Importance Performance Analysis (IPA) of Patient Satisfaction with Fuzzy Logic at the Rumbai Maternity Clinic
Abstract
Full Text:
PDFReferences
M. L. Ramadhany, Y. Asdi, and H. Yozza, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Poliklinik Embun Pagi RSUP M. Djamil Padang dengan Metode Importance Performance Analysis,” J. Mat. UNAND, vol. 4, no. 3, p. 95, 2019, doi: 10.25077/jmu.4.3.95-106.2015.
B. Veronika Sigalingging, Y. Hendro Syahputra, and M. Iswan, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Klinik Kasih Sidikalang Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Assosiative Memory,” J. CyberTech, vol. x. No.x, no. x, pp. 1–16, 2020, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/
J. Budhiana and A. Z. Wahida, “Penggunaan Metode Integrasi Importance Performance Analysis (IPA) dan Metode Kano dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien,” Santika J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 9, no. 2, pp. 979–995, 2019.
A. R. Nugraha, M. Dzikron, and I. Bachtiar, “Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) dan Model Importance Performance Analysis (IPA),” J. Ris. Tek. Ind., vol. 3, pp. 9–16, 2023, doi: 10.29313/jrti.v3i1.1830.
L. N. Agia and H. Nurjannah, “Analisis Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Menggunakan Importance Performance Analysis,” COSTING J. Econ. Bus. Account., vol. 5, pp. 1570–1574, 2022.
Darmin, Suci Rahayu Ningsih, Heriyana Amir, Sarman, and Moh. Rizki Fauzan, “Analisis Kepuasan Pasien dengan Metode Important Performance Analysis (IPA) di RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow,” Promot. J. Kesehat. Masy., vol. 12, no. 1, pp. 66–76, 2022, doi: 10.56338/pjkm.v12i1.2459.
I. Purwanto and D. Sugiarto, “Importance Performance Analysis dalam Pengukuran Kepuasan Pasien pada Puskesmas melalui KepPA,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 13, no. 2, p. 152, 2022, doi: 10.36448/jsit.v13i2.2541.
M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.
B. Prasetyo, F. Adnan, and R. A. Syahputra, “Evaluasi Kualitas Layanan Electronic Pendapatan Asli Daerah (E-PAD) Di Kabupaten Banyuwangi Menggunakan Metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis,” J. Tekno Kompak, vol. 16, no. 1, p. 83, 2022, doi: 10.33365/jtk.v16i1.1857.
D. Vinsensia, “Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan Dengan Pedekatan Logika Fuzzy Sugeno,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 3, no. 1, pp. 10–27, 2018, [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
E. A. Dalimunthe, D. Irmayani, and M. N. S. Hasibuan, “Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality untuk Mengukur Kinerja Pelayanan di Café Hitam Putih,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 6, pp. 21–30, 2023.
D. Chandrahadinata, D. S. Taptajani, and U. Cahyadi, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Bengkel Alva Jaya Motor Menggunakan Metode Fuzzy Servqual,” Akunt. dan Pajak, vol. 23, no. 02, pp. 1–9, 2023.
D. Vinsensia and M. H. Napitupulu, “Evaluasi Kinerja Pelayanan Kesehatan Paramedis Dengan Menggunakan Pendekatan Fuzzy Inference System (Fis) Mamdani,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 4, no. 2, 2019, [Online]. Available: https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/612%0Ahttps://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/download/612/375
L. Loneli Costaner, Guntoro, “Analisis Minat Peserta Didik Mengikuti Kegiatan Ektrakurikuler Komputer dengan Metode Logika Fuzzy.pdf,” Sist. Sist. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 244–256, 2023.
M. Yunus and M. Marlina, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Umpar Terhadap Pelayanan Berbasis Internet Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,” J. SINTAKS Log., vol. 3, no. 3, pp. 16–23, 2023.
A. Singh and A. Prasher, “Measuring healthcare service quality from patients’ perspective: using Fuzzy AHP application,” Total Qual. Manag. Bus. Excell., vol. 30, no. 3–4, pp. 284–300, 2019, doi: 10.1080/14783363.2017.1302794.
A. Muiz and S. R. Putri, “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Servqual Pada Warung Soto Ayam Lamongan,” JORAPI J. Res. Publ. Innov., vol. 1, no. 3, pp. 797–804, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/JORAPI/article/view/370
S. Khodijah, N. A. B. Rahmani, and M. Syahbudi, “Analisis Service Quality dalam Pelayanan Nasabah di PT Asabri dengan Metode Fuzzy,” JIKEM J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 986–1024, 2023, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/5687
I. Ratnasari and N. S. Puspani, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Di Klinik Pratama Abc Kota Bandung Menggunakan Metode Importance Performance Analysis,” Semin. dan Konf. Nas. IDEC, pp. 2–3, 2019, [Online]. Available: https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/ID011.pdf
F. Safiera and Y. Setyawan, “Metode Importance-Performance Analysis (Ipa) Dan Regresi Logistik Ordinal Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Klinik Pratama Rbg Rz Bantul Yogyakarta,” J. Stat. Ind. dan Komputasi, vol. 2, no. 2, pp. 84–92, 2017.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i1.3527
Article Metrics
Abstract view : 218 timesPDF - 155 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.