RANCANG BANGUN VISUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK

Sam'ani -, Muhammad Haris Qamaruzzaman

Abstract


Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran diperlukan penggunaan teknologi informasi dalam media pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi dan media dalam pembelajaran dapat membentuk atmosfer pembelajaran di mana siswa dapat aktif berpartisipasi. Saat ini, anak-anak sudah semakin familiar dan lekat dengan yang namanya smartphone ataupun tablet. Perkembangan teknologi piranti mobile yang didukung oleh internet dengan dukungan salah satu sistem operasi mobile yang sangat populer yaitu android, menciptakan akses di setiap waktu dan tempat. Peranti mobile menjadi semakin pintar dan dibutuhkan pada setiap bidang tidak terkecuali bidang Pendidikan bagi anak. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana menghasilkan visualisasi pembelajaran berbasis android bagi anak-anak usia 6 – 8 tahun. Permodelan pengembangan perangkat lunak menggunakan Waterfall yang terdiri dari tahap proses perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Permodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Sistem dikembangkan dengan menggunakan Eclipse sebagai tools pengembangan aplikasinya. Sistem yang dihasilkan akan menyajikan pembelajaran mengenalkan huruf, angka, warna, buah, sayuran, hewan, pekerjaan, kendaraan dan disertai kuis tebak gambar secara visual dan multimedia sehingga dapat membantu merangsang otak anak-anak usia 6 – 8 tahun yang masih sangat peka terhadap apa yang dilihat dan didengarnya.


Full Text:

PDF

References


D. Irsa, R. Wiryasaputra, and S. Primaini, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( LCM ) Berbasis Android,” Inform. Glob., vol. 6, no. 1, pp. 7–14, 2015.

Sam’ani and M. H. Qamaruzzaman, “Rancang Bangun Aplikasi Kamus Kahayan – Indonesia – Ma’ayan Berbasis Web,” Sistemasi, vol. 8, no. 1, pp. 55–61, 2019.

A. S. Afrizal, “Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar Kelas I (Satu),” Tek. Inform., vol. III, no. 2, pp. 10–21, 2015.

Sujiono and Y. N, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS, 2013.

D. Marsa and Sardiarinto, “Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Melalui Aplikasi Edukasi Berbasis Android,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2013 (SENTIKA 2013), vol. 2013, pp. 156–162, 2013.

I. S. A. Mukti, A. S. M. Lumenta, and B. A. Sugiarso, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Umur 6 – 9 Tahun Berbasis Android,” Multimedia, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2016.

M. A. Syakur and D. R. Anamisa, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 1, 2018.

Guritno, Suryo, Sudaryono, and R. Untung, Theory and Application of IT Research. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Supardi, Semua Bisa Menjadi Programer Android-Basic. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.

I. Sommerville, Softaware Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). US: Lancaster, 2003.

Sundari and D. Wahyuningsih, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf , Angka , Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android,” Sisfokom, vol. 04, no. 01, pp. 56–60, 2015.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu Edisi 7). Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

M. H. Qamaruzzaman and Sam’ani, “Aplikasi Penuntun Shalat Sunnah Berbasis Android,” SAINTEKOM, vol. 6, no. 2, pp. 47–52, 2016.

Sam’ani, “Rancang Bangun Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Komputer Laboratorium Multimedia STMIK Palangkaraya,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 33–38, 2018.

D. W. Brata, B. Santoso, J. C. Beck, and M. Wade, “Pembelajaran Matematika Dengan Operator Dasar Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile,” Ilm. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 46–50, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.518

Article Metrics

Abstract view : 663 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://journals.uol.edu.pk/sugar-rush/http://mysimpeg.gowakab.go.id/mysimpeg/aset/https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/plugins/https://ppid.cimahikota.go.id/assets/demo/https://journals.zetech.ac.ke/scatter-hitam/https://silasa.sarolangunkab.go.id/swal/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/sthai/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/stoto/https://alwasilahlilhasanah.ac.id/starlight-princess-1000/https://www.remap.ugto.mx/pages/slot-luar-negeri-winrate-tertinggi/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/sgacor/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/images/qrcode/slot-dana/https://siipbang.katingankab.go.id/storage_old/maxwin/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/img/cover/10k/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/app/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/idn/