PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN PENGRAJIN SONGKET PALEMBANG DENGAN PENERAPAN STRATEGI CROSS SELLING DAN UP SELLING BERBASIS ONLINE

Fathoni .

Abstract


Peningkatan persaingan penguasaan pasar mengharuskan pelaku bisnis mencari dan menerapkan strategi pemasaran dan strategi penjualan yang baru, inovatif serta memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Saat ini, mayoritas UKM pengrajin songket Kota Palembang masih menerapkan strategi penjualan secara tradisional yang menyebabkan jumlah transaksi penjualan yang belum optimal dengan area pemasaran yang masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan strategi penjualan dengan menerapkan teknik cross selling  dan  up selling  serta memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan  tiga tahapan utama, yaitu : 1. Persiapan dan Identifikasi, 2. Analisis dan Perancangan dan 3. Perancangan Prototipe, serta menggunakan alat bantu perancangan seperti : Data Flow Diagram dan skema data base. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi penjualan on line yang dapat menawarkan produk secara cross selling dan up selling sehingga diyakinkan dapat meningkatkan jumlah transaksi penjualan pengrajin songket Kota Palembang

Full Text:

PDF

References


Wulandari, Theresia D. 2013. “The Needs of Internet Literacy in An Ongoing Process of Economic Stability”. Jurnal Ilmu Komunikasi. 10(1). 49-62

Sumywi Rinnukti Asri, Aniek Maschudah Ilfitriah, Mohammad Nurhadi. 2014. Transaksi Online, Meningkatkan Kepercayaan Dan Loyalitas Merek Bagi Konsumen Di Surabaya. Journal of Business and Banking Volume 4, No. 1, May 2014, pages 43 – 54

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2018. Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/

Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf

Sophia Imari, Permana Honeyta Lubis2 , Syafrudin Chan, 2017. Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online Dan Pengalaman Pembelian Sebelumnya Terhadap Niat Pembelian Konsumen Secara Online Dengan Perbedaan Gender Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Perspektif Manajemen Dan Perbankan Vol. 8, No. 3, November 2017: 49-70

Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/mengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm

Fazlzadeh, A., Tabrizi, M. M., & Mahboobi, K. (2011). Customer relationship management in mallmediumenterprises: The case of science and technology parks of Iran. African Journal of Business Management, 5(15), 6160–6168

Kamakura, A.Wagner. 2007. “Cross Selling: Offering the Right Product to the Right Customer at the Right Time.” Journal of Relationship Marketing 6 (3/4) : 41-58

Imbar, Deny G. 2013. Aplikasi Penjualan Komputer dengan Metode Crossselling dan Upselling Dilengkapi Algoritma Greedy Dalam Pengambilan Keputusan. Bandung. Jurnal Sistem Informasi Vol. 8 No. 1. Maret 2013: 95-111

Rabbah, K. (2013, November). Implementation Methodology of Customer Relationship Management (CRM) Systems : Towards Developing Successful Principles and Guidelines. Management Information System (MSI) Department, College of Economic and Business, Jadara University, 4(6), 2223-9944

Sanayei., Sadidi. 2011. Investigation of customer knowledge management (CKM) dimensions. Kanada: Canadian Center of Science and Education

Chasin, J. R. (2003). Implementation of A Cross-Selling Strategy for A Large Midwestern Healthcare Equipment Company (Ph.D Dissertation). Department of Psychology, Southern Illinois University at Carbandole.

Berry, M. J., & Linoff, G. S. (2004). Data Mining Techniques: For Marketing, Sales, and

Customer Relationship Management 2nd Edition.Jhon Wiley and Sons.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.426

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.