PEMBUATAN APLIKASI PERAMALAN HARGA SEMBAKO DI KOTA MALANG BERBASIS WEB

vivi aida fitria, Rina Dewi Indahsari, Muhammad Saikhul Masykur

Abstract


Harga sembako di pasar secara umum seringkali kurang stabil. Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya informasi yang diperoleh tentang penetapan harga standar yang berlaku. Permainan harga akan berpengaruh pada ketersediaan barang. Sehingga harga sembako ini harus selalu dilakukan pemantauan oleh pemerintah. Di kota Malang, hal ini dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi yang memuat informasi tentang harga sembako dan peramalan harga sembako pada hari-hari berikutnya. Aplikasi tersebut berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan pengolahan database My SQL. Metode yang digunakan dalam meramalkan harga sembako pada hari berikutnya adalah Single Eksponential Smoothing. Dari hasil pembuatan aplikasi ini , Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang dapat memberikan informasi harga sembako di Kota Malang, begitupula Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Kerawanan Pangan mendapatkan referensi dalam menyusun kebijakan tentang harga sembako di Kota Malang.


Full Text:

PDF

References


Asropudin Pipin, Kamus Teknologi Informasi. Bandung: Titian Ilmu, 2013.

Imbar, R. Victor, and Y. Andreas, “Aplikasi Peramalan Stok Barang Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing,” J. Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 123–141, 2012.

T. Y. Astriana, M. Wati, and N. Puspitasari, “Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) dengan Penambahan Fitur Peramalan Tingkat Customer Complain Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing (Studi Kasus:Pt. Satnetcom Balikpapan),” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 96–99, 2017.

M. R. Falevy, M. Z. Samsono, and A. Saleh, “Sistem Peramalan Harga Sembako Berbasis Moving Average dengan Blew Platform sebagai Mobile Interfaces,” Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2004.

G. B. Davis, Kerangka dasar sistem informasi manajemen. Palembang: Maxikom, 2013.

T. Connolly and C. Begg, Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, vol. 49, no. 4. 2010.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak,” Bandung Inform., 2013.

Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

S. Makridakis, Metode dan Aplikasi Peramalan. Jakarta: Binarupa Aksara, 1999.

DISPERINDAG JATIM, “Sistem Informasi dan Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur,” 2018. [Online]. Available: http://siskaperbapo.com/harga/tabel.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.397

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 139 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.397.g175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.