SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA TANAMAN JAMBU MADU MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER

Sukamto Sukamto, Yanti Adriyani, Fahlia Guslianti

Abstract


Perkembangan teknologi dewasa ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat yang mampu membantu cara berpikir manusia yang dikenal dengan istilah kecerdasan buatan. Salah satu aplikasi dari kecerdasan buatan adalah sistem pakar. Tanaman jambu madu merupakan jenis tanaman jambu air varietas baru yang menjadi salah satu buah unggulan Indonesia yang banyak diminati konsumen. Penanganan tanaman jambu madu itu selalu menemui hambatan, salah satunya adalah serangan hama. Serangan hama tersebut memerlukan penanganan yang cepat dan benar, karena hal ini dapat merugikan para petani jambu dan dapat memberikan pengaruh pada hasil panen yang kurang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pakar yang dapat mendiagnosa hama pada tanaman jambu madu menggunakan metode Dempster-Shafer. Cara kerja metode ini adalah membandingkan beberapa kemungkinan dari gejala-gejala yang dipilih. Hasil dari penelitian ini adalah pengujian dengan 9 jenis hama dan 32 jenis gejala yang memberikan rekomendasi bahwa hama yang menyerang tanaman jambu madu  adalah hama lalat buah dan hama ulat buah dengan tingkat keyakinan sebesar 99,88%. Adapun solusi penanganannya adalah membungkus buah yang masih ada di pohon dengan plastik sewaktu masih pecah bunga, melakukan penyemprotan pestisida (Petrogenol, Alika), membuat perangkap dari botol bekas untuk memancing dan menangkap lalat buah masuk yang berisi cairan Metil Eugenol, dan memasang perangkap menggunakan lem.


Full Text:

PDF

References


S. Samsudin, “Sistem Pakar Pengidentifikasian Penyakit Tanaman Kecipir Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,” Sistemasi, vol. 2, no. Vol 2, No 1 (2013): SISTEMASI, pp. 1–10, 2013.

Armansyah and D. Y. Prasetyo, “Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Jagung Berbasis Web (Studi Kasus : Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab Inhil),” Sistemasi, vol. 5, no. September, pp. 1–7, 2016.

U. Siti Hawa, Abdullah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Kakao Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus Dinas Perkebunan Indragiri Hilir),” Sistemasi, vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2015.

F. D. Saputra and H. Mustafidah, “Sistem Pakar Menentukan Tingkat Kecocokan Lahan Untuk Tanaman Jati Menggunakan Metode Forward Chaining ( The Expert System Determine About Fitting Grade Of The Field For Tectonic Grandis By Forward Chaining Methode ),” Juita, vol. IV, pp. 37–47, 2016.

M. R. Ritonga, S. Solikhun, M. R. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pakar Diagnosa Gejala Awal Penyakit Akibat Virus Pada Anak Berbasis Mobile Dengan Forward Chaining,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 140–145, 2018.

O. Maliki and F. Dangkua, “Sistem Pakar Tipe Perumahan Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 2, pp. 150–157, 2019.

F. F. C. Triara Puspitasari, Boko Susillo, “Implementasi Metode Dempster-Shafer dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web,” Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2016.

N. S. B. Sembiring and M. D. Sinaga, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Treponema Pallidum,” CSRID J., vol. 9, no. 3, pp. 180–189, 2017.

R. Satria and H. Mustafidah, “Penentuan Minat Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto Menggunakan Teori Dempster-Shafer,” Juita, vol. III, no. 2, pp. 77–83, 2014.

M. Iqbal and H. Aprilianto, “Diagnosa Kerusakan Sepeda Motor Vespa Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Android,” J. Progresif, vol. 13, no. 1, pp. 1615 – 1622, 2017.

E. Lestari and E. U. Artha, “Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2017.

M. Widyaningsih and R. Gunadi, “Dempster Shafer untuk Sistem Diagnosa Gejala Penyakit Kulit pada Kucing,” J. Saintekom, vol. 7, no. 1, pp. 81–94, 2017.

M. Handayani and Taufiq, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Semangka Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web,” J. Progresif, vol. 13, no. 2, pp. 1727–1734, 2017.

D. Prasetyo, N. Hidayat, and T. Afirianto, “Sistem Diagnosis Penyakit Tanaman Melon Menggunakan Mtode Dempster-Shafer,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4532–4538, 2018.

E. G. Wahyuni and W. Prijodiprojo, “Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer (Studi Kasus: RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta),” J. IJCCS, vol. 7, no. 2, pp. 133–144, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.751

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.