RANCANG BANGUN SISTEM ANALISIS KEPUASAN ALUMNI MENGGUNAKAN METODE CSI DAN MATRIX IPA

Kristianto Kristianto, Kusnadi Kusnadi, Marsani Asfi

Abstract


ABSTRACT
Alumni satisfaction survey is one of the way to carried out by Informatics Engineering Study Program at CIC University in the effort to provide maximum learning and service to its students. As a study program that has the highest number of students and graduates in CIC University, Informatics Engineering Study Program routinely conducts alumni satisfaction surveys during graduation registration. Where the survey results are obtained, then analyzed the level of satisfaction and expectations. However, there is a problem, process of collecting survey data is still using paper, then the results have recapitulated for analysis through by SPSS program, so it takes a lot time to analyze. Therefore it need a system to handle these problems. The purpose of this research is to build a web-based alumni satisfaction analysis system using Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Matrix (Matrix IPA) methods. After system has successfully implemented, alumni can fill out the survey by logging in first using their respective NIM. System will produce an analysis in the form of information on the level of overall alumni satisfaction and display the attributes that must be improved which can be taken into consideration by the Informatics Engineering Study Program in improving learning and service. Based on the results of the user accepting test on 3 lecturers of the Informatics Engineering Study Program, the percentage is 79,16 %, it means that alumni satisfaction analysis system is in accordance with the needs.

Keywords: alumni satisfaction, CSI, importance performance matrix, satisfaction analysis

ABSTRAK
Survei kepuasan alumni merupakan salah satu cara yang dilakukan Program Studi Teknik Informatika Universitas CIC Cirebon dalam upaya untuk memberikan pembelajaran dan pelayanan yang maksimal kepada mahasiswanya. Sebagai program studi yang memiliki jumlah mahasiswa dan lulusan terbanyak di Universitas CIC, Program Studi Teknik Informatika rutin mengadakan survei kepuasan alumni pada saat pendaftaran wisuda. Dimana hasil survei yang didapat kemudian dianalisis tingkat kepuasan dan tingkat harapannya. Namun terdapat permasalahan yaitu proses pengumpulan data survei yang masih menggunakan kertas, kemudian hasil yang didapat direkap untuk dianalisis melalui program SPSS. Dengan cara tersebut tentu akan memakan waktu yang cukup lama untuk menganalisisnya. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem untuk menangani permasalahan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah membangun sistem analisis kepuasan alumni dengan metode analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Matrix (Matrix IPA). Setelah sistem berhasil diimplementasikan, alumni dapat mengisi survei dengan login terlebih dahulu menggunakan NIM masing-masing. Sistem akan menghasilkan analisis berupa informasi tingkatan kepuasan alumni secara keseluruhan dan menampilkan atribut yang harus ditingkatkan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Program Studi Teknik Informatika dalam meningkatkan pembelajaran dan pelayanan. Berdasarkan hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) terhadap 3 dosen Program Studi Teknik Informatika, didapat persentase sebesar 79,16% yang artinya sistem analisis kepuasan alumni ini sudah sesuai dengan kebutuhan.

Kata Kunci: kepuasan alumni, csi, importance performance matrix, analisis kepuasan


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

M. Yola and D. Budianto, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA),” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 12, no. 1, p. 301, Apr. 2016, doi: 10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013.

Z. Ikrawan, Y. Ariyanto, and B. Harijanto, “Sistem Informasi Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Pada Program Studi Manajemen Informatika,” J. Inform. Polinema, vol. 1, no. 4, p. 48, Mar. 2017, doi: 10.33795/jip.v1i4.123.

P. Sokibi and N. Bahiyah, “Perancangan Sistem Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Inf. Technol. Eng. J., vol. 03, no. 01, p. 19, 2018.

Z. Rahmiati, I. G. P. S. Wijaya, and B. Irmawati, “Sistem Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada PSTI Unram dengan Menggunakan Metode Service Quality,” J. Teknol. Inf. Komput. Dan Apl. JTIKA, vol. 1, no. 1, pp. 31–40, Mar. 2019, doi: 10.29303/jtika.v1i1.17.

W. Anggraini, N. A. Prabowo, and E. R. Arumi, “Perancangan dan Implementasi Survei Kepuasan Stakeholder Alumni Berbasis Web,” Techno.Com, vol. 19, no. 1, pp. 24–33, Feb. 2020, doi: 10.33633/tc.v19i1.2731.

S. M. Widodo and J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, pp. 38–45, 2018.

A. N. Styadi, I. Aknuranda, and F. Pradana, “Pengembangan Sistem Survei Kepuasan Pengunjung pada UPT P2BJ Jawa Timur dengan Metode SERVQUAL dan Analisis Importance & Performance Matrix,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, p. 9, 2018.

H. R. Sampurno and O. O. Sharif, “Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Pelayanan Gojek (Studi Pelanggan di Kota Bandung),” vol. 4, no. 6, p. 15, 2020.

C. Lukita, S. Pranata, and K. Agustin, “Metode Servqual dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa di Cirebon,” J. Digit, vol. 9, no. 2, p. 11, 2019.

N. L. A. K. Y. Sarja, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dosen Menggunakan Metode Servqual,” J. Sist. Dan Inform., vol. 12, no. 2, pp. 19–25, 2018.

F. Ariani, S. Sinaga, and T. Thamrin, “Aplikasi Kepma Untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual Berbasis Android,” J. Manaj. Sist. Inf. Dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 18–24, 2017.

Y. R. Nasution, “Penerapan Aplikasi Online Angket Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Uin Sumatera Utara Medan,” JISTech, vol. 3, no. 2, pp. 20–35, 2018.

A. Sinnun, “Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI,” J. Inform., vol. 04, no. 01, pp. 146–154, 2017.

S. S. Putro, E. Rahmanita, and R. S. Isnaniyah, “Implementasi Metode Servqual Dan Saw Untuk Analisa Kepuasan Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan Poli Rawat Jalan,” J. Komunika J. Komun. Media Dan Inform., vol. 6, no. 2, Nov. 2017, doi: 10.31504/komunika.v6i2.1119.

P. I. Purnamasari and F. Marisa, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kualitas Pelayanan Pada Malang Dorm Hostel Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” J. Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, pp. 85–90, 2018.

A. Halim and H. Aksad, “Aplikasi Penerapan Customer Satisfaction Index Pada Pelayanan Kepuasan Masyarakat Di Pengadilan Negeri Kotabaru,” JUTISI, vol. 5, no. 3, pp. 1257–1266, 2016.

T. Agustin and H. Nuryaman, “Kinerja Kelembagaan Agribisnis Pepaya California,” J. Agristan, vol. 1, no. 2, p. 11, 2019.

R. Utami, “Implementasi Metode Importance-Performance Matrix Untuk Evaluasi dan Peningkatan Pelayanan Perusahaan Jasa Care Cleaners,” KINETIK, vol. 2, no. 3, Jul. 2017, doi: 10.22219/kinetik.v2i3.176.

H. Syahputra, A. Ramadhanu, and R. Bayuputra, “Penerapan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Untuk Mengukur Kualitas Sistem Informasi Ulangan Harian,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 4, pp. 334–340, Apr. 2020, doi: 10.31933/jemsi.v1i4.172.

D. Indrajaya, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index Pada UKM Gallery,” J. IKRA-ITH Teknol., vol. 2, no. 3, p. 6, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.928

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.