PERBANDINGAN TINGKAT USABILITY GOOGLE CLASSROOM BERDASARKAN PERSPEKTIF TEACHERS PADA PERGURUAN TINGGI

Lilis Dwi Farida, Heri Sismoro

Abstract


E-Learning merupakan aplikasi teknologi informasi yang berbasis elektronik melalui jaringan internet yang dirancang untuk keperluan pembelajaran. Saat ini hampir semua sekolah tinggi telah memanfaatkan e-Learning dalam proses pembelajaran. Google merupakan perusahaan besar yang menawarkan fasilitas Google for Education, dengan salah satu produknya adalah google classroom. Google classroom dapat membantu students dan teachers untuk mengorganisasi penugasan, mendukung kolaborasi, dan membantu komunikasi yang lebih baik. Ketersediaan google classroom pada sisi students dan teachers belum sepenuhnya membuat aplikasi digunakan. Penerimaan students dianggap tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara itu, performa memiliki pengaruh terhadap tingkat penerimaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat usability penggunaan google classroom di lingkungan Perguruan Tinggi melalui perspektif teacher pada Universitas XYZ. Penggunaan google classroom diimplementasikan melalui website desktop dan aplikasi mobile. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa google classroom yang diakses melalui website desktop mendapatkan nilai 86, yang berarti acceptable, adjective range dinilai excellent, grade scale berada pada level B. Sementara yang diakses melalui aplikasi mobile mendapatkan nilai 76, dengan penerimaan acceptable, nilai adjective range adalah good, dan grade score pada level C.

Kata Kunci: e-Learning, google classroom, usability.


Full Text:

PDF

References


B. R. Suteja and Dkk, “Personalization Sistem E-Learning Berbasis Ontology,” MAKARA Sci. Ser., vol. 14, no. 2, pp. 192–200, 2010.

M. Purba, L. L. Tarigan, and D. E. B. Jabat, “Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web,” Inf. dan Teknol. Ilmiah(INTI), vol. 1, 2013.

A. O. Elfaki, Y. Duan, R. Bachok, W. Du, G. Johar, and S. Fong, “Towards Measuring of E-Learning Usability through User Interface,” Int. Conf. Adv. Appl. Informatics, vol. Second, no. IIAI, pp. 192–194, 2013.

A. Izenstark and K. L. Leahy, “Google Classroom for Librarians : Features and Opportunities,” Libr. Hi Tech News, vol. 32, no. 9, pp. 1–3, 2015.

Google, “Google for Education.” .

A. Gordillo, E. Barra, S. Aguirre, and J. Quemada, “The Usefulness of Usability and User Experience Evaluation methods on an e-Learning platform development from a developer ’ s perspective : A case study,” 2014.

W. E. Afrianti, “Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Akuntasi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia),” Fak. Ekon. Univ. Islam Indones., 2018.

Y. M. Lim, A. Ayesh, and M. Stacey, “The Effects of Menu Design on Users’ Emotions , Search Performance and Mouse Behaviour,” Int. Confrence Cogn. Comput., pp. 541–549, 2014.

S. Walker, D. Prytherch, and J. Turner, “The Pivotal Role of Staff User Experiences in Moodle and the Potential Impact on Student Learning,” Birmingham City Universirty, pp. 192–197, 2013.

H. B. Santoso, R. Y. K. Isal, T. Basaruddin, L. Sadita, and M. Schrepp, “Research-in-progress: User Experience Evaluation of Student Centered E-Learning Environment for Computer Science Program,” 2014 3rd Int. Conf. User Sci. Eng., pp. 52–55, 2014.

S. Hemrungrote and P. Jakkaew, “Deployment of Google Classroom to Enhance SDL Cognitive Skills : A Case Study of Introduction to Information Technology Course,” Int. Conf. Digit. Arts, Media Technol., pp. 0–4, 2017.

Usability.gov, “System Usability Scale (SUS),” 2019. [Online]. Available: https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html. [Accessed: 20-Jun-2019].

J. Brooke, “SUS: a retrospective,” J. Usability Stud., vol. 8, pp. 29–40, 2013.

U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “System Usablity Scale VS Heuristic Evaluation : A Review,” SIMETRIS, vol. 10, no. 1, pp. 65–74, 2019.

A. Bangor, P. Kortum, and J. Miller, “Determining What Individual SUS Scores Mean : Adding an Adjective Rating Scale,” J. Usability Stud., vol. 4, no. 3, pp. 114–123, 2009.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.575

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.