ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT KEPENTINGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

rellanti diana kristy, wahyu andhyka kusuma

Abstract


Untuk mengetahui apakah sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang berjalan sebagaimana mestinya, maka diperlukan proses evaluasi terhadap kinerja dari sistem informasi tersebut. Evaluasi dapat dilakukan  dengan dengan berbagai cara sesuai dengan tujuan dari evaluasi tersebut. Evaluasi yang dilakukan terhadap sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang dengan menggunakan PIECES Framework. Analisis dilakukan dengan menggunakan 6 fokus analisis yaitu Performance,  Information and Data, Economy, Control and Security, Efficiency, and Service. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang , mengetahui kelemahan dan kekuatan dan menganalisis komponen apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya. Data didapatkan dari penyebaran kuesioner terhadap 40 pengguna sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang.  Hasil penelitian ini diketahui bahwa pengukuran rata-rata tingkat kepuasan berada pada 3,6 yang berarti sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang telah memberikan kepuasan kepada pengguna, sedangkan untuk nilai pengukuran rata-rata tingkat kepentingan 3,4 yang berarti sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang dianggap penting oleh pengguna.


Full Text:

PDF

References


Y. Chen and K. Fan, “Exploratory Study on Corporate brand image and Customer Satisfaction on Consumer Purchase Behavior : A Case Study of UNIQLO,” no. 1992, pp. 1190–1193, 2017.

L. Tong, X. Hou, and X. Li, “Empirical Study on Customer Satisfaction Influencing Factors of Industry Application Products Based on Experiential Level Theory,” pp. 260–268, 2016.

H. Hendarti and T. L. Christian, “Evaluation of Web Information System National Land Agency to Improve User Satisfaction,” no. November, pp. 39–43, 2017.

V. Cherapanukorn, “Word Cloud of Online Hotel Reviews in Myanmar for Customer Satisfaction Analysis,” pp. 447–452, 2017.

A. Supriyatna, V. Maria, P. Studi, and M. Informatika, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES,” vol. 3, no. 2, pp. 88–94, 2017.

W. Eng and Y. Keong, “Importance-Performance Analysis of e-Learning Technologies in Malaysian Higher Education,” Int. Symp. Educ. Technol., pp. 24–28, 2017.

C. Luo, C. Gao, and H. Gao, “An Importance – Performance Analysis of E-service Quality,” 2015.

M. M. Ulkhaq, W. R. Wijayanti, A. Kusumawati, F. S. Aulia, and R. S. Wijayanti, “Combining the eTransQual Scale and Importance-Performance Analysis to Assess Service Quality of Online Shopping,” Int. Conf. Ind. Eng. Appl., pp. 146–150, 2017.

R. A’ang Subiyakto, “The Psychometric and Interpretative Analyses for Assesing the End-User Computing Satisfaction Quesionaire,” 2015.

N. Putu, I. Rosita, S. Wibirama, and P. I. Santosa, “Evaluating User Experience of English Learning Interface using User Experience Questionnaire and System Usability Scale,” IEEE, pp. 101–106, 2017.

K. Chiou, “Application of Simultaneous Importance-Performance Analysis to Evaluate Customer Loyalty towards Corporation : A Case Study of Direct Selling Company S,” no. iCAST, pp. 210–214, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.