EKSTRAKSI DATA PRODUK E-MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI PENGOLAHAN SEGMENTASI PASAR MENGGUNAKAN WEB CRAWLER

Ade Surahman, A Ferico Octaviansyah, Dedi Darwis

Abstract


Keadaan Pasar adalah suatu hal yang akan memberikan manfaat yang berharga untuk meningkatkan produktivitas penjualan suatu produk baik secara konvensional maupun secara online, data peta e-commerce indonesia pada kuartal ke 2 (dua) meperlihatkan bahwa peningkatan penjualan barang dan jasa secara online meningkat, dilihat dari 3 (tiga) besar e-marketplace yaitu tokopedia, shopee dan bukalapak, kemudian di sertai aktivitas e-commerce di indonesia pada januari 2019 untuk pembelian produk atau jasa online sebesar 86 %, artinya aktivitas sebesar 86% akan membeli produk dan jasa yang berada di e-commerce indonesia.  Keadaan ini menimbulkan persaingan ketat untuk para penjual atau pebisnis maupun penggiat wirausaha yang baru memulai usahanya, salah satu cara agar penjual mendapatkan keunggulan dalam bersaing ini adalah dengan menerapkan segmentasi pada produk yang akan mereka jual di online shop, akan tetapi data dari sebuah penelitian oleh asosiasi yang mengungkapkan bahwa jika sebuah produk tetap online untuk waktu lama (lebih dari 550 hari) maka 78 % sangat mungkin tidak akan dibeli, seharusnya aktivitas peletakan produk di online shop harus tersegmentasi secara tepat, peneliti ini memberikan upaya penerapan teknologi ekstraksi data dengan web crawler untuk menyajikan segmentasi tersebut, dan hasil pengujian prototipe kepada 9 wirausaha , 210 mahasiswa yang akan memulai usaha online, dan 19 pegawai swasta menghasilkan pengujian teknologi web crawler untuk membantu segmentasi produk dengan hasil kesuksesan informasi segmentasi sebesar 79 % dengan kategori Baik untuk digunakan dalam peletakan produk online yang tersegmentasi.

Kata Kunci: E-Marketplace, Segmentasi Pasar, Ekstraksi Data, Web Crawler


Full Text:

PDF

References


L. Sims, Building Your Online Store With WordPress and WooCommerce. 2018.

“Top 50 E-Commerce Sites & Apps in Indonesia 2018.” [Online]. Available: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/. [Accessed: 28-Aug-2019].

“Digital 2019: Global Internet Use Accelerates - We Are Social.” [Online]. Available: https://wearesocial.com/blog/2019/01/digital-2019-global-internet-use-accelerates. [Accessed: 28-Aug-2019].

S. Dolnicar, B. Grün, and F. Leisch, “Market Segmentation Analysis,” 2018, pp. 11–22.

A. V. Singh and A. Mishra, “A Review of Web Crawler Algorithms,” vol. 5, no. 5, pp. 6689–6691, 2014.

L. B. Ilmawan, “Membangun Web Crawler Berbasis Web Service Untuk Data Crawling Pada Website Google Play Store,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, pp. 215–224, 2018.

M. Akbar, C. Patmala, and D. Nurmalasari, “Ekstraksi Data pada Tabel dari Halaman Web Menggunakan Pohon Document Object Model,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 4, pp. 2–8, 2016.

E. S. Negara, R. Andryani, and H. Saksono, “Analisis Data Twitter : Ekstraksi dan Analisis Data G eospasial Twitter Data Analytics: Geospatial Data Extraction and Analysis,” Inkom, vol. 10, no. 1, pp. 27–36, 2016.

M. Akbar and A. Wibowo, “Ekstraksi Tabel HTML Bentuk Column-Row Wise ke dalam Basis Data,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, p. 653, 2018.

A. Sasongko, “Dan Teknologi Komputer Integrasi Data Website Students . Bsi . Ac . Id Untuk Mobile Infokampus Berbasis Android Menggunakan,” Sasongko Agung, vol. 2, no. 2, pp. 146–155, 2017.

M. McDonald and I. Dunbar, Market Segmentation :How to do it and how to profit from it, vol. 111, no. 479. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd, 2012.

W. H. DELONE and E. R. MCLEAN, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19, no. 4, pp. 9–30, 2003.

T. McGill, V. Hobbs, and J. Klobas, “User-developed applications and information systems success: A test of DeLone and McLean’s model,” Inf. Resour. Manag. J., vol. 16, no. 1, pp. 24–45, 2003.

P. H. Saputro, D. Budiyanto, and J. Santoso, “Model Delone and Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan,” Sci. J. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2016.

J. W. Lian, “Establishing a cloud computing success model for hospitals in Taiwan,” Inq. (United States), vol. 54, 2017.

I. Nofikasari and A. Sunyoto, “Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akademik Dengan Pendekatan Model Delone & McLean, HOT FIT dan UTAUT (Studi Kasus: STMIK Duta Bangsa Surakarta),” J. Tek. Inform., vol. 12, no. April, pp. 81–90, 2017.

U. Narimawati, Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Agung Media, 2007.

J. Keith, DOM Scripting : Web Design with javascript and the documen objecy model, vol. 53, no. 9. United States of America: Paul Manning, 2010.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.580

Article Metrics

Abstract view : 7621 times
PDF - 3478 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.