opus codec,” in Twelfth Annual Conference of the International Speech Communication Association, 2011.

A. Aminuddin, W. Widyawan, and R. Ferdiana, “Perancangan Protokol Hybridpada Implementasi Voice Over IP (VOIP) Berbasis TCP/IP,” Semnasteknomedia Online, vol. 4, no. 1, pp. 13–17, 2016.

B. J. Cox, “Object-oriented programming: an evolutionary approach,” 1986.

M. Huda, Membangun Aplikasi Database. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2010.

E. Triandini and I. G. Suardika, Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Penerbit Andi, 2012.

M. Grechanik, K. S. McKinley, and D. E. Perry, “Recovering and using use-case-diagram-to-source-code traceability links,” in Proceedings of the the 6th joint meeting of the European software engineering conference and the ACM SIGSOFT symposium on The foundations of software engineering, 2007, pp. 95–104.

N. Artina, “Penerapan Analisis Kebutuhan Metode Use Case pada Metode Pengembangan Terstruktur,” @ lgoritma, vol. 2, no. 3, pp. 1–6, 2006.

R. M. Bastos and D. D. A. Ruiz, “Extending UML activity diagram for workflow modeling in production systems,” in Proceedings of the 35th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2002, pp. 3786–3795.

L. P. Dewi, U. Indahyanti, and Y. Hari, “Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Activity Diagram UML dan BPMN (Studi Kasus Frs Online),” in Seminar Nasional Teknik Industri Waluyo Jatmiko V. Surabaya, 2012.

H. C. Purchase, L. Colpoys, M. McGill, D. Carrington, and C. Britton, “UML class diagram syntax: an empirical study of comprehension,” in Proceedings of the 2001 Asia-Pacific symposium on Information visualisation-Volume 9, 2001, pp. 113–120.

P. Sulistyorini, “Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose,” Dinamik, vol. 14, no. 1, 2009.

X. Li, Z. Liu, and H. Jifeng, “A formal semantics of UML sequence diagram,” in 2004 Australian Software Engineering Conference. Proceedings., 2004, pp. 168–177.

A. Nugroho, rekayasa perangkat lunak menggunakan UML dan JAVA. Penerbit Andi, 2009.

A. Aminuddin, “Analisis dan Desain Aplikasi DigiTalkie Berbasis TCP/IP,” Universitas Gadjah Mada, 2017.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i2.484

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.