OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI ROTI UD PRIMA SARI MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY

loneli costaner

Abstract


Logika fuzzy merupakan salah satu metode yang dapat memebantu permasalah manusia, baik sekala kecil menengah maupun tingkat tinggi. Logika fuzzy termasuk bagian dari keilmuan kecerdasan buatan yang dapat mengolah data dengan mempresentasikan seperti otak manusia. Metode logika fuzzy sering digunakan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan optimasi maupun prediksi. Dalam pengolahan data dalam inferensi fuzzy dapat mengenali data data kegiatan yang sudah lama seabagai standar pengambilan keputusan yang akan datang, salah satunya untuk mengoptimasi jumlah produksi dari permintaan permintaan sebelumnya. Mengoptimasi jumlah produksi roti dapat memberikan perkiraan berapa jumlah produksi yang akan dihasilkan guna memenuhi permintaan. UD Prima Rasa salah satu Usaha Dadang perorangan dipekanbaru yang memproduksi roti setiap harinya guna memenuhi permintaan pelanggan, hal ini membuat produksi harus dikelola dengan baik agar tidak salah perkiraan dalam menghasilkan roti. Permintaan yang bisa naik dan juga bisa turun terkadang membuat UD Prima Rasa kewalahan dalam memenuhi proses produksi karena tidak mengetahui dengan pasti berapa yang seharusnya maksimal roti yang harus diproduksi agar tidak terjadi kekurangan yang mengakibatkan lambatnya pendistribusian terlambat dan kue tidak lama tersimpan digudang tempat penyimpanan. Metode penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya identifikasi masalah, menganalisa masalah, mengumpulkan data, memberikan inferensi sistem fuzzy, menguji dan mengevaluasi


Full Text:

PDF

References


S. Deny, “Pertumbuhan Omzet Industri Roti di Atas,” liputan6, 2018. .

B. W. Ziliwu, “Analisis Sistem Estimasi Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Web,” TESLA, vol. 19, no. 1, hal. 12–22, 2017.

F. Sari, “Logika Fuzzy Dalam Optimasi Produksi Menggunakan Metode Sugeno,” JUTEKINF, vol. 2, no. 1, hal. 11–16, 2015.

F. A. Minarni, “Prediksi Jumlah Produksi Roti Menggunakan Metode Logika Fuzzy,” TEKNOIF, vol. 4, no. 2, hal. 59–65, 2016.

Rahmaddeni, “Penerapan Fuzzy Logic Dalam Menganalisis Tingkat Pendapatan Akhir Konsultan Produk Multi Level Marketing ( Studi Kasus : Pt . Orindo Alam Ayu Cabang Pekanbaru ),” Sains, Teknol. dan Ind., vol. 11, no. 2, hal. 192–199, 2014.

A. Mulyanto dan A. Haris, “Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Jumlah Jam Overtime Pada Produksi Barang di PT Asahi Best Base Indonesia ( ABBI ) Bekasi Abstrak,” Inform. SIMANTIK, vol. 1, no. 1, hal. 1–11, 2016.

M. Afif, H. Haryanto, Y. Rahayu, dan E. Mulyanto, “Prediksi Jumlah Produksi Tas Pada Home Industri Body Star Kudus Menggunakan Fuzzy Tsukamoto,” SISFOTENIKA, vol. 7, no. 2, hal. 119–130, 2017.

T. B. Donda, C. E. J. C. Montolalu, dan A. J. Rindengan, “Prediksi Jumlah Produksi Mebel Pada CV . Sinar Sukses Manado Menggunakan Fuzzy Inference System,” deCartesian, vol. 7, hal. 29–34, 2018.

R. Aulia dan M. Zarlis, “Optimasi Kontrol Motor Induksi Menggunakan Metode Fuzzy Dan Algoritma Genetika,” SINKRON, vol. 1, no. April 2017, hal. 52–57, 2019.

B. Fechera, J. Kustija, dan S. Elvyanti, “Optimasi Penggunaan Membership Function Logika Fuzzy Pada Kasus Identifikasi Kualitas Minyak Transformator,” ELECTRANS, vol. 11, no. 2, hal. 27–35, 2012.

D. Kurnianingtyas, W. Firdaus Mahmudi, dan A. Wahyu Widodo, “Optimasi Derajat Keanggotaan Fuzzy Tsukamoto Menggunakan Algoritma Genetika Untuk Diagnosis Penyakit Sapi Potong,” JTIIK, vol. 4, no. 1, hal. 8–18, 2017.

R. Siringoringo dan Z. Situmorang, “Optimasi Fungsi Keanggotaan Fuzzy Berbasis Algoritma Modified Particle Swarm Optimization,” KOMPUTA, vol. 3, no. 2, hal. 10, 2014.

L. Primadani, YS.Palgunadi, dan B. Harjito, “Optimasi Produksi Menggunakan Algoritma Fuzzy Linear Programming ( Studi Kasus : Produksi Tas UKM Cantik Souvenir ),” ITSMART, vol. 4, no. 2, hal. 63–72, 2015.

H.R.Sanabila, Rochmatullah, dan W.Jatmiko, “Optimasi Fuzzy Learning Vector Quantization Untuk Sistem Pengenalan Aroma Campuran,” Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 53–61, hal. 9, 2015.

W. T. Priyo, “Penerapan Logika Fuzzy Dalam Optimasi Produksi Barang Menggunakan Metode Mamdani,” Soulmath, vol. 5, no. 1, hal. 14–21, 2017.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.537

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.