Naïve Bayes Algorithm for Sentiment Analysis of Blibli.com Review on Google Play Store
Abstract
Full Text:
PDFReferences
S. Caroline, “Ada 354 Juta Ponsel Aktif di Indonesia, Terbanyak Nomor Empat Dunia,” https://tekno.kompas.com. Accessed: Jan. 16, 2024. [Online]. Available: https://tekno.kompas.com/read/2023/10/19/16450037/ada-354-juta-ponsel-aktif-di-indonesia-terbanyak-nomor-empat-dunia#google_vignette
R. Apriani et al., “Analisis Sentimen dengan Naïve Bayes Terhadap Komentar Aplikasi Tokopedia,” J. Rekayasa Teknol. Nusa Putra, vol. 6, no. 1, pp. 54–62, 2019, [Online]. Available: https://rekayasa.nusaputra.ac.id/article/view/86
A. J. Putri, A. S. Syafira, M. E. Purbaya, and D. Purnomo, “Analisis Sentimen E-Commerce Lazada pada Jejaring Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” J. TRINISTIK J. Tek. Ind. Bisnis Digit. dan Tek. Logistik, vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2022, doi: 10.20895/trinistik.v1i1.447.
F. A. Khatami, B. Irawan, and C. Setianingsih, “Analisis Sentimen Terhadap Review Aplikasi Layanan E-Commerce Menggunakan Metode Convolutional Neural Network,” e-Proceeding Eng., vol. 7, no. 2, pp. 4559–4566, 2020.
A. Kurniadi, “Penerapan konsep e-bisnis pada perusahaan blibli.com,” pp. 1–6, 2019.
A. Aryatama, “Analisis E-Commerce Blibli,” J. Fak. Komput., pp. 1–6, 2021.
F. V. Sari and A. Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi,” J. SIMETRIS, vol. 10, no. 2, pp. 681–686, 2019.
I. P. Rahayu, A. Fauzi, and J. Indra, “Analisis Sentimen Terhadap Program Kampus Merdeka Menggunakan Naive Bayes Dan Support Vector Machine,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, p. 296, 2022, doi: 10.30865/json.v4i2.5381.
D. S. Arum, S. Butsianto, R. Astuti, and U. Pelita Bangsa, “Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia Terhadap Sea Games 2023 Di Twitter Dengan Metode Naïve Bayes,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 7, no. 3, pp. 728–738, 2023, doi: 10.52362/jisamar.v7i3.1150.
Riswandi, “Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 13, no. April, pp. 15–38, 2019.
Biro Pusat Statistik, “eCommerce 2022/2023 01,” pp. 1–144, 2023, [Online]. Available: https://www.bps.go.id/
I. S. K. Idris, Y. A. Mustofa, and I. A. Salihi, “Analisis Sentimen Terhadap Penggunaan Aplikasi Shopee Mengunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” Jambura J. Electr. Electron. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 32–35, 2023, doi: 10.37905/jjeee.v5i1.16830.
K. Melina Elistiana, B. Adhi Kusuma, P. Subarkah, and H. Akbar Awal Rozaq, “Improvement of Naive Bayes Algorithm in Sentiment Analysis of Shopee Application Reviews on Google Play Store,” vol. 4, no. 6, pp. 1431–1436, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.1486
W. Khofifah, D. N. Rahayu, and A. M. Yusuf, “Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Untuk Melihat Review Masyarakat Terhadap Tempat Wisata Pantai Di Kabupaten Karawang Pada Ulasan Google Maps,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 4, pp. 28–38, 2022, doi: 10.35969/interkom.v16i4.192.
N. Noviyanto, “Penerapan Data Mining dalam Mengelompokkan Jumlah Kematian Penderita COVID-19 Berdasarkan Negara di Benua Asia,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 22, no. 2, pp. 183–188, 2020, doi: 10.31294/p.v22i2.8808.
D. D. A. Yani, H. S. Pratiwi, and H. Muhardi, “Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 4, p. 257, 2019, doi: 10.26418/justin.v7i4.30930.
H. Syah and A. Witanti, “Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Vaksinasi Covid-19 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (Svm),” J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 59–67, 2022, doi: 10.47080/simika.v5i1.1411.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i2.3887
Article Metrics
Abstract view : 366 timesPDF - 169 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.