ANALISIS END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) PADA APLIKASI MOBILE UNIVERSITAS BINA DARMA

Muhammad Aja Sugandi, R.M. Nasrul Halim

Abstract


Mobile phone yang saat ini telah berkembang sangat cepat menjadi salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk penyampaian informasi yang dibutuhkan oleh semua orang tanpa ada batasan waktu maupun tempat sehingga informasi dengan cepat dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Universitas Bina Darma saat ini sudah memiliki sistem informasi akademik berbasis mobile untuk mahasiswa. Aplikasi UBD mobile mahasiswa adalah sebuah aplikasi berbasis android yang dibuat untuk memudahkan mahasiswa untuk memudahkan kegiatan-kegiatan kuliah seperti melihat kartu hasil studi, kartu rencana studi, riwayat pembayaran, informasi nilai dan sebagainya. Salah satu hal yang menjadi alat ukur dalam keberhasilan sebuah aplikasi mobile adalah kepuasaan pengguna akhir dari aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan mahasiswa Universitas Bina Darma terhadap penggunaan aplikasi UBD mobile untuk mahasiswa berbasis android menggunakan metode EUCS (End-User Computing Satifaction). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif atau statistik. Hasil penelitian ini adalah dari 100 responden, 70 responden merasa puas dengan Aplikasi UBD mobile mahasiswa.

 

Kata Kunci: Aplikasi, EUCS, UBD Mobile


Full Text:

PDF

References


W. A. Kusuma, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Bird Contest Kota Malang Berbasis Android,” SISTEMASI, vol. 7, no. 3, pp. 212–219, 2018.

L. Rusdiana and H. Setiawan, “Perancangan Aplikasi Monitoring Kesehatan Ibu Hamil Berbasis Mobile Android,” SISTEMASI, vol. 7, no. 3, pp. 197–203, 2018.

M. Irsan, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja Di Instansi Pemerintahan,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 115–120, 2015.

R. N. F. Kosidin, “Pemodelan Aplikasi Mobile Reminder Berbasis Android,” in Seminar Nasional Teknologi informasi dan Komunikasi, 2016.

K. R. Hadi, H. M. Az-zahra, and L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2742–2750, 2018.

A. Fitriansyah and I. Harris, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Query J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, 2018.

N. L. A. K. Y. Sarja, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dosen Menggunakan Metode Servqual,” J. Sist. dan Inform., vol. 12, no. 2, pp. 19–25, 2018.

R. A. Djunanto and F. S. Papilaya, “Analisis Kepuasan Penerimaan Pengguna Akhir Sistem Branch Delivery System (Bds) Pada Layanan Teller Cash Recycler (TCR) Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) Dan Iso/Iec 12207: 2008 Pada Perusahaan Bank Di Indonesia,” J. Sist. Inf. Indones., vol. 3, no. 1, 2018.

I. G. N. A. Suaryana, E. Damayanthi, and L. Merkusiwati, “Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, pp. 84–90, 2016.

F. Maryana, R. Ridhawati, and T. A. Sayekti, “Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Area Barabai,” Din. Ekon. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 213–229, 2018.

N. Dalimunthe and C. Ismiati, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public Access Catalog (OPAC) Dengan Metode EUCS (Studi Kasus: Perpustakaan UIN SUSKA Riau),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 71–75, 2016.

N. L. A. K. Y. Sarja, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dosen Menggunakan Metode EUCS,” E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, pp. 836–840, 2017.

R. D. Kristy and W. A. Kusuma, “Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Malang,” Tek. Eng. Sains J., vol. 2, no. 1, pp. 17–24, 2018.

D. Lusianti, “Pengukuran Kepuasan Peserta JKN Melalui Pendekatan Importance-Performance Analysis,” J. Sains Pemasar. Indones. (Indonesian J. Mark. Sci., vol. 16, no. 1, pp. 17–25, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.625

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.