Sentiment Analysis of MyBCA Application User Reviews using Naive Bayes, Random Forest, and Decision Tree
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. Mahmudah, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Word Of Mouth terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking 2020 (Studi Kasus Nasabah BRI KC Semarang),” 2021.
A. Fitria, A. Munawar, and P. P. Pratama, “Pengaruh Penggunaan Internet Banking, Mobile Banking dan SMS Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI,” Jurnal Informatika Kesatuan, Vol. 1, No. 1, pp. 43–52, Aug. 2021, doi: 10.37641/jikes.v1i1.406.
C. V. Putra, J. A. Caesaria, J. Jonathan, L. Willson, M. Mellysa, M. Tan, N. Christanto, and Z. Sia., “Analisis Digital Marketing Antara Aplikasi Mybca dan Wondr By BNI,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1, No. 6, pp. 24–33, Nov. 2024, doi: 10.69714/1qrt1r98.
N. Habibah “Analisis Sentimen mengenai Penggunaan E-Wallet pada Google Play menggunakan Lexicon based dan K-Nearest Neighbor Tugas Akhir” 2023.
M. R. Fahlevvi, “Analisis Sentimen terhadap Ulasan Aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian dalam Negeri Republik Indonesia di Google Playstore menggunakan Metode Support Vector Machine,” Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, Vol. 4, No. 1, pp. 1–13, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.ipdn.ac.id/JTKP,
M. Al Khadafi, K. P. Kartika, and F. Febrinita, “Penerapan Metode Naïve Bayes Classifier dan Lexicon based untuk Analisis Sentimen Cyberbullying pada BPJS,” 2022.
W. Nugroho and D. D. Disetujui, “Evaluasi Kualitas Digital Payment OVO berdasarkan Faktor Usability Standar ISO/IEC 9126,” Journal Computer Science, Vol. 1, No. 1, 2022.
S. S. Hasibuan and J. M. I. Budidarma, “Sentimen Analisis terhadap Fitur TikTok Shop menggunakan Naive Bayes dan K‑Nearest Neighbor,” Jurnal Media Informatika Budidarma, 2024.
A. H. Nasrullah, “Implementasi Algoritma Decision Tree untuk Klasifikasi Produk Laris,” Vol. 7, No. 2, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id
D. Irawan, E. B. Perkasa, Y. Yurindra, D. Wahyuningsih, and E. Helmud, “Perbandingan Klassifikasi SMS berbasis Support Vector Machine, Naive Bayes Classifier, Random Forest dan Bagging Classifier,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Vol. 10, No. 3, pp. 432–437, Dec. 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1302.
N. A. Rizqullah, H. Muslimah Az-Zahra, and A. Syawli, “Analisis Kualitas dan Penerapan Software Quality Assurance pada Aplikasi Mobile Banking menggunakan Model ISO/IEC 9126 (Studi Kasus: BSI Mobile),” 2023. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
A. Miftahusalam, H. Pratiwi, and I. Slamet, “Perbandingan Metode Random Forest dan Naive Bayes pada Analisis Sentimen Review Aplikasi BCA Mobile,” in Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Humaniora (SIPTEKSHUM), 2023.
I. Zulfahmi, “Analisis Sentimen Aplikasi PLN Mobile menggunakan Metode Decision Tree,” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, Vol. 3, No. 1, pp. 11–21, Dec. 2023, doi: 10.55606/juprit.v3i1.3096.
F. Djiwadikusumah, G. H. I, and R. H. Al-Fadilah, “Web Scraping Situs E-Commerce menggunakan Teknik Parsing Dom,” Vol. 7, No. 2, p. 2021, 2021.
A. Agung, A. Daniswara, I. Kadek, and D. Nuryana, “Data Preprocessing Pola pada Penilaian Mahasiswa Program Profesi Guru,” Journal of Informatics and Computer Science, Vol. 05, 2023.
D. Alita and A. Rahman, “Pendeteksian Sarkasme pada Proses Analisis Sentimen menggunakan Random Forest Classifier,” 2020.
A. P. J. Dwitama, “Deteksi Ujaran Kebencian pada Twitter Bahasa Indonesia menggunakan Machine Learning: Reviu Literatur,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1, Aug. 2021, doi: 10.20885/snati.v1i1.5.
J. Supriyanto, D. Alita, and A. R. Isnain, “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) untuk Analisis Sentimen Publik terhadap Pembelajaran Daring,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 4, No. 1, pp. 74–80, Mar. 2023, doi: 10.33365/jatika.v4i1.2468.
D. E. . P. Sari, Y. A. Sari, and M. T.Furqon, “Pembentukan Daftar Stopword menggunakan Zipf Law dan Pembobotan Augmented TF-Probability IDF pada Klasifikasi Dokumen Ulasan Produk,” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
I. N. O. Darmayasa, N. A. S. ER, I. G. A. G. A. Kadyanan, and A. A. I. N. E. Karyawati, “Pengaruh Teknik Penanganan Negasi dalam Analisis Sentimen,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 12, No. 2, pp. 275–282, Apr. 2025, doi: 10.25126/jtiik.2025129079.
A. Rachman, H. T. Prayoga, and S. Sulistyowati, “Pemanfaatan Model ISO 9126 dalam Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Pengolahan E-Surat,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), Vol. 9, No. 6, p. 2218, Jan. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i6.5251.
A. H. Nasrullah, “Implementasi Algoritma Decision Tree untuk Klasifikasi Produk Laris,” Vol. 7, No. 2, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id
D. Irawan, E. B. Perkasa, Y. Yurindra, D. Wahyuningsih, and E. Helmud, “Perbandingan Klassifikasi SMS berbasis Support Vector Machine, Naive Bayes Classifier, Random Forest dan Bagging Classifier,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), Vol. 10, No. 3, pp. 432–437, Dec. 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1302.
S. Thomas, Yuliana, and N. P., “Studi Analisis Metode Analisis Sentimen pada YouTube,” JIFOTECH (Journal Of Information Technology), Vol. 1, No. 1, 2021.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v14i5.5472
Article Metrics
Abstract view : 4 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.