SISTEM INFORMASI PEMELIHARAAN TEMPAT IBADAH DALAM EFEKTIFITAS PENYALURAN DANA SUMBANGAN

Rengga Asmara, Ahmad Syauqi Ahsan, Muhammad Odi Rachmawan

Abstract


Tempat ibadah merupakan sarana tempat yang penting bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatan keagamaan di suatu daerah. Selain sebagai sarana tempat kegiatan keagamaan, juga sebagai tempat penyiaran agama dan tempat melakukan ibadah. Tempat ibadah yang sehat memiliki pengelola dan penyantun yang aktif dalam pengelolaannya, sehingga kondisi dari tempat ibadah tersebut selalu terpelihara. Namun pada kenyataannya masih banyak dijumpai tempat ibadah kecil seperti musholla, langgar yang terkadang tidak terawat dengan baik hal ini dikarenakan tidak didukung dengan pengelolaan yang baik sehingga susah dalam mendapatkan donatur untuk tempat ibadah tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang bisa membantu mengelola tempat ibadah secara merata dimana mitra pengelola tempat ibadah bisa mengajukan kebutuhan ke sistem, donatur bisa memilih dan melakukan donasi ke tempat ibadah yang membutuhkan, dengan admin sebagai perantara melalui sistem informasi pemeliharaan tempat ibadah dalam efektifitas penyaluran dana sumbangan. Sistem ini menampilkan mitra pengelola tempat ibadah yang sedang membutuhkan dana. Dengan sistem ini, mitra pengelola tempat ibadah yang sedang membutuhkan dana untuk tempat ibadahnya dapat menunjukkan kebutuhan yang diperlukan ke donatur yang bersedia, begitu juga dengan donatur yang bisa tahu dan melakukan donasi ke tempat ibadah yang sedang membutuhkan dana sehingga mitra pengelola tempat ibadah tidak bingung mencari dana untuk memenuhi kebutuhan tempat ibadahnya. Dengan adanya sistem ini dapat menjalin hubungan antara mitra dan donatur dalam mengelola tempat ibadah sehingga pengelolaan tempat ibadah bisa merata.


Full Text:

PDF

References


A. Aditya et al., “ANALISA DAN PERANCANGAN WEBSITE CROWDFUNDING DOMPET,” vol. 4, no. 2, pp. 101–109, 2018.

S. H. E. Wulandari, “Aplikasi Transparansi Sumbangan Masyarakat Berbasis Web,” Assoc. Inf. Syst. – Indones. chapter, vol. 2, pp. 1–14, 2018.

A. Handojo and A. Wibowo, “Aplikasi Crowdfunding Sebagai Perantara Penggalangan Dana Berbasis Website dan Facebook Application,” Komputer, vol. 2, no. Jaringan Komputer, pp. 1–5, 2012.

Bin Ladjamudin, “Analisis dan Desain Sistem Informasi,” Anal. dan Desain Sist. Inf., 2013.

J. O’Brien, “Business information systems,” in Introducing Information Management: The Business Approach, 2014.

T. E. Young, “The Everything Guide to Crowdfunding: Learn how to use social media for small-business funding.,” Avon, MA, United States Am. Adams Media., 2012.

J. Morduch, “The microfinance promise,” J. Econ. Lit., 1999.

M. K. Poetz and M. Schreier, “The value of crowdsourcing: Can users really compete with professionals in generating new product ideas?,” J. Prod. Innov. Manag., 2012.

J. Hemer, “A snapshot on crowdfunding,” Enconstor, 2011.

D. Setiawan, “Pengertian HTML,” Buku Sakti pemrograman web. 2016.

A. Zakir, “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FRAMEWORK YII PADA APLIKASI BERBASIS WEB,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), 2017.

D. P. Pop and A. Altar, “Designing an MVC model for rapid web application development,” in Procedia Engineering, 2014.

J. Krause and J. Krause, “CSS: Cascading Style Sheets,” in Introducing Web Development, 2016, pp. 65–86.

A. R. K. Lena, “Pengertian PHP dan MySQL,” Ilmu Teknol. Inf., 2015.

International Organization For Standardization, “ISO/IEC 9126:2001,” Software engineering - Product quality, vol. 2, no. 1. pp. 1–25, 2001.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.654

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.