RANCANG BANGUN PROGRAM APLIKASI PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA BERBASIS ANDROID
Abstract
Budaya barat dan perkembangan teknologi sedikit demi sedikit mulai menggeser budaya tradisional yang ada di suatu Negara. Budaya tradisional merupakan ciri dan asset dari suatu wilayah yang seharusnya dijaga dan tetap dilestarikan. Salah satunya budaya aksara sunda yang ada di Indonesia khususnya daerah jawa barat. Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman dan melakukan penyesuaian dengan kondisi saat ini agar budaya tradisional bisa tetap dilestarikan di zaman modern ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi yang dapat menjadi media pembelajaran aksara Sunda yang menarik dan tidak membosankan, sehingga masyarakat tertarik untuk mempelajari aksara Sunda dengan mudah dan menyenangkan.Diharapkan aplikasi ini bisa bermanfaat sebagai media untuk menjaga dan melestarikan budaya tradisional aksara Sunda dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi serta mengikuti budaya modern.
Full Text:
PDFReferences
J. Sundari, “Melestarikan Aksara Sunda Dengan Aplikasi Multimedia,” J. Evolusi, vol. 4, no. 2, p. 28, 2016, doi: 10.5151/cidi2017-060.
S. M. Holida, T. Alawiyah, and H. Sutisna, “Penerapan Animasi Interaktif Dalam Pengenalan Aksara Sunda,” J. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 111–122, 2016, doi: 10.31311/ji.v1i2.39.
M. Shobary, D. Riana, and R. Sanjaya, “Pencampuran Tiga Warna Primer Dan Pengenalan Bentuk Geometri Pada Paud Al-Muslimun,” J. Inform., vol. I, no. 2, pp. 165–173, 2014.
M. F. Adiwisastra, “Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 205–211, 2016, doi: 10.31311/ji.v2i1.67.
A. Herliana, “ANIMASI INTERNAKTIF PEMBELAJARAN TARI MERAK Asti,” vol. II, no. 2, pp. 453–464, 2015.
P. A. Nurcahyo, “Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Android Terhadap the Effects of Android Application Learning Media on Students ’,” pp. 337–344, 2012.
S. Fatimah and Y. Mufti, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa,” J. Kaunia, vol. X, no. 1, pp. 59–64, 2014.
L. Rahmelina, Y. Huda, P. Studi, P. Teknik, F. Teknik, and U. Negeri, “APLIKASI MOBILE LEARNING ILMU BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS ANDROID (Studi Kasus SMA N 10 Padang,” J. Vokasional Tek. Elektron. Inform. Vol., vol. 2, no. 2, pp. 2-7Rahmelina, L., Huda, Y., Studi, P., Teknik, P., 2014.
Rosa A.S. dan M.Salahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Pribadi, Ganteng Eki, Undang Syaripudin dan Wisnu Uriawan. “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda dengan Implementasi Algoritma Linear Congruental Generator dan Fuzzy Berbassi Android,” JOIN. Vol.I No.1 Juni 2016: 34-42
Black, Rex. 2007. Pragmatic Software Testin: Becoming an Effective Test Professional. Hoboken: Wiley Publishing Inc
Daryanto. 2008. Belajar Komputer Animasi Macromedia Flash. Bandung: Yrama Widya
Safaat, Nazaruddin. 2012. ANDROID Pemerograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung. Informatika
Sakti, Gita Tresna, Asep Suryana dan Agus Setiaman. 2012. Komunikasi Instruksional Pengajar Dalam Membentuk Sikap Anggota Untuk Melestarikan Aksara Sunda Sebagai Budaya Sunda. Bandung: Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran. Vol.1, No.1 2012: 1-16.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Riyanto, Verry. Animasi Interaktif Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak Siswa Sekolah Dasar. 2014. ISSN: 2089-8711. Vol. III, No. 2, 2014. 298-302.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.770
Article Metrics
Abstract view : 974 timesPDF - 502 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.