PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PIUTANG PADA CV MENANG SENTOSA

Rahma Dwi Kusumaratri, Purwanto - Purwanto

Abstract


Perkembangan teknologi informasi bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah dan membawa kepada globalisasi. Pemanfaatan teknologi informasi berupa : layanan perbankan, perdagangan memanfaatkan internet dalam bentuk bisnis E-commerce. Penelitian  dilakukan pada CV Menang Sentosa (MS) Salatiga, dimana pengelolaan data pencatatan penjualan dan piutang masih menggunakan buku atau kertas catatan. Permasalahan yang sering terjadi adalah kesalahan penulisan nominal yang dimasukan ke dalam kartu piutang berbeda dengan invoice atau nota penjualan,  hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mencocokkan saldo akhir piutang per nama toko dan sales. Tujuan Penelitian adalah melakukan analisis data yang diperlukan untuk Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Piutang, merancang SIA Piutang . Pembahasan meliputi : (1) Analisis SIA Piutang. (2) Kebutuhan yang diperlukan untuk SIA Piutang. (3) Merancang. (4) Implementasi, pengujian dan analisis.  Perancangan Sistem informasi akuntansi piutang dirancang dengan menggunakan format web PHP dan menggunakan MySQL. Hasil Perancangan SIA Piutang meliputi Data Flow Diagram (DFD), Entity Relation Diagram (ERD), rancangan  tabel dan rancangan form. Hasil penelitian Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang menjawab kebutuhan dari CV MS dalam hal ketepatan dan kecepatan pencatatan transaksi penjualan serta piutang. Hal ini dapat tertuang dengan adanya laporan Penjualan, laporan piutang, laporan piutang per toko. Pengjujian sistem menggunakan metode black box dan menghasilkan 84.61% diterima dan 15.39% ditolak.


Full Text:

PDF

References


D. Setiawan, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya,” J. SIMBOLIKA Res. Learn.

Commun. Study, 2018, doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.

A. Yulianto, “Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi,” Semnasteknomedia Online, 2015.

H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., 2017, doi: 10.23917/khif.v3i1.3309.

V. A. Yanti, “Pengembangan Kompetensi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bandung dan Bogor,” 2018.

Desra, “Waspadai Tantangan Bisnis Di Era Digital Ini,” Jurnal.id, 2019.

Mulyadi, “Sistem Akuntasi,” Salemba Empat, 2016.

Jogiyanto, “Konsep Dasar Sistem Informasi,” Konsep Dasar Sist. Inf., 2017.

S. M. Hidayat, Implementasi Sistem Informasi Penjualan. 2018.

Syaiful bahri, Pengantar Akuntansi - Syaiful bahri, S.E., M.S.A - Google Buku. 2016.

R. Donald, Resky and I. Elim, “Analisis pengendalian intern piutang usaha pada PT. Bussan Auto Finance (BAF) Manado,” J. EMBA, vol. 4, no. 1, pp. 536–545, 2016, doi: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11712.

D. A. P. P. Arisma, “PENGELOLAAN KAS, PIUTANG, HUTANG, DAN PERSEDIAAN UNTUK MENJAGA TINGKAT LIKUIDITAS DAN RENTABILITAS PERUSAHAAN,” J. Ekon., 2015.

R. Sigar, D. Tampi, and L. Tamengkel, “Pengendalian Intern Piutang Usaha Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Cabang Manado,” J. Adm. Bisnis, 2018, doi:

5281/zenodo.1473434.

R. R. E. , Septiani, “Evaluasi dan perancangan prosedur operasional standar pada siklus penjualan perusahaan manufaktur biji plastik (studi kasus pada PT DMP),” Widya Mandala Catholic University Surabaya.

A. Sidik and I. Widiawati, “Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Piutang Dengan Metodologi Berorientasi Objek (Studi Kasus di PT Shinta Woo Sung),” J. Sisfotek Glob., vol. 6, no. 1, 2016.

A. P. Arum and M. A. Nugroho, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Berbasis Web pada Batik Pramanca,” Nominal, Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. 6, no. 1, 2017.

I. Rada and S. T. Maulana, “RANCANG BANGUN APLIKASI AKUNTANSI PERHITUNGAN PIUTANG DAGANG PADA CV. ANUGRAH JAYA SENTOSA BANDAR LAMPUNG,” J. ONESISMIK, vol. 1, no. 1, pp. 103–113, 2019.

L. Sherrell, “Waterfall Model,” in Encyclopedia of Sciences and Religions, 2013.

S. Mulyani et al., Sistem Informasi Akuntansi : Aplikasi di Sektor Publik. UNPAD Pres, 2018.

R. L. Ramadhan, A. Achmad, and S. Sahibu, “Aplikasi Pencarian Ustadz Untuk Wilayah Kota Makassar Menggunakan Algoritma Floyd Warshall Dan Haversine Formula Berbasis Android,” SEBATIK, vol. 23, no. 2, pp. 337–342, 2019.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.712

Article Metrics

Abstract view : 2614 times
PDF - 1187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
https://journals.zetech.ac.ke/scatter-hitam/https://silasa.sarolangunkab.go.id/swal/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/sthai/https://sipirus.sukabumikab.go.id/storage/uploads/-/stoto/https://alwasilahlilhasanah.ac.id/starlight-princess-1000/https://www.remap.ugto.mx/pages/slot-luar-negeri-winrate-tertinggi/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/sgacor/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/images/qrcode/slot-dana/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/public/img/cover/10k/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/app/https://waper.serdangbedagaikab.go.id/storage/idn/