PEMODELAN REKOMENDASI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH SEMENTARA MENGGUNAKAN FUZZY OVERLAY DI KABUPATEN SEMARANG

Charitas Fibriani, Gandhi Alip Wijayanto

Abstract


Penelitian ini memberikan rekomendasi pembangunan tempat pembuangan sampah sementara kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang yang akan digunakan sebagai rencana pembangunan Tempat Pembangunan Sampah Sementara Kabupaten Semarang. Dinas terkait mengalami kendala menentukan lokasi untuk pembangunan lokasi Tempat Pembangunan Sampah Sementara karena pembangunan sekarang berdasarkan permintaan dari masyarakat setempat. Hal ini dinilai pembangunan yang tidak optimal untuk beberapa tahun mendatang dan akan memperlambat truk sampah yang berjumlah terbatas dalam menjalankan tugasnya mengingat setiap tahun Dinas Lingkunga Hidup membangun beberapa Tempat Pembangunan Sampah Sementara. Sistem Informasi Geografi dapat digunakan untuk menganalisis data spasial lokasi yang cocok untuk pembangunan Tempat Pembangunan Sampah Sementara. Menggunakan metode fuzzy overlay yang mengeksekusi fuzzy logic, dengan metode ini dapat menjembatani data yang bersifat fuzzy dapat digunakan bahasa mesin untuk berhitung. Proses fuzzification digunakan untuk mengetahui nilai keanggotaan variabel dengan parameter yang telah ditentukan, dilanjutkan menggunakan fuzzy overlay operasi AND yang menganalisis hasil fuzzification memenuhi semua kriteria yang telah ditentukan. Analisis tersebut menghasilkan peta lokasi rekomendasi untuk pembangunan Tempat Pembangunan Sampah Sementara yang memenuhi semua kriteria yang telah ditentukan.


Full Text:

PDF

References


V. Akbari and S. H. Chavoshi, “Landfill site selection by combining GIS and fuzzy multi criteria decision analysis , case study : Bandar Abbas , Iran Landfill Site Selection by Combining GIS and Fuzzy Multi Criteria Decision Analysis , Case Study : Bandar Abbas , Iran,” no. May 2014, 2008.

Anonim, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2008 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH,” Jakarta, 2008.

P. K. Semarang, “Geografi dan Topografi Kabupaten Semarang,” 27 Juni, 2011. [Online]. Available: http://www.semarangkab.go.id/utama/selayang-pandang/kondisi-umum/geografi-topografi.html.

D. L. H. K. Semarang, “Dinas Lingkungan Hidup Kab. Semarang,” 2018. [Online]. Available: http://dlh.semarangkab.go.id/.

D. L. H. K. Semarang, “SAMPAH PEMPERS BUTUH PERHATIAN SERIUS,” 2018. [Online]. Available: http://dlh.semarangkab.go.id/?p=2442.

Anonim, “SNI 19-3241-1994 tentang Tata Cara Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah,” Jakarta, 1994.

E. Budiayanto, Sistim Informasi Geografis dengan ArcView GIS. yogyakarta: Penertbit Andi, 2009.

G. Adzan and P. Danoedoro, “PENGGUNAAN LOGIKA FUZZY DALAM PEMODELAN SPASIAL KERENTANAN DBD DI KOTA YOGYAKARTA,” J. Bumi, vol. 1, pp. 59–70, Jan. 2012.

P. Baidya et al., “Effectiveness of Fuzzy Overlay Function for Multi-Criteria Spatial Modeling—A Case Study on Preparation of Land Resources Map for Mawsynram Block of East Khasi Hills District of Meghalaya, India,” J. Geogr. Inf. Syst., vol. 06, pp. 605–612, Jan. 2014.

O. D. Anggraini and B. Rahardyan, “Pemilihan Calon Lokasi TPA Dengan Metode Gis Di Kabupaten Bandung Barat,” J. Progr. Stud. Tek. Lingkung., 2009.

Hasibuan Putra Amantha , Tarigan Ahmad Perwira Mulia and Nasution Zaid Perdana, “STUDI PEMILIHAN LOKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) SAMPAH DENGAN METODE SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KOTA TEBING TINGGI,” J. Tek. Sipil USU, no. 19, pp. 1–9, 2008.

A. Naba, tutorial cepat & mudah fuzzy logic dengan matlab. yogyakarta: andi, 2009.

T. J. Ross, FUZZY LOGIC WITH ENGINEERING ENGINEERING Third Edition, 3rd ed. Chickchester: John Wiley & Sons Ltd, 2010.

ArcGIS, “How Fuzzy Overlay works,” 2016. [Online]. Available: https://desktop.arcgis.com/en/arcmap/10.3/tools/spatial-analyst-toolbox/how-fuzzy-overlay-works.htm.

D. Gumelar, Data Spasial. Bandung: IlmuKomputer.com, 2007.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.571

Article Metrics

Abstract view : 851 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://journals.zetech.ac.ke/scatter-hitam/https://silasa.sarolangunkab.go.id/swal/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/sthai/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/stoto/https://alwasilahlilhasanah.ac.id/starlight-princess-1000/https://www.remap.ugto.mx/pages/slot-luar-negeri-winrate-tertinggi/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/sgacor/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/images/qrcode/slot-dana/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/img/cover/10k/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/app/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/idn/