Evaluation of Traffic Sign Educational Game Based on Augmented Reality (AR) Using Marker Based

Dimas Yudistira Purwanto, Norhikmah Norhikmah, Zidan Mu’arif, Fatta Muharam

Abstract


This study aims to develop a 3D educational game themed around traffic signs to enhance children's understanding and discipline regarding traffic rules. The research methodology includes game development using Unity and evaluation through black-box testing and questionnaires. The results show that the educational game successfully increased student interest by 80% and improved their understanding of traffic sign material, while also providing an interactive and enjoyable learning experience.

Keywords


educational games; technology; interactive learning; unity

Full Text:

PDF

References


I. Fitriati, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Hewan berbasis Android untuk Anak Tunagrahita di SLBN 1 Bima menggunakan MIT App Inventor,” Vol. 4, No. 2, hal. 478–488, 2024, doi: 10.51454/decode.v4i2.461.

N. Putu, D. Sri, A. , G. Astawan, dan B. R. Werang, “Pengembangan Game Edukasi Interaktif Fraksimatika berpendekatan PMRI untuk Siswa Kelas V SD,” J. Ilmu Pendidik., Vol. 6, 2024, doi: 10.31004/edukatif.v6i3.6604.

L. Romadhoni, U. U. Nur, N. R. R. Utami, dan S. Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, “Pengaruh Penggunaan Media Game Marbel Budaya Nusantara terhadap Minat Belajar IPAS,” J. Ilmu Pendidik., Vol. 6, 2024, doi: 10.31004/edukatif.v6i3.6634.

M. A. Hidayad dan R. Prasetya, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Komputer Dasar berbasis Android,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., Vol. 03, 2022.

L. Novita Sari, E. Febriani, U. Negeri Surabaya, dan G. Sekolah Dasar, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi Wordwall di SD Negeri Lawangan Daya 2 Pamekasan”.

M. F. Arrazzaq, A. P. Sasmito, dan H. Z. Zahro, “Perancangan Game 2D Platformer ‘Adventure Quest’ dengan Metode Finite State Machine berbasis Android,” 2023.

Z. Fadel, A. F. Ardana, F. Setiawan, dan W. Santi, “Perancangan Game 3D Maggie’s Odyssey dengan Metode Pathfinding,” 2023.

B. A. Wicaksono, A. Mahmudi, dan K. Auliasari, “Perancangan Game Alien Warfare 2D menggunakan Metode Finite State Machine (FSM) berbasis Android,” 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://freeonlinegames123.com/.

M. H. Nata, J. D. Irawan, dan H. Z. Zahro, “Perancangan Game Android Bring Back The Scroll menggunakan Metode FSM (Finite State Machine),” 2024.

L. Dias, J. Enstein, G. A. Manu, U. Citra Bangsa, P. Nusa, dan T. Timur, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” 2021.

W. T. S. Nugraha, M. A. Dewana, R. P. Darmansyah, dan M. T. D. Putra, “Perancangan Media Pembelajaran Algoritma Sorting dan Queue menggunakan Pixel Game Maker MV,” Vol. 18, No. 2.

M. Z. Al Fayyadh, C. Taurusta, dan Y. Rahmawati, “Rancang Bangun Game 2D Feline Si Kucing Hitam menggunakan Unity,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., Vol. 9, No. 2, hal. 861–869, Mei 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i2.4747.

F. A. Adistya, K. P. Kartika, dan Z. Wulansari, “JIP (Jurnal Informatika Polinema) Perancangan Game Edukasi bertema Pahlawan Indonesia berbasis HTML5”.

M. Arkan, A. Syandana, H. Z. Zahro’, dan S. Achmadi, “Perancangan Game Mutes dengan menggunakan Metode Finite State Machine berbasis Android,” 2023.

A. Arta, D. Afriyantari, dan P. Putri, “Game Edukasi Pembelajaran Sejarah Berdirinya Indonesia untuk Sekolah Dasar,” 2020.

R. Windawati dan H. D. Koeswanti, “Pengembangan Game Edukasi berbasis Android untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, Vol. 5, No. 2, hal. 1027–1038, Mar 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.835.

Y. A. Firdaus dan Y. Yermiandhoko, “Pengembangan Media Game Edukasi ‘Petualangan SI ISAAC’ berbasis Android pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar.”

F. Yulianti, “Pengenalan Hewan Langka menggunakan Teknologi Augmented Reality dan Qr Code berbasis Marker based Rare Animal Recognition Applicaton", using Augmented Reality Technology and Marker based Qr Code.” SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi

H. Septanto et al., “Analisa Kebutuhan dan Perancangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Hewan untuk Siswa SD.”

S. Sutono dan D. Rustandi, “Metode Pieces dalam Perancangan Game Edukasi Belajar Mudah Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini berbasis Android,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., Vol. 10, No. 3, Agu 2022, doi: 10.23960/jitet.v10i3.2673.

Fitria et al., “Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 7C pada Mata”.

A. Hendriani, T. Ibrahim, I. Rengganis, A. Hadiapurwa, dan W. Marlina Juwita, “Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran,” Vol. 8, No. 2, hal. 253–266, 2024, doi: 10.35568/naturalistic.v8i1.4138.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v14i5.4448

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.