Penggunaan Algoritma Sorting Bubble Sort Untuk Penentuan Nilai Prestasi Siswa

Indra Gunawan, Sumarno Sumarno, Heru Satria Tambunan

Abstract


Di dalam penilaian prestasi siswa, dibutuhkan banyak hal yang akan dilakukan untuk membuat sebuah pengujian dari masing-masing siswa, sehingga dapat dihasilkan nilai akhir yang dapat dijadikan penilaian prestasi siswa. Dalam hal ini, melakukan mengurutan data pasti selalu dilakukan, terutama dibidang pendidikan seperti sekolah. Biasanya dalam melakukan pengurutan data berupa prestasi siswa di sekolah membutuhkan waktu dan beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, hal ini sering membutuhkan waktu yang begitu lama karena banyaknya jumlah siswa dan kelas dari dari sebuah sekolah, terutama di sekolah swasta. Untuk itu, dalam melakukan pengurutan data, bisa juga menggunakan sebuah algoritma atau metode yang dapat mempermudah proses sebuah penilaian prestasi siswa. Algoritma bubble sort merupakan beberapa dari metode yang dapat digunakan untuk melakukan pengurutan data. Algoritma ini dapat melakukan perbandingan data dari yang maksimal ke minimal maupun sebaliknya, sehingga ketentuan dari nilai yang ingin diperoleh dapat langsung ditentukan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Dengan menggunakan Algoritma Bubble sort, dapat mempermudah dan meringankan tugas guru dalam melakukan pengurutan data prestasi dari siswa, sebelum data tersebut dicetak kedalam raport siswa. Hasil akhir dari penggunakaan algoritma ini bisa dijadikan sebagai patokan bagi seorang guru untuk membuat laporan akhir dari penilaian prestasi siswa.


Full Text:

PDF

References


Sitepu, R. R., et all. “Implementasi Algoritma Bubble Sort dan Selection Sort Menggunakan Arraylist Multidimensi Pada Pengurutan Data Multi Prioritas”. Jurnal Komputasi, Vol. 5, No. 1, 2017, pp. 81-87.

Sumarno., et all. “Analisis Kinerja Kombinasi Algoritma Message-Digest Algorithm 5 (MD5), Rivest Shamir Adleman (RSA) dan Rivest Cipher 4 (RC4) Pada Kemanan E-Dokumen”. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), Vol. 2, No. 1, Juli 2018, pp. 41-48.

N. Usman, “Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum”. Yogyakarta ; Media Informasi, pp. 70, 2002.

Gunawan, I. “Penggunaan Brute Force Attack Dalam Penerapannya Pada Crypt8 dan RSA Rainbow Toll Untuk Mencari BISS”. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan (InfoTekJar), Vol 1. No. 1, September, pp. 52-55.

Gunawan, I., “ Fungsi Algoritma RSA Untuk Memodifikasi dan Meningkatkan Pengamanan Acakan BISS”. Journal Of Computer Engineering System and Sciene (CESS), Vol. 3, No. 2, Juli 2018, pp. 62-68.

Sonita, A., Nurtaneo, F. “Analisis Perbandingan Algoritma Bubble Sort, Merge Sort, dan Quick Sort Dalam Proses Pengurutan Kombinasi Angka dan Huruf”. Jurnal Pseudecode, Vol. II, No. 2, September 2015, pp. 75-80.

H. Harsono. “Implementasi Kebijakan dan Politik”. Jakarta ; Grafindo Jaya, p. 67, 2002.

Ahmad. A., et all. “Analisis Jaringan Syaraf Tiruan Metode Backpropogation Dalam Memprediksi Ketersidaan Komoditas Beras Berdasarkan Provinsi Di Indonesia”. Jurnal Rekayasa Sistem Komputer (RESISTOR), Vol 2. No. 1, April 2019, pp. 48-60

Tambunan, H. S., “Optimasi Algoritma Shell Sort Dalam Pengurutan Data Huruf dan Angka”. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), Vol. 2, No. 1, Juli 2018, pp. 23-27

Sianipar, K. D. R., et all. “Pengamanan File Gambar Menggunakan Fungsi Algoritma Steganografi LSB Dari Serangan Brute Force”. E-Jurnal Teknik Informatika (TECHSI), Vol. 10, No. 1, April 2018, pp. 155-162.

Kumalasari, D., “Analisa Perbandingan Kompleksitas Algoritma Bubble Sort, Cocktail Sort dan Comb Sort dengan bahasa Pemrograman C++”. Jurnal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi (SPEED), Vol. 9, No. 2, 2017, pp. 1-7.

Rachmat, N., “Perbandingan Bubble Sort, Shell Sort, dan Kombinasi Bubble Sort dengan Shell Sort”. Jurnal JUSIKOM, Vol. 3, No. 1, Juni 2018, pp. 59-64.

R. Rheinadi,. “Strategi Algoritmik”. Makalah Institut Teknologi Bandung, 2009.

B. Salam. “Cara belajar yang sukses di Perguruan Tinggi”. Jakarta : PT. Renika Cipta, pp. 121, 2004.

D. Kamars. “Sistem Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi suatu Studi Perbandingan antara Beberapa Negara”. Jakarta : Dirjen Perguruan Tinggi, pp. 103. 1989.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i2.493

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.