FORECASTING PERMINTAAN POMPA AIR DANGKAL SHIMIZU MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES

Pajri Al Zukri, Syndi Nurina Widyaningrum, Qurrotul Aini

Abstract


Jumlah produksi pompa air sumur dangkal PS 128 bit menunjukkan ketidakseimbangan dengan jumlah permintaan, hal itu menunjukkan bahwa jumlah produk yang di produksi lebih banyak daripada jumlah permintaan pelanggan, sehingga menyebabkan biaya gudang yang tinggi. Dengan adanya permasalahan tersebut peramalan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kelebihan produk di gudang dan dapat membantu perusahaan dalam menentukan jumlah produk yang seharusnya diproduksi. PT Tirta Intimizu Nusantara merupakan divisi dari Miyako Group, adalah salah satu perusahaan yang sukses bergerak di bidang  industri rumah tangga dengan memproduksi mesin pompa air listrik dengan merek Shimizu. Pada penelitian ini akan dilakukan peramalam permintaan pada produk pompa air dangkal PS 128 bit dengan menerapkan metode peramalan time series yaitu Moving Average dan Exponential Smoothing. Penggunaan kedua metode peramalan tersebut untuk membandingkan metode peramalan yang lebih akurat dan mengetahui metode yang dapat digunakan perusahaan pada periode selanjutnya dengan menggunakan Software POM QM for Windows. Berdasarkan hasil penghitungan, menggunakan Software POM QM for Windows  bahwa metode yang paling sesuai digunakan dalam menganalisis data dengan memiliki tingkat kesalahan yang paling kecil adalah metode Exponential Smoothing dengan α= 0,1, yang memiliki nilai MAD sebesar 6421.412 dan nilai MSE sebesar 59414.050, Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Exponential Smoothing dengan α= 0,1 merupakan metode yang efektif digunakan untuk meramalkan jumlah permintaan pompa air dangkal periode (bulan) berikutnya. Hasil peramalan jumlah permintaan pompa air dangkal pada bulan Desember 2019 dengan menggunakan metode Exponential Smoothing dengan α= 0,1 adalah 44323.39. Sehingga, peneliti merekomendasikan pada tahun selanjutnya PT Tirta Intimizu Nusantara dapat menggunakan Metode Exponential Smoothing dengan α= 0,1 untuk melakukan peramalan permintaan.


Full Text:

PDF

References


A. Lutfi, “Analisis dan Perancangan Sistem E-SCM pada PT Tirta Intimizu Nusantara,” Pelayanan Kesehat., vol. 2013, pp. 3–13, 2010.

yellow page, “Tirta Intimizu Nusantara PT,” 2018. [Online]. Available: https://yellowpages.co.id/bisnis/tirta-intimizu-nusantara-pt-1.

R. T. Amira Herwindayani , Wiwik Anggraeni, “Pembuatan Aplikasi Pendukung Keputusan Untuk Peramalan Persediaan Bahan Baku Produksi Plastik Blowing dan Inject Menggunakan Metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) Di CV. Asia,” J. Tek. POMITS, vol. 3, no. 2, p. A-169, 2014.

H. Yulius and D. D. Putra, “Pengendalian Perencanaan Produksi Premium Dan Harga Pesan Crude Oil Ekonomis Menggunakan Metode Peramalan Dan Economic Order Quantity ( Studi Kasus Di PT Pertamina RU II Dumai),” J. Edik Inf., pp. 220–230.

A. Nurlifa and S. Kusumadewi, “Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 2, no. 1, p. 18, 2017.

I. S. J. Djie, “Analisis Peramalan Penjualan dan Penggunaan Metode Linear Programming dan Decision Tree Guna Mengoptimalkan Keuntungan pada PT Primajaya Pantes Garment,” The Winners, vol. 14, no. 2, p. 113, 2013.

A. Nasution, “Forecasting Produksi Karet Menggunakan Metode Weighted Moving Average,” Semin. Nas. R. 2018, vol. 9986, no. September, pp. 133–138, 2018.

R. Rachman, “Penerapan Metode Moving Average Dan Exponential Smoothing Pada Peramalan Produksi Industri Garment,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 211–220, 2018.

N. Winarsih, “Penerapan Software POM QM dalam Pengadaan Material,” vol. 5, pp. 8–9, 2013.

C. Baktiar, A. Wibowo, and R. Adipranata, “Pembuatan Sistem Peramalan Penjualan Dengan Metode Weighted Moving Average dan Double Exponential Smoothing Pada UD Y,” J. Ilm., vol. vol 7, no. global, pp. 1–5, 2013.

N. Susanti and M. Sahli, “Penerapan Metode Exponential Smoothing Dalam Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus Toko Tirta Harum),” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, p. 59, 2013.

J. Sistemasi, P. Sistem, I. Penjualan, B. Online, S. Kasus, and T. B. Maharani, “Dwi, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Buku Online (Studi Kasus : Toko Buku Maharani) 54,” vol. 3, pp. 54–68, 2014.

E. G. Permata and N. F. Yani, “Analisa Perbandingan Metode Exponensial Smoothing dan Metode Tredn Analysis Terhadap Parameter Tingkat Error Pada Peramalan Permintaan Produk Ready Mix Concrete ( Studi Kasus : Pt . Iga Bina Mix Pekanbaru ),” no. November, pp. 506–512, 2015.

G. L. lahera Hera-Fuentes, R. Torres-Ruiz, and J. D. Rada-Noriega, “Seducción y aversión: Factores de susceptibilidad y desincentivo al inicio del consumo de tabaco entre adolescentes en Bolivia,” Salud Publica Mex., vol. 59, pp. S73–S79, 2017.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.694

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.