KOMBINASI METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDTIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENENTUKAN WEBSITE E-COMMERCE TERBAIK

Agus Wantoro

Abstract


E-Commerce menjadi wadah konsumen dalam menjual dan memberi berbagai produk secara elektronik perantara transaksi bisnis. Perdagangan elektronik alias e-commerce mejadi bisnis yang menjanjikan seiring dengan perkembangan internet dan perangkat mobile di Negara berkembang seperti Indonesia. Banyak pemain retail offline yang mulai menjajaki pasar online dengan membuat saluran khusus di marketplace besar seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan Shopee. Kualitas pelayanan yang baik dapat membantu pengguna mendapatkan kekuatan penuh dari website dengan cara mencocokan dengan harapan mereka. Kualitas website menjadi hal yang penting sebagai informasi kepada pelanggan untuk memilih dan melakukan transaksi dengan aman, untuk itu tujuan dari penelitian ini membandingkan hasil pengujian website e-commerce terbesar menggunakan aplikasi webpagetest. Hasil pengujian kemudian akan dihitung menggunakan metode pendukung keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghitung dan membandingkan nilai alternatif yaitu metode Simple Additve Weigthed (SAW). Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Penentuan nilai bobot dikombinasikan dengan Metode AHP. Hasil perhitungan menggunakan kombinasi metode SAW dengan metode AHP maka didapatkan website dengan kualitas terbaik dengan rank tertinggi yaitu Shopee dengan nilai sebesar 0.918. Hasil dari perhitungan ini memberikan informasi yang manfaat bagi masyarakat sebagai alternatif dalam memilih e-commerce untuk melakukan transaksi selain mempertimbangkan harga dan ketersediaan barang.

Katakunci : AHP-SAW, e-Commerce, Sistem Pendukung Keputusan


Full Text:

PDF

References


K. C. Laudon, E-commerce 2017, Thirteen. Newtork: Pearson Education, Inc, 2017.

A. Setyo Wardani, “Ini 5 e-commerce Paling Top di Indonesia Versi iPrice, Siapa Saja? - Tekno Liputan6.com,” Liputan 6, 2018. [Online]. Available: https://www.liputan6.com/tekno/read/3585699/ini-5-e-commerce-paling-top-di-indonesia-versi-iprice-siapa-saja. [Accessed: 21-Sep-2019].

T. Liang, Y. Ho, Y. Li, and E. Turban, “What Drives Social Commerce : The Role of Social Support and Relationship Quality,” vol. 16, no. 2, pp. 69–90, 2012.

E. Supriyati, F. Teknik, P. Studi, T. Informatika, and U. M. Kudus, “STUDI EMPIRIK SOCIAL COMMERCE ( S-COMMERCE ) DARI SUDUT PANDANG KUALITAS WEBSITE,” vol. 6, no. 1, pp. 89–94, 2015.

Anita, “Isu Keamanan Transaksi E-Commerce di Indonesia Halaman all - Kompasiana.com,” https://www.kompasiana.com/, 2019. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/anitaps/5d1c41a2097f3616c14ea6c2/isu-keamanan-transaksi-e-commerce-di-indonesia?page=all. [Accessed: 13-Jan-2020].

Rick Viscomi, Andy Davies, and Marcel Duran, “Using WebPageTest: Web Performance Testing for Novices and Power Users - Rick Viscomi, Andy Davies, Marcel Duran - Google Buku,” O’Reilly Media, Inc, 2016. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZnS9CgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=Viscomi,+R.,+Davies,+A.,+%26+Duran,+M.++“Using+WebPageTest:+Web+Performance+Testing+for+Novices+and+Power+Users.+&ots=ptmrAzvuuI&sig=Q_xCOpjYvRJVb6IX69IWafJhfHM&redir_esc=. [Accessed: 21-Sep-2019].

E. Turban, R. Sharda, D. D.-G. Scholar, and undefined 2010, “Decision Support and Business Intelligence Systems (required),” Academia.Edu, vol. 201330, pp. 1–11, 2013.

P. C. Fishburn, A SURVEY OF MULTIATTR IBUTEIMULTICRITERION EVALUATION THEORIES, First. Pennsylvania: University Park , Pennsylvania, 1977.

K. R. MacCrimmon, M. Ndum, A. Ed, R. Ch, and P. S. Agency, Decisi Onma King Amon G Multi Ple-At Tribu Te Alter Nativ Es : a Surve Y and Conso Lidat Ed Appro Ach, Second., no. 189. California: The RAND Corporation, 1968.

T. L. Saaty, “Axiomatic Foundation of the Analytic Hierarchy Process,” Manage. Sci., 2008.

K. Kunci, “Abstraksi Keywords : Pendahuluan Tinjauan Pustaka,” vol. 1, no. 3, 2019.

H. Mardesci, S. Santosa, N. Nazir, and R. A. Hadiguna, “Penerapan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Penentuan Daerah Prospektif Untuk Pengembangan Agroindustri Kelapa,” Sistemasi, vol. 8, no. 2, p. 288, 2019.

I. G. I. Sudipa, I. Ayu, and D. Puspitayani, “Analisis Sensitivitas AHP-SAW dan ROC-SAW dalam Pengambilan Keputusan Multikriteria,” vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019.

A. Cahyapratama and R. Sarno, “Application of Analytic Hierarchy Process (AHP) and Simple Additive Weighting (SAW) methods in singer selection process,” 2018 Int. Conf. Inf. Commun. Technol. ICOIACT 2018, vol. 2018-Janua, no. Mcdm, pp. 234–239, 2018.

R. A. Kurniawati, A. Kusyanti, and Y. T. Mursityo, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 3, pp. 1151–1160, 2018.

S. Fitri, “Pengujian kinerja website dan analisis dekriptif kualitas website pada situs Universitas (Studi kasus pada Universitas Muhammayah Tasikmalaya),” J. Maklumatika, vol. 3, no. 2, pp. 169–181, 2017.

T. L. Saaty, “Decision making — the Analytic Hierarchy and Network Processes (AHP/ANP),” J. Syst. Sci. Syst. Eng., 2006.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.608

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.