Sentiment Analysis of pegipegi.com Review on Google Play Store with Naïve Bayes
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A. B. P. Negara, H. Muhardi, and I. M. Putri, “Analisis Sentimen Maskapai Penerbangan menggunakan Metode Naive Bayes dan Seleksi Fitur Information Gain,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 3, p. 599, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020711947.
I. A. Wulandari, F. Umar, and E. Setyawati, “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayan Online Travel Agent Pegipegi dengan Quality Function Deployment,” J. REKAYASA dan OPTIMASI Sist. Ind., vol. 2, no. October, pp. 32–37, 2020, [Online]. Available: https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/jrosi/article/view/2474
Fiaz, “Strategi Bisnis Pegipegi: Menghadirkan Kemudahan dalam Perjalanan Anda,” https://perpusteknik.com/. [Online]. Available: https://perpusteknik.com/strategi-bisnis-pegipegi/
P. Arsi and R. Waluyo, “Analisis Sentimen Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, p. 147, 2021, doi: 10.25126/jtiik.0813944.
M. Arsyam and M. Yusuf Tahir, “Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 37–47, 2021, doi: 10.55623/au.v2i1.17.
I. S. K. Idris, Y. A. Mustofa, and I. A. Salihi, “Analisis Sentimen terhadap Penggunaan Aplikasi Shopee mengunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” Jambura J. Electr. Electron. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 32–35, 2023, doi: 10.37905/jjeee.v5i1.16830.
S. Informasi, U. Darwan Ali, J. Batu Berlian, and K. Tengah, “Penerapan Metode Naive Bayes dalam Mengklasifikasi Penerima BLT pada Desa Pelangsian,” J. JUPITER, vol. 14, no. 2, pp. 64–70, 2022.
R. Apriani et al., “Analisis Sentimen dengan Naïve Bayes terhadap Komentar Aplikasi Tokopedia,” J. Rekayasa Teknol. Nusa Putra, vol. 6, no. 1, pp. 54–62, 2019, [Online]. Available: https://rekayasa.nusaputra.ac.id/article/view/86
A. A. A. Sumanjaya, Indriati, and A. Ridok, “Analisis Sentimen Data Tweets terhadap Penanganan Covid-19 di Indonesia menggunakan Metode Naïve Bayes dan Pemilihan Kata Bersentimen menggunakan Lexicon Based,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 4, pp. 1865–1872, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
O. P. Zusrotun, A. C. Murti, and R. Fiati, “Analisis Sentimen terhadap Belajar Online pada Media Sosial Twitter menggunakan Algoritma Naive Bayes,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 3, pp. 310–319, 2022, doi: 10.23887/janapati.v11i3.49160.
K. M. Elistiana, B. A. Kusuma, P. Subarkah, and H. A. A. Rozaq, “Improvement of Naive Bayes Algorithm in Sentiment Analysis of Shopee Application Reviews on Google Play Store,” vol. 4, no. 6, pp. 1431–1436, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.1486
W. Khofifah, D. N. Rahayu, and A. M. Yusuf, “Analisis Sentimen menggunakan Naive Bayes untuk Melihat Review Masyarakat terhadap Tempat Wisata Pantai di Kabupaten Karawang pada Ulasan Google Maps,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 4, pp. 28–38, 2022, doi: 10.35969/interkom.v16i4.192.
J. Dongga, A. ` Sarungallo, N. Koru, and G. Lante, “Implementasi Data Mining menggunakan Algoritma Apriori dalam Menentukan Persediaan Barang (Studi Kasus: Toko Swapen Jaya Manokwari),” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 1, pp. 119–126, 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i1.1938.
N. Noviyanto, “Penerapan Data Mining dalam Mengelompokkan Jumlah Kematian Penderita COVID-19 berdasarkan Negara di Benua Asia,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 2, pp. 183–188, 2020, doi: 10.31294/p.v22i2.8808.
F. Alghifari and D. Juardi, “Penerapan Data Mining pada Penjualan Makanan dan Minuman menggunakan Metode Algoritma Naïve Bayes,” J. Ilm. Inform., vol. 9, no. 02, pp. 75–81, 2021, doi: 10.33884/jif.v9i02.3755.
A. Z. Rizquina and C. I. Ratnasari, “Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Website E-Commerce,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 377–383, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.913.
Amazon, “Apa Itu Pelabelan Data?,” https://aws.amazon.com/. Accessed: Jan. 30, 2024. [Online]. Available: https://aws.amazon.com/id/what-is/data-labeling/
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i3.3913
Article Metrics
Abstract view : 177 timesPDF - 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.