PENERAPAN WAITING LINE METHOD DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL PELAYANAN REKAM MEDIS BERDASARKAN NOMOR PENDAFTARAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS)

Muntahanah Muntahanah, Yulia Darnita, Yulia Rahmi

Abstract


Proses rekam medis yang ada pada Puskesmas Perawatan Mangun Harjo Kota Madya Lubuk Linggau masih menggunakan pencatatan manual. Karena keterbatasan sumber daya manusia, puskesmas tersebut hanya memiliki satu staf di bagian registrasi dan satu dokter.Untuk mengetahui tingkatkesibukan di puskesmas tersebut, penulis menggunakan algoritma waiting line. Antrian (Waiting Line atau Quenue) adalah sebuah situasi yang umum.Waiting Line Method sangat berguna untuk menganalisa bentuk panjang antrian, rata-rata waktu pelayanan, rata-rata waktu menunggu.Antrian (Waiting Line atau Quenue) adalah sebuah situasi yang umum.Waiting Line Method sangat berguna untuk menganalisa bentuk panjang antrian, rata-rata waktu pelayanan, rata-rata waktu menunggu, kedatangan pelanggan kedalam suatu sistem dan waktu layanan untuk pelanggan tersebut tidak dapat diatur dan diketahui waktunya secara tepat, namun sebaliknya fasilitas operasional dapat diatur sehingga dapat mengurangi antrian. Hasil pengujian Jumlah Rata-Rata Kedatangan Pasien =16.67, Jumlah kedatangan pasien yang diharapkan menunggu dalam antrian (Waiting Line) sebanyak =1.62, Berdasarkan tingkat intensitas fasilitas pelayanan dokter adalah =61.67%, Jumlah rata-rata kedatangan pasien yang diharapkan dalam sistem sebanyak =3.33, Waktu yang diharapkan oleh setiap kedatangan pasien untuk masuk dalam antrian (Waiting Line) adalah =2.71 menit, Waktu yang diharapkan oleh setiap kedatangan pasien untuk menunggu dalam antrian (Waiting Line) adalah =0.16 menit dan Waktu yang diharapkan setiap kedatangan pasien selama dalam pelayanan adalah =0.12 menit, Algoritma ini memberikan minimum waiting time untuk kumpulan proses yang mengantri dan Mekanisme yang simple sehingga bisa melakukan proses lebih cepat.


Full Text:

PDF

References


Indonesia, Konsil Kedokteran. "Manual rekam medis." Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia (2006).

Wati, Risa. "Sistem Antrian Pelayanan Pasien pada Puskesmas Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan dengan Menggunakan Metode Waiting Line." Jurnal Techno Nusa Mandiri 14.2 (2017): 91-96.

Kristiyanti Dinar Ajeng (2018), Penerapan Metode Waiting lLne untuk Evaluasi Pelayanan Penjualan Merchandise Kampus pada PT. Come Indonusa Jakarta, Jurnal PILAR Nusa Mandiri Vol. 14, No. 1.

HAPSARI, Paramita Nurul, and Bambang Munas DWIYANTO. Penerapan Metode Waiting Line Untuk Meningkatkan Layanan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Pos Indonesia Persero Cabang Sisingamangaraja Semarang). Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2013.

Abdussamad,Yuriko. 2006. SistemPelayananAdministrasi. UniversitasNegeriGorontalo. Sulawesi

Suryani, Wan. "Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada rumah sakit umum Pirngadi Medan." Jurnal Implementasi Ekonomi dan Bisnis 4.1 (2015): 819-838.

SuryantodanSutopo. 2003.Pelayanan Prima. LAN-RI. Jakarta.

Murdani, eti. Pengembangan sistem informasi rekam medis rawat jalan untuk mendukung evaluasi pelayanan di rsu bina kasih ambarawa (Information System Development of Outpatient Medical Record to Support Evaluation of Services at Bina Kasih Public Hospital, Ambarawa). Diss. program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2007.

Wijaya, lily.2001. ManajemenRekamMedisdanInformasiKesehatan. IARMIK INDONUSA. Jakarta

Yayan Bagus Saputro (2017), Sistem Rekam Medis Rawat Jalan Pada Puskesma Spembantu Sukorejo Di Kabupaten Nganjuk, Artikel Skripsi, Fakultas Teknik – Prodi Sistem Informasi, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Tambunan, Vellina, and Nenik Woyanti. Analisis pengaruh pendidikan, upah, insentif, jaminan sosial dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja di Kota Semarang (Studi kasus Kec. Banyumanik dan Kec. Gunungpati). Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2012.

Indonesia, Republik. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Timur Putra Mandiri, 2004.

Tjiptonofandy.Dan Diana Anastasia, 2001, Total Quality Manajement, EdisiRevisi.

Oktaviani, Anggi. "Penerapan Metode Waiting Line Untuk Peningkatan Pelayanan Antrian Pelanggan Kajian Teknologi Informasi." Jurnal Techno Nusa Mandiri 11, no. 1 (2014): 86-95.

Firdaus, Ahmad. "Analisismodel Antrianpada Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus Pengisian Bahan Bakar Pada Spbu Kota Jambi)." J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 1.1 (2016): 1-7.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.554

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.