ANALISIS USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PORTAL SATUAN PENGAWAS INTERNAL PERUSAHAAN ASURANSI NASIONAL DENGAN METODE EVALUASI HEURISTIK

Regy Dwi Septian, Dewi Agushinta R

Abstract


Salah satu kebutuhan yang sangat penting saat ini dalam mendukung kinerja suatu perusahaan atau institusi adalah Teknologi Informasi (TI), karena dengan kemajuan dari teknologi informasi dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu proses bisnis perusahaan tersebut. TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Indonesia saat ini tengah memasuki revolusi industri 4.0, semua kebutuhan dasar berkaitan erat dengan kemajuan teknologi. Dalam perkembangannya evaluasi kualitas teknologi diperlukan agar tercapai kualitas yang layak bagi pengguna teknologi. Untuk itu diperlukan berbagai atribut pengukuran. Usability dapat digunakan dalam analisis kualitatif kemudahan user menggunakan user interface suatu software termasuk website. Usability suatu software dapat ditentukan berdasarkan efektivitas, efisiensi, dan pemenuhan kebutuhan atau kepuasan user. Salah satu model yang dapat mendukung pengukuran usability adalah model Nielsen. Usability suatu software dapat juga didukung oleh penilaian user interface experts dengan metode yang disebut Heuristic Evaluation. Sistem Informasi Portal Satuan Pengawas Internal (SILPI) sebagai suatu web service dalam pengolahan data temuan Satuan Pengawas Internal perusahaan asuransi nasional perlu dilakukan pengukuran kualitas terhadap web service tersebut.

 

Kata Kunci : Heuristic Evaluation, SILPI, SPI, Usability


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

E. Wainright E. Martin, Carol V Brown, Daniel W DeHayes, Jeffrey A Hoffer, William C Perkins. (2002). Managing Information Technology 4th Edition. ISBN-13: 978-0130646361. Prentice Hall. New Jersey.

Davies. (2015). European Parlimentary Research Service. Members’ Research Service PE 568.337. R. EPRS.

J. Tian. (2005). Software Quality Engineering: Testing, Quality Assurance, and Quantifiable Improvement. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey.

ISO. 9241-11. (1998). “ISO 9241 Part 11: Guidance on Usability.” [Online]. Available: https://www.userfocus.co.uk/resources/iso9241/part11.html [Accessed: 06-Agustus-2019]

J. Nielsen, (1995). “101 Introduction to Usability”. Januari. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/. [Accessed: 06-Agustus-2019]

Republik Indonesia.(2003). Undang-undang No.19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara. Sekretariat Negara. Jakarta.

Agoes, Sukrisno. (2012). Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik Jilid Dua, Edisi Ketiga. Penerbit FEUI. Jakarta.

Azwar, Saifudin. (1997). Realibilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. .Badan penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Sukarjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.

Wahono, Romi Satria. (2006). Teknik Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak. http://romisatriawahono.net/2006/06/05/teknik-pengukuran-kualitas perangkat-lunak/ (diakses tanggal 6 Agustus 2019).

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. PT.Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.574

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.